» » » Ini Dia Penyebab Kuota Internet Anda Cepat Habis !

Advertisement
Advertisement
Ini Dia Penyebab Kuota Internet Anda Cepat Habis - Anda memakai paket internet kuota? cepat habis? Mungkin inilah alasan-alasan mengapa paket internet Anda ludes dengan cepat. Padahal di zaman modern ini, ketika kuota internet habis, sejumlah pilihan untuk berkomunikasi pun putus. Alhasil, akses komunikasi pun terganggu.

Tanpa adanya koneksi, layanan instant messaging seperti WhatsApp, Line, BBM, dan aplikasi sejenis pun tak dapat digunakan. Tanpa adanya koneksi, hiburan digital pun tak akan bisa dinikmati. Game online, streaming Youtube, sama sekali tak dapat digunakan. Alhasil, Smartphone yang Anda gunakan pun terasa lumpuh total.
 
Sebenarnya di luar sana banyak provider yang menyediakan layanan internet paket unlimited. Paket ini memang dapat mengantisipasi masalah kuota. Namun, ketika pemakaian wajar paket ini sudah tercapai, kecepatan koneksi tak lagi dapat diandalkan.


Berikut adalah sebab mengapa kuota internet Anda cepat ludes seperti yang dilansir Uraikan dari laman Cnet.

1. Mengunggah video ke Youtube
Mengunggah video ke YouTube bisa memakan banyak kuota internet. Meski begitu, hal ini tetap bergantung pada kualitas video yang kita unggah. Semua ini tergantung pada setting yang diterapkan pengguna dan berbagai faktor lain. Rekaman video beresolusi high-definition (HD) bisa menghabiskan jatah internet hingga 200 MB per menit. Karena inilah, ada baiknya Anda menggunakan koneksi WiFi ketika ingin mengunggah video seperti ini.

2. Obrolan video
Skype-ing, FaceTime-ing atau layanan obrolan lain via video memang telah menjadi hal yang lumrah dilakukan zaman sekarang ini. Namun, tahukah Anda jika layanan semacam ini sangat menguras kuota?

Obrolan melalui video ini pada umumnya mengonsumsi bandwith sebesar 3 Mb tiap menitnya, banyangkan jika Anda mengobrol selama 1 jam? 180Mb sudah Anda habiskan.

Jika Anda berniat menghemat konsumsi data, sebaiknya kurangi sesi obrolan menggunakan video atau periksa kembali pengaturan resolusi atau kualitas video sehingga dapat lebih menghemat kuota.


3. Online game
Sebenarnya banyak game online  yang tidak memakan banyak kuota internet. Hal ini terkait dengan resource dalam gamenya diakses langsung pada komputer yang digunakan. Sebagai contoh, game seperti Two Dots atau Words With Friend hanya menghabiskan beberapa KB saja per menit sehingga tidak boros.

Namun, game jenis real-time action, seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackoutberbeda. Dua game yang disebut belakangan diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang akan semakin meningkatkan konsumsi data.

4. Streaming musik
Pada posisi keempat ada layanan streaming musik yang cukup menguras bandwith internet Anda. Dengan layanan ini, otomatis Anda tak perlu lagi menyimpang file musik terkait ke dalam smartphone.

Namun, sisi lainnya, konsumsi data membengkak. Bila Anda memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, total kuota internet yang dihabiskan adalah 2,4 MB per menit. Dalam durasi satu jam, Anda sudah menghabiskan 115 MB.

5. Streaming video
Saat ini, ada berbagai layanan streaming video yang memudahkan orang menemukan trailer film terbaru, film utuh, atau sekadar video klip penyanyi favorit. Sebut saja YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu.

Dikutip dari laman Kompas, hanya satu hal yang tidak boleh Anda lupa: streaming video merupakan penyerap paling “kejam” terhadap kuota internet. Masalahnya, konsumsi data streaming video bisa mencapai 50 MB per menit.

Bila kuota internet yang Anda pilih terbatas, dan Anda terbiasa menonton video-video tertentu secara berulang-ulang, lebih baik simpan file video secara offline.
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply