» » Tips Agar Android Smartphone Kamu Tidak Terkena Virus

Advertisement
Advertisement
Seiring Perkembangan Teknologi Gadget Terbaru, akan selalu diiringi oleh perkembangan malware dan bug yang bukan tidak mungkin jika terus dibiarkan akan menjadi virus berbahaya yang berakibat fatal bagi perangkat Android yang anda gunakan. Hal ini akan semakin parah jika kebiasaan pengguna yang selalu mengabaikan sisi keamanan perangkat, khususnya pada pengguna Ponsel Smartphone Android yang sekarang ini sedang menjadi tren dunia. Banyak sekali orang yang memiliki Ponsel Smartphone Android dan ketika pertama kali membelinya tidak mengerti sama sekali dengan fitur keamanan dan bagaimana cara mengantisipasi kemungkinan akan terseerang virus atau malware.

Virus Android

Oleh karena itu, bagi para pengguna ponsel android, selain mahir dan asyik saat menjalankan semua fitur dan aplikasi yang ada di Hp Android, anda juga perlu mengetahui beberapa Tips dan Cara Agar Hp Android Tidak Kena Virus, Simak tips nya berikut ini :

Gunakan Aplikasi dari Develover Terpercaya
Harus disadari, banyak pasar aplikasi alternatif selain Google Play yang ditawarkan pada pengguna Android. Namun, harus disadari bahwa alternatif ini juga rawan menjadi sarang malware yang siap menghantui perangkat Anda. Sebaiknya pilih pasar aplikasi yang terjamin seperti Google Play, Samsung Apps, atau Amazon. Meski harganya kadang sedikit mahal ketimbang yang ditawarkan di pasar lainnya, keamanan aplikasi di sini masih lebih terjamin.
Hindari Aplikasi Yang Mencurigakan
Saat pertama kali dilansir, banyak aplikasi BBM palsu yang juga ikut beredar di Google Play. Hal ini menandakan bahwa pasar aplikasi terpercaya pun kadang bisa kebobolan oleh aplikasi yang bisa jadi berbahaya tersebut. Selalu perhatikan aplikasi apa yang akan Anda pasang pada perangkat Android. Baca dulu reviewnya di internet sebelum memasangnya. Ada baiknya pula Anda pakai aplikasi berbayar ketimbang menggunakan yang versi bajakan. Bisa jadi versi bajakan yang Anda gunakan tersebut sudah disusupi kode berbahaya yang bisa mencuri data pribadi Anda. Baca dengan seksama review pengguna lain tentang aplikasi tersebut. Jika memang banyak yang memberikan rekomendasi tidak baik, hindari.
Pengaturan Pengamanan Perangkat
Android mulai dari versi 2.2 ke atas merupakan sasaran empuk bagi malware. Oleh karenanya, Google coba menyiasati hal ini dengan menambahkan fitur keamanan yang terletak di setiap Android. Coba buka Setting > Security dan kemudian centang Verify Apps. Dengan hal ini, Anda akan diingatkan oleh Android tiap kali ingin memasang sebuah aplikasi dalam perangkat.
Lakukan Aupdate Android
Banyak produsen smartphone yang peduli dengan layanan purna jual pada penggunanya. Salah satu kepedulian tersebut ditunjukkan dengan memberikan update software terbaru dalam setiap perangkat yang mereka jual. Sebaiknya Anda update saja Android Anda secara berkala mengikuti arahan yang dikeluarkan produsen. Hal ini bisa dilakukan lewat Setting > About phone > System updates.
Gunakan Aplikasi Antivirus
Meski penting, antivirus sebenarnya aplikasi yang memakan tempat dalam perangkat seperti Android. Namun, demi alasan keamanan, ada baiknya sisihkan sedikit RAM dan memori internal Anda untuk aplikasi ini. Banyak aplikasi antivirus terbaik yang tersedia untuk Android. Pilih saja yang Anda suka dari pasar aplikasi terpercaya seperti Google Apps.
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply