» » » Tips Mengoptimalkan ZenUI pada Asus Zenfone

Advertisement
Advertisement
Tips Mengoptimalkan ZenUI pada Asus Zenfone  - ZenUI adalah system antar muka yang diberikan oleh perangkat cerdas Zenfone buatan Asus. Dalam beberapa waktu belakangan ini, pihak Asus telah meluncurkan beberapa produk terbarunya secara bersamaan yakni Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6.

Pada Zenfone keluarannya ini dibekali dengan keistimewaan yakni adanya ZenUI pada interface yang diberikannya untuk para pengguna. ZenUI didesain khusus agar setiap gesture – gesture yang diberikan menjadi lebih efisien dengan adanya icon – icon yang lebih modern dan colorfull. ZenUI juga menghadirkan animasi serta ringtone baru untuk perangkat Zenfonenya.


Dengan desain khusus tersebut, Zenfone dengan otomatis akan terlihat lebih bersih dan informative. Jadi hal itu dapat membuat keindahan tersendiri bagi para penggunanya jika memandang dalam berbagai angle yang diinginkan.

Ada beberapa point penting yang membedakan ZenUI dengan system antarmuka yang dimiliki perangkat Android lainnya. Apa sajakah itu ?

1. Tampilan / Display

Perbedaan pada tampilan ZenUI dengan interface Android lainnya terletak pada Homescreen, Screenlock, dan CommonUI. Pada ZenUI, ketiga point tersebut didesain lebih fashionable dan dipadukan secara harmonis.

  • Homescreen
Homescreen pada ZenUI ini didesain dengan tampilan yang lebih fresh serta sederhana. Dengan demikian anda bisa lebih mudah untuk mengganti tampilan wallpaper atau widget yang ada sesuai dengan selera anda.
 
  • Lockscreen
Lockscreen adalah tampilan layar yang muncul ketika perangkat sedang dalam posisi terkunci. Pada ZenUI, dibekali dengan 3 tampilan baru yakni Widget Weather Time baru, What’s next widget, Jalan pintas Personalized App. Untuk Widget Weather anda akan dapat menentukan dimana lokasi anda dengan menggunakan GPS. Sedangkan What’s next adalah widget yang dapat memberikan prediksi cuaca mendatang. Dan Personaized App adalah widget yang dapat memudahkan anda mengakses aplikasi – aplikasi tanpa harus masuk ke menu utama seperti Shortcut jika pada computer.

  • CommonUI
CommonUI yang ada pada ZenUI hampir sama penggunaanya dengan yang ada pada antarmuka android lainnya. ZenUI juga memberikan berbagai fitur – fitur tambahan pada CommonUi seperti Action bar yang tersembunyi/ transparan, Edge-to-edge disain, Tab dan tombol oval, Navigation drawer UI dan masih banyak lagi.


2. 5 Fitur – fitur Utama pada ZenUI


1. What’s Next
Anda bisa menggunakan fitur What’s Next ini untuk mengatur jadwal harian anda. Fitur ini juga bisa otomatis menampilkan hitungan secara mundur untuk pengingat meeting, ulang tahun, serta prakiraan cuaca.
Fitur ini adalah salah satu fitur cerdas dari ZenUI, karena dengan aplikasi ini anda seakan memiliki partner pengingat canggih yang siap mengingatkan anda mengenai hal apapun , seperti janji, meeting, hingga jika anda belum membaca SMS atau E-mail fitur What’s next ini akan memberikan peringatan. Dan istimewanya apabila anda melewatkan jadwal beberapa waktu, fitur ini akan meminta anda mengirim pesan bahwasanya anda terlambat datang.

2. Do It Later
Fungsi Do It Later juga salah satu fungsi pengingat pada ZenUI namun fitur ini lebih cocok menjadi layaknya sekretaris pribadi anda. Pasalnya fungsi ini dapat mengingatkan anda apabila mungkin anda sedang makan lalu anda juga diharuskan menerima telvon dari partner kerja, fitur ini akan mengingatkan anda untuk menelvon kembali partner kerja anda, begitupun juga pada pesan text dan E-Mail. Aplikasi ini juga dapat secara otomatis mengkategorikan task – task anda dalam Read Later, Call Later, Reply Later, Edit Later, Check Later atau Pure task sehingga itu akan memudahkan anda untuk mencari sebuah jadwal tanpa harus mengetahui semuanya.

3. Share Link
Fitur ini memberikan kemudahan untuk anda dalam berbagi konten secara Offline, namun sebagai gantinya anda bisa langsung menggunakan Wi-Fi direct untuk sharing data seperti foto, video, music, aplikasi. Namun sayangnya hal ini hanya dapat anda lakukan pada sesame perangkat Zenfone saja.

4. Easy Mode
Easy Mode ini nampaknya fungsi yang khusus diperuntunkan untuk pengguna Zenfone dalam kalangan yang tidak muda. Karena dengan fungsi ini, icon – icon pada ZenUI akan nampak lebih besar begitu pun juga dengan hurufnya. Untuk mengaktifkan fungsi ini bisa diakses melalui setting > Easy Mode > On.

5. Bordless Action Bar
Bordlesss Action Bar ini memberikan kenyamanan untuk anda dalam hal mengakses berbagai file yang anda simpan tanpa ada garis pemisah antara system bar dengan aplikasi yang sedang anda gunakan. Jadi tampilannya akan terasa lebih jelas dan nyaman untuk dipandang.

Jika anda dalah salah satu pengguna Zenfone dan ingin mengoptimalkan ZenUI, anada bisa mencoba menerapkan beberapa fitur serta fungsi diatas. Namun dibalik itu semua, ZenUI sebenarnya masih memiliki banyak fungsi – fungsi unik lainnya yang mungkin bisa anda pelajari sendiri dan berbagi dengan sesame pengguna Zenfone lainnya.

Itulah Tips Mengoptimalkan ZenUI pada Asus Zenfone kamu, semoga bermanfaat ya, jangan lupa baca artikel tips trik dan tutorial lainnya.
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply