» » » Cara Kirim Foto dari iPhone ke Android

Advertisement
Advertisement
Cara Kirim Foto dari iPhone ke Android - Dari beberapa orang mungkin termasuk anda sebagai pengguna iPhone mengalami sedikit kesulitan untuk mengirimkan file seperti foto, video, lagu dan file lainnya ke perangkat lain seperti Android. Karena selama ini kita sudah terlanjur dimanjakan oleh fitur bluetooth untuk menerima dan mengirim data saat menggunakan perangkat selain iPhone.

Namun bisa dipastikan jika pengguna iPhone atau perangkat iOS lainnya akan merasa kebingungan mengapa fitur bluetooth pada perangkat mereka tidak bisa melakukan hal tersebut, itu karena fungsi Bluetooth di iOS yang sebenarnya berbeda dengan yang selama ini kita pahami.

Karena sistem operasi milik Apple yang kita kenal sebagai iOS bersifat tertutup dan paling aman, ini memang sangat wajar, salah satu pencegahan dan antisipasi yang dilakukan Apple yaitu tidak mengizinkan perangkat lain untuk bisa terhubung dengan perangkat miliknya dan mengakses data pengguna, berbeda dengan Android yang mengusung opensource yaitu sistem operasi yang terbuka dan bisa dikembangkan oleh siapa saja, termasuk pengguna masih bisa menggunakan Bluetooth untuk saling berkirim dan menerima file.
Tapi bukan berarti Android tidak peduli masalah keamanan, karena saat ini google yang berada dibalik berkembangnya Android akan terus melakukan pengembangan dan inovasi untuk mengamankan OS mereka dari program jahat yang dapat merugikan.

Lalu, Jika demikian Apakah pengguna iPhone atau perangkat iOS lainnya, masih bisa mengirimkan file mereka ke perangkat seperti Android? Jawabannya tentu saja bisa, Tapi file yang bisa anda kirim juga terbatas, karena metode yang akan digunakan yaitu menggunakan Aplikasi pihak ketiga yang bisa anda download melalui App Store. Mengapa terbatas, karena di iOS Aplikasi pihak ketiga tidak memiliki jalan untuk mengakses semua library masing-masing file kecuali untuk Foto.

Untuk Transfer/Kirim Foto Dari iPhone ke Perangkat Android kali ini kita akan menggunakan aplikasi Xender yang bisa diunduh dengan gratis oleh pengguna iPhone (iOS) dan Android. sebenarnya masih ada banyak aplikasi yang memiliki fitur seperti ini, Tapi yang saya akan tuliskan pada artikel ini hanya menggunakan aplikasi xender saja. Syaratnya, agar kedua perangkat yang berbeda ini bisa terhubung satu sama lain, yaitu keduanya harus menginstall aplikasi ini di Masing-masing perangkat.

Step 1: Silahkan Anda download masing-masing aplikasi ini di iPhone dan Android melalui Link berikut ini Xender For iPhone (Appstore) dan Xender for Android (PlayStore)
 
Step 2: Setelah perangkat iPhone dan android selesai mengdownload dan menginstall Aplikasi ini, silahkan anda buka, untuk iPhone biasanya akan muncul pemberitahun untuk mengakses foto dan video Anda, tekan OK.

Step 3: Untuk menghubungkan Perangkat Android ke iPhone, Silahkan buka aplikasi ini pada smartphone android, selanjutnya tap icon"+" yang berada di sudut kanan bawah layar dan memilih "Create Grup" dan tunggu beberapa saat hingga Grupnya jadi.

Step 4: Setelah grupnya Jadi di Android, secara otomatis fitur tethering anda akan aktif dengan dengan nama mirip kode ini "ADYYYXN1", sebaiknya jangan tutup aplikasi xender di Android anda, biarkan tetap terbuka hingga iPhone berhasil terhubung dan mengirimkan foto

Step 5: Di iPhone silahkan tutup dulu Aplikasi Xender di perangkat anda, selanjutnya masuk ke pengaturan dan aktifkan wifi anda, kemudian hubungankan iPhone tersebut dengan jaringan grup (tethering) yang telah dibuat di Android dengan kode yang mirip diatas.

Step 6: Setelah iPhone terhubung dengan koneksi tethering dengan kode akses point seperti kode ini "ADYYYXN1" yang terdapat pada Android , silahkan anda buka kembali Aplikasi Xender di iPhone, anda akan melihat kedua perangkat tersebut saling terhubung dan Siap untuk saling mengirim dan menerima data.

Step 7: Untuk mengirimkan foto atau video dari iPhone ke Android, silahkan anda tap foto-foto untuk ditandai, selanjutnya silahkan tap pada tombol send yang terdapat pada bagian bawah layar. dengan cepat perangkat android akan menerima data tersebut.

Cara ini memanfaatkan koneksi tethering untuk bisa saling terhubung, apakah harus menggunakan koneksi paket data? jawabannya tidak perlu dan tidak berpengaruh. Bila anda menginginkan fungsi bluetooth anda di iPhone bisa seperti di Android yang bisa menerima dan mengrimkan file apapun, sebenarnya bisa dengan metode Jailbreak dengan menginstall sebuah tweak yaitu Air Bluesharing.

Jika ada yang menanyakan, apakah dari Android bisa mengirim balik data-data seperti foto ke iPhone, jawabannya bisa dan setelah foto diterima di iPhone anda langsung bisa melihatnya melalui Aplikasi foto atau camera roll.  Bagaimana dengan file lain seperti lagu atau ebook? tetap juga bisa, namun file tersebut hanya bisa terbuka lewat aplikasi Xender di iPhone. Kenapa hanya foto yang bisa dikirim dari iPhone ke Android? jawabannya karena iOS hanya mengizinkan library foto untuk bisa diakses oleh aplikasi pihak ketiga seperti xender atau aplikasi lainnya.

Demikian tutorial mengenai Cara Kirim Foto dari iPhone ke Android, semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba !
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply