» » » Tips Membedakan MicroSD Asli dengan yang Palsu sebelum Membelinya

Advertisement
Advertisement
Tips Membedakan MicroSD Asli dengan yang Palsu sebelum Membelinya - Bagi para pengguna gadget maupun smartphone, memori eksternal / micro sd tentu menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki. Karena, jika diibaratkan memori adalah nyawa kedua dibagian gadget/ smartphone anda. Jika pengguna gadget seperti kamera action tentu anda membutuhkan memori eksternal berupa micro sd, tak juga beda halnya dengan pengguna smartphone. Meskipun smartphonenya canggih tapi dari beberapa smartphone cuma memiliki memori/ penyimpanan internal sedikit, sehingga tidak dapat menyimpan banyak data/ file.

Nah sehingga dengan adanya kartu microSD memang mampu menyimpan banyak data pada handphone kita. Tetapi, sayangnya banyaknya orang yang butuh kartu microSD ini justru dimanfaatkan beberapa oknum yang tak bertanggungjawab. Di pasaran kini banyak beredar microSD abal-abal alias palsu sehingga kalian perlu waspada ketika ingin membeli MicroSD.    

Banyak microSD dari brand-brand populer jadi tujuan, umpamanya Kingston, SanDisk, sampai Samsung. Nah, untuk itu anda perlu untuk mengenali perbedaan yang asli dan palsunya agar tidak tertipu. Dan berikut adalah cara memberakan microSD asli dengan yang palsu.

Sebagai contohnya, cobalah anda cermati gambar diatas, begitu tampak jelas bahwasanya microSD yang tampak di samping kanan adalah palsu dan yang di samping kiri asli. Tulisan 'Samsung' serta kemampuan dan type microSD tampak asal bikin di microSD samping kiri. Tahukah kalian, microSD 64GB abal-abal itu hanya dapat disesaki data sejumlah 8GB. Menaruh data di microSD dengan kemampuan palsu ini dapat begitu beresiko, sebab bila telah penuh 8GB, data selanjutnya yang kalian taruh dapat meniadakan data yang ada terlebih dulu atau overwrite.

Contoh dari pemakai YouTube dengan channel wan7000. Harga ke-2 microSD ini tak jauh, cuma sekitar Rp 50 ribu. Tetapi, dapat diliat apabila ada ketidaksamaan warna segi samping keduanya dimana seperti yang terlihat di video microSD yang palsu tampak lebih terang.


Baca Juga: Cara Memindah Aplikasi ke Memori Eksternal / Kartu SD di Android versi Marshmallow

Meski demikian, pada microSD palsu itu tetaplah tercatat kemampuan seperti 64GB. Sesudah dicek oleh YouTubers dengan channel vta1985, nyatanya kemampuan aslinya cuma 5GB saja. Pasti, memakai microSD ini dapat begitu beresiko untuk data.

Oleh karena itu, setelah anda membeli microSD, alangkah lebih baiknya coba dulu dengan masukkan data sebanyak-banyaknya, bila perlu membuatnya penuh. Kemudian cobalah buka satu per satu filenya, apabila dapat lancar terbuka semua, berarti si microSD tersebut asli. Namun apabila banyak file yang tidak dapat dibuka, kemungkinan besar microSD itu palsu.

Pada microSD palsu, umumnya file berbentuk film bakal tampak banyak 'hang' atau berhenti mendadak.

Itulah tips mengenali bedanya microSD asli dengan yang palsu. Jadi pastikan saat anda membeli microSD cek terlebih dahulu secara teliti, jangan asal beli langsung pasang dan dibayar.
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply