» » » » Perbedaan Smartphone Layar HD, Full HD, dan Quad HD

Advertisement
Advertisement
Perbedaan Smartphone Layar HD, Full HD, dan Quad HD - Spesifikasi dan fitur-fitur baru yang terdapat pada sebuah smartphone kini semakin maju dan canggih. Banyak pengguna smartphone yang memiliki banyak pertanyaan terkait spesifikasi pada smartphone mereka, salah satunya adalah pada resolusi layar. Perlu diketahui bahwa layar pada smartphone kamu terdapat berbagai jenis resolusi pada layar yaitu layar HD, Full HD, dan Quad HD. Mungkin kamu juga masih belum mengetahui perbedaan antara layar HD, Full HD, dan Quad HD. Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari layar tersebut. Maka kamu perlu menyimak artikel yang kami bagikan berikut ini, agar kamu bisa tahu mana kualitas resolusi layar yang baik dan mana yang kurang baik.

Perbedaan Smartphone dengan Layar HD, Full HD, dan Quad HD


HD

Kata HD merupakan singkatan dari High Definition. Layar dengan ukuran HD memiliki resolusi 1280 x 720 piksel. Dengan ukuran layar yang berbeda-beda, bila layar tersebut memiliki resolusi 1280 x 720 piksel, layar tersebut tetap merupakan layar HD. Dengan demikian, bila ukuran sebuah layar semakin kecil dengan tingkat kerapatan layar yang semakin tinggi, maka layar tersebut akan menghasilkan kualitas gambar yang semakin baik.

Sebagai contoh, layar berukuran 4,3 inci akan memiliki tingkat kerapatan layar 342 ppi, layar berukuran 4,7 inci memiliki densitas layar 312 ppi. Namun demikian, hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah berarti bagi Apple ketika memperkenalkan iPhone 4 dengan densitas layar 300 ppi karena Apple menganggap layar dengan densitas tersebut cukup nyaman dilihat pada jarak tertentu.

Full HD

Layar Full HD merupakan standar layar yang lebih tinggi yang digunakan pada smartphone saat ini . Layar ini memiliki resolusi 1920 x 1280 piksel. Dengan smartphone yang mengusung layar sekitar 5 inci, maka layar tersebut akan memiliki tingkat kerapatan 441 ppi. Tingkat kerapatan layar kembali tergantung pada ukuran layar tersebut. Semakin besar ukuran layar, maka tingkat kerapatan pikselnya juga semakin renggang. Sebaliknya, piksel-piksel tersebut akan semakin rapat jika ukuran layar tersebut semakin kecil.

QHD/Quad HD/2K

QHD merupakan singkatan dari Quad HD yang memiliki resolusi 2560 x 1440 piksel. Layar ini juga disebut 2K karena memiliki ukuran di atas 2000 piksel. Sebagai informasi tambahan, layar HD juga sering disebut 720p dan Full HD juga disebut 10880p. Layar QHD dengan ukuran 5,5 inci memiliki tingkat kerapatan layar 538 ppi.

Sebagai contoh, layar dari phablet LG G3 dengan resolusi 1440 x 2560 piksel memiliki densitas layar 534 ppi.

Perbandingan layar LG G3 (QHD) dengan LG G2 dan HTC One M8 (Full HD)

Berikut ini beberapa data densitas layar dari beberapa smartphone:
  • Apple iPhone 4 – 5s: 326 ppi
  • Samsung Galaxy S3 (4,8 inci, 720p): 306 ppi
  • Samsung Galaxy S4 (5 inci, 1080p): 441 ppi
  • Samsung Galaxy Note 3 (5,7 inci, 1080p): 386 ppi

Jarak pandang

Jarak pandang kita terhadap suatu layar juga menentukan tingkat ketajaman dan kejernihan gambar yang kita lihat dari layar tersebut. Berikut ini adalah jarak yang ideal untuk melihat beberapa layar smartphone:

  • Layar 4 inci (480p) seperti pada Samsung Galaxy S3 adalah 14,7 inci (37,4 cm)
  • Layar 4,7 inci (720p) seperti pada Google Nexus 4: 11 inci (28 cm)
  • Layar 5 inci (1080p) seperti pada Samsung Galaxy S5: 8 inci (19,8 cm)
  • Layar 5,5 inci (1440p) seperti pada LG G3: 6,46 inci (16,4 cm)

Baterai dan Resolusi Layar 

Dengan resolusi yang semakin besar dari suatu layar smartphone, maka prosesor dari smartphone tersebut akan bekerja lebih berat. Sebagai akibatnya, energi baterai yang diperlukan juga semakin besar. Kita dapat memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan, apakah memilih smartphone dengan kualitas gambar yang jernih atau yang memiliki daya tahan baterai yang lama.
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply