Cara Nonton Film dengan Subtitle di HP Android

Cara Nonton Film dengan Subtitle di HP Android - Bagi kamu yang suka nonton film-film luar negeri ber-subtitle Indonesia, kebanyakan nonton film pasti sering di komputer dan tidak lagi memakai DVD player karena kebanyakan sudah mulai ditinggalkan. Selain kurang praktis juga dirasa kaset DVD player sekarang ini tidak se-awet dulu. Sering macet saat menonton. Dengan komputer atau Laptop, tinggal play video nya dan pasang LCD proyektor sudah bisa dipakai untuk nonton bareng sama lebih dari satu kampung.


Perlu diketahui, Nonton film itiu juga bisa ngilangin rasa stress lho. Dengan menggunakan Komputer/Laptop kamu bisa dengan mudah menonton film dengan subtitle. Itu semua berkat codec komputer yang full support untuk berbagai macam format file video dan audio. Tetapi jangan kira hanya di komputer saja yang bisa memutar video berformat MKV disertai file SRT sebagai subtitle nya. Sekarang di Android, hal itu mungkin saja kita lakukan.

Di Android, memutar film berdurasi rata-rata 120 menit format MKV ditambah subtitle SRT bukan lagi hal yang mustahil. Dilihat dari support codec nya Android, ada sebuah aplikasi bernama MX Player yang merupakan video player Android mampu membaca banyak format file video dan juga format subtitle, diantaranya :
  • DVD, DVB, SSA/ASS Subtitle tracks
  • SubStation Alpha(.ssa/.ass) with full styling
  • SAMI(.smi) with ruby tag support
  • SubRip(.srt)
  • MicroDVD(.sub/.txt)
  • SubViewer2.0(.sub)
  • MPL2(.mpl/.txt)
  • PowerDivX(.psb/.txt)
  • TMPlayer(.txt)
Anda hanya tinggal men-download MX Player dan juga Codec MX Player (terpisah) langsung dari Google Play. MX Player memiliki versi yang gratis dan premium. Silahkan anda pilih sesuai dengan kemampuan anda.


Setelah MX Player terinstall, buka aplikasi tersebut. Saya sudah memberikan sample seperti pada gambar diatas. Film diatas adalah film kesukaan saya yakni Despicable Me. Perhatikan bahwa disamping judul film tersebut terdapat kotak kecil SRT yang artinya film nya itu mengandung subtitle. Perlu diingat dan dicatat bahwa nama film & nama subtitle harus sama persis agar sinkron. Jika tidak sama, subtitle nya maka tidak akan terbaca.


MX Player tidak memerlukan spesifikasi hardware khusus untuk menjalankannya. Untuk nonton film dengan subtitle di Android memakai MX Player tidak sulit. Yang terpenting, video dan SRT nya tergabung dalam satu folder dengan nama yang sama persis. Kemudian tinggal jalankan saja dengan biasa.

MX Player memiliki banyak fitur. Salah satu diantaranya yaitu H/W Decoder dan S/W Decoder, dimana H/W Decoder merupakan decoder codec untuk menampilkan tampilan grafis yang bening (harus disertai kemampuan hardware) sedangkan S/W Decoder untuk tampilan grafis yang standard-standard saja. S/W Decoder mempunyai kecepatan buffering video yang lebih cepat dari H/W Decoder. Selamat nonton film dengan subtitle di Android Kamu !

Demikian tutorial mengenai cara Nonton Film dengan Subtitle di HP Android, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua jangan lupa berbagi melalui tombol sosial media di bawah.

Post a Comment for "Cara Nonton Film dengan Subtitle di HP Android"