Riview, Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 2 dengan MIUI 6 dan Dukungan 4G

Riview, Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 2 dengan MIUI 6 dan Dukungan 4G - Smartphone terjangkau berkualitas dari Xiaomi kembali hadir. Tahun lalu, Xiaomi membawa Redmi 1s ke Indonesia dengan harga Rp 1.6 juta. Kini, Xiaomi menghadirkan penerus Redmi 1s dengan harga yang sama, namun memiliki hardware dan fitur lebih baik, yakni Xiaomi Redmi 2. Simak ulasannya di bawah.


Handling

Desain bodi Xiaomi Redmi 1s dan Xiaomi Redmi 2 terlihat 11-12 alias mirip, terutama ketika melihatnya dari belakang. Namun nyatanya Redmi 2 punya bodi lebih bersahabat karena lebih tipis (9,4 mm) dan lebih ringan (133 gram).

Back cover Xiaomi Redmi 2 berwarna putih dengan kontur matte. Bahan tersebut akan terasa sedikit licin bagi kamu yang memiliki tipe telapak tangan yang kering namun tidak terasa licin bagi yang memiliki tangan mudah berkeringat.


Xiaomi Redmi 2 memiliki dua buah slot microSIM card. Kedua slot tersebut mendukung jaringan 4G LTE secara bersamaan. Selain slot microSIM, Xiaomi Redmi 2 juga memiliki slot microSD dengan daya tampung hingga 32 GB. Baik slot microSIM maupun microSD bisa ditemukan dengan cara membuka back cover-nya.

Yang sedikit mengganggu, tombol menu, home, dan back pada Xiaomi Redmi 2 tidak dapat menyala. Hal ini menjadikannya serupa seperti Xiaomi Redmi 1s dan ASUS Zenfone Series.

Software

Xiaomi Redmi 2 beroperasi menggunakan OS Android 4.4.4. Sementara user interface-nya tidak menggunakan UI milik Google, melainkan mengandalkan MIUI versi terbaru, MIUI 6. UI tersebut memiliki tampilan lebih segar dibanding MIUI 5 yang digunakan oleh Xiaomi Redmi 1s.


MIUI 6 memiliki efek minimalis seperti menu pada perangkat Apple dengan iOS 8. MIUI 6 juga tidak memiliki halaman App Drawer sehingga aplikasi yang ter-install langsung tersaji di Homescreen. Tidak hanya enak dilihat, MIUI 6 pada Redmi 2 juga menyediakan kustomisasi yang cukup berlimpah.

Kamu bisa menyusun shortcut di jendela notifikasi sesuai keinginan. Kamu pun bisa mengaktifkan notifikasi informasi tambahan, seperti indikator persentasi baterai, kecepatan internet, dan nama provider atau operator yang digunakan.

Agar lebih menarik dan tidak cepat bosan, ada baiknya kamu mencoba mengunduh ratusan theme yang tersedia di dalam aplikasi Theme. Dengan begitu, ikon aplikasi hingga tampilan lockscreen menjadi lebih bervariasi. Oh ya, kamu pun bisa mengganti jenis transisi layar ketika menggeser halaman homescreen.

Sama halnya seperti Redmi 1s, Redmi 2 juga masih menyediakan fitur Lite mode yang bisa mengubah tampilan interface menjadi sangat sederhana.

Hardware

Xiaomi Redmi 2 masih menggunakan prosesor quad-core seperti Redmi 1s. Tapi kali ini prosesor yang digunakan adalah versi terbaru, yaitu Snapdragon 410 dengan kecepatan 1,2 GHz. Prosesor tersebut dibantu dengan RAM berkapasitas 1 GB. Untuk menampung aplikasi, Xiaomi Redmi 2 memiliki kapasitas memori internal 8 GB.

Rangkaian spesifikasi tersebut rasanya sudah mencukupi untuk kebutuhan harian, seperti akses hingga lima aplikasi sosial media bersamaan , menonton video HD, atau pun bermain game kelas menengah ke atas seperti Asphalt 8 atau Badland.

Xiaomi Redmi 2 ditunjang dengan baterai yang lumayan oke, berkapasitas 2.200 mAh. Baterai tersebut bisa bertahan sampai dengan 10 jam jika kamu menggunakan dua SIM card aktif bersamaan dan sering mengakses internet.

Kami juga mencobanya untuk menjalankan benchmark menggunakan AnTuTu Benchmark v5.6.2. Dibanding Xiaomi Redmi generasi pertama serta ASUS ZenFone 5, skor yang diraih oleh Redmi 2 ternyata lebih baik.


Kamera

Dari sisi kamera, Xiaomi Redmi 2 masih setia dengan kamera 8 MP. Namun jangan meremehkan kualitasnya. Kamera tersebut mampu menghasilkan gambar tajam. Sensor kameranya juga dapat menangkap gambar dengan cepat. Fitur-fitur di dalam aplikasi kameranya tergolong minimalis. Ada color effect, mode panorama, HDR, hingga manual dengan white balance dan ISO yang bisa diatur.

Saat kami coba memotret menggunakan konfigurasi default dan resolusi 8 MP, sensor kamera Redmi 2 sangat memuaskan. Kameranya dapat mengambil gambar dengan sangat cepat. Begitu pun dengan hasilnya, terlihat tajam.


Spesifikasi Xiaomi Redmi 2

- Jaringan: 2G Network -GSM, 3G Network HSPA, 4G Network LTE
- SIM Card: Jenis SIM Micro SIM, Jumlah SIM 2, Jaringan SIM GSM
- Body: Dimensi 134 x 67,2 x 9,4 mm, Bobot 133 g, Warna Various
- Software: OS Android 4.4.4 KitKat
- Hardware: Chipset Qualcomm Snapdragon 410, CPU Quad-core 1.2 GHz, GPU Adreno 306, RAM 1 GB, Internal Storage 8 GB/16 GB, External Storage Up to 32 GB
- Baterai: Jenis Non-Removable, Tipe Li-Po 2200 mAh
- Layar: Ukuran 4,7 inci, Jenis IPS/Capacitive touchscreen, Proteksi Corning Gorilla Glass 2, Resolusi HD 720 x 1.280 piksel
- Kamera: Kamera Belakang 8 MP, Kamera Depan 2 MP, Video 1080p@30fps
- Konektivitas: EDGE, GPRS, Wi-Fi, USB port, Bluetooth, USB on-the-go

Harga Xiaomi Redmi 2

Xiaomi Redmi 2 berhasil menunjukkan kinerjanya sebagai smartphone terjangkau yang lebih baik dari pendahulunya, Xiaomi Redmi 1s. Dijual di kisaran harga yang sama seperti Redmi 1s (Rp 1,6 juta), Redmi 2 kini sudah mendukung jaringan 4G dual SIM. Selain itu, user interface MIUI 6 dan kualitas kamera yang tajam menambah daya jual smartphone ini.

Post a Comment for "Riview, Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 2 dengan MIUI 6 dan Dukungan 4G"