» » » » Cara Mudah Membuka System Android Melalui PC

Advertisement
Advertisement
Cara Mudah Membuka System Android Melalui PC - Bagi Anda pengguna Android mungkin ada yang pernah mengalami kerusakan selain bootloop dikarenakan salah mengedit file di dalam system (seperti build.prop) atau lupa belum merubah permission setelah menambahkan suatu file baru di system android anda.

Contoh: ada sebuah kasus,  kemarin ada yang minta tolong tablet nya rusak setelah mengedit file vold.fstab untuk memutar balik kapasitas eksternal menjadi internal. Tabletnya rusak setelah ia mengikuti tutorial yang ia baca. Rusaknya tidak mau nyala. Bisanya nyala pas ditancepin ponselnya ke komputer dan itu pun memory internal + eksternalnya tidak mau kebaca.

Kebanyakan mereka mengatakan "diflash saja pasti sembuh" , "di wipe melalui recovery lalu reboot". Itu semua serba keterlaluan. Iya kalau ponsel android tersebut ada stock firmware nya yang siap download lalu pakai. Tinggal flash, beres. Namun bagaimana kalau ponsel nya ponsel keluaran china yang belum tentu ada custom firmware nya. Di wipe pun saya rasa bukan menjadi solusi. Bahkan mustahil.

Wipe itu prinsipnya hanya menghapus data-data android nya saja seperti settings, aplikasi pihak ketiga, sms, nomor contact, jadwal kalender dan settings lain-lain. Bukan mengembalikan seluruh file system seperti semula. Jadi kalau anda misal merubah isi dari file build.prop yang mana itu yang menyebabkan ponsel anda rusak, walau di wipe pun isi build.prop anda tetap sama tidak berubah seperti yang terakhir anda lihat.

Jadi kesimpulannya cara terbaik memperbaiki ponsel android yang rusak itu dengan cara di flash.

Tapi itu tergantug juga. Kalau  rusaknya hanya karena salah edit file system atau lupa belum merubah permission atau lupa belum menambahkan beberapa file yang seharusnya ada, itu perkara mudah.


Android Commander adalah sebuah tools seperti ADB Service namun menggunakan interface. Jadi sangat mudah penggunaannya. Anda hanya diwajibkan mendownload Java JDK sebagai syarat dan menyiapkan USB kabel data sebagai media transfer dan tentunya juga mendownload programnya.

Lihat screenshot di bawah ini:

Android Commander dibagi menjadi dua windows. Sebelah kiri merupakan root computer sedangkan sebelah kanan merupakan root android.

Seperti pada gambar sebelah kanan yang saya lingkari, bila anda mengalami kerusakan misal pada build.prop silahkan di centang checklist nya build.prop kemudian tekan tombol pull, anda akan diminta memilih destinasi dimana anda akan menyimpan file build.prop yang rusak itu, kemudian save dan edit menggunakan notepad lalu simpan dengan nama yang sama lanjut pilih tombol push untuk memasukkan file build.prop yang baru anda edit tadi dan rubah permissionnya dan beres deh :)

Jadi itu salah satu solusinya.

Android Commander merupakan tools yang sangat berguna untuk anda yang suka dengan cara instant dan mudah. Semoga dengan artikel Cara Mudah Membuka System Android Melalui PC ini menambah wawasan tentang masalah yang anda alami di Android anda dan juga menjadikan anda lebih kreatif bila suatu saat anda mengalami permasalahan seperti diatas.
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

5 komentar:

  1. ko ga bisa sih..:
    saya coba hanya ada satu kolom,y
    min sata kan ngeganti build.prop hp(evercoss) saya dengan build.prop hp samsung young jadi ga bisa nyala itu gimana ya cara memperbaikinya

    ReplyDelete
  2. buat buka akses root nya biar jadi ok gimana?

    ReplyDelete
  3. kok gak kedeteksi terus,hpnya harus diapain biar kedeteksi?

    ReplyDelete