» » » Cara Membuat Dome Action Cam untuk Mengambil Gambar Half Underwater

Advertisement
Advertisement
Cara Membuat Dome Action Cam untuk Mengambil Gambar Half Underwater - Dome adalah aksesoris underwater yang didesain khusus Action Cam untuk memudahkan pengambilan gambar half underwater atau 50% over water, 50% under water agar terkesan lebih menarik dan hasilnya keren. Dome port sangat disukai dan dicari-cari oleh para pengguna Action Camera khususnya yang snorkeling atau aktivitas underwater lainnya. Namun untuk mendapatkan dome port selain untuk action Cam Go-pro agak sedikit susah. Karena kebanyakan di Indonesia yang dijual Dome Port untuk Go-Pro. Dan Harganya-pun tak seperti yang anda bayangkan pastinya. Harga 1 buah Dome Port tidak cocok untuk pengguna merk action cam lainnya, misal seperti SJCam, B-Pro5 dan Yi Xiaomi karena dibanderol dengan harga sekitar IDR 1.200.000-. Cukup mahal bukan.

Foto Half Underwater menggunakan Dome, foto by IG @giselacarvalho
Namun bagi anda pengguna Action Cam baik SJCam, B-Pro5 dan Yi Xiaomi tak perlu berkecil hati, jika belum mampu membeli  Dome Port dan apabila anda mempunyai keinginan untuk mendapatkan Dome Port, anda bisa membuat sendiri yang tentunya hanya membutuhkan bahan murah yang tak akan menguras isi kantong anda. Cukup modal sekitar 150 ribu saja anda sudah bisa menrangkainya dengan sendiri. Dan berikut adalah alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat Dome.
  • Mika CCTV seharga Rp 70.000 – Rp. 100.000
  • Tutup Gelas Minum Karet
  • Karet Bekas Sandal
  • Waterproof Housing
  • Balon
  • Selotip
  • Lem Aquarium (optional
Dan selanjutnya untuk cara pembuatannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara Membuat Dome untuk Action Cam


1. Pertama, bahan utama adalah dome berbentung setengah lingkaran. Dome yang digunakan merupakan dome CCTV. Harganya sekitar 70 ribu hingga 100 ribu rupiah. Namun jika ingin lebih murah, anda bisa juga menggunakan dome bekas fake CCTV. Satu unit fake CCTV malah lebih murah harganya, sekitar 30 ribu rupiah. Anda bisa membelinya di toko yang menyediakan peralatan CCTV. 

Mulai Merangkai Dome dengan tutupnya
2. Buat penutup dome dengan menggunakan tutup bekas gelas minum. usahakan cari ukuran yang pas atau bisa juga menggunakan penutup yang lain yang penting pas sehingga dome benar-benar bisa tertutup rapat di bagian belakangnya. Bisa juga menggunakan tutup kaleng. Namun, yang paling bagus adalah dari bekas tutup minuman anti tumpah. Selain bahannya bagus juga mudah untuk dilubangi. Nanti, tutup minuman tersebut akan dilubangi seukuran lensa waterproof housing.

Gunakan Karet Sendal atau Sejenisnya
3. Untuk menempelkan dome dengan housing kamera, dibutuhkan media. Media yang paling mudah, murah dan dibentuk dengan sederhana dipilihlah karet bekas sandal jepit. Mereknya bebas saja sesuai pilihan anda. Yang terpenting karetnya harus kenyal agar fleksibel saat dimasukkan di frame lensa housing kamera. 

Rekatkan Dengan Lem atau Selotip Bolak Balik
4. Agar dome bisa dilepas dengan mudah. Kalian hanya membutuhkan selotip bolak balik untuk merekatkan dome dengan housing kamera. Pastikan menempel dengan rekat namun juga tetap bisa dilepas kembali. Agar housing tetap bisa digunakan untuk menyelam.

Gunakan karet untuk mengatasi kebocoran
5. Diantara tutup gelas dengan dome CCTV pasti akan ada ruang atau celah yang bisa mengakibatkan air masuk dan merembes. Untuk mengatasi kebocoran agar air tidak masuk dan merembes salah satu triknya adalah melingkarinya dengan karet balon. Iya, balon yang ada kalian gunting terlebih dahulu membentuk lingkaran. Sesuaikan ukurannya agar benar-benar pas dengan diameter dome dan penutupnya. Sebagai optional, kalian juga bisa menggunakan lem aquarium agar tidak repot melepas karet balon. Dan, dengan menggunakan lem aquarium, rekatnya lebih permanen.

Pastikan Balon Karet tertutup rapat
6. Terakhir, untuk mengantisipasi rembesan air masuk, Tipsnya adalah bungkuslah housing kamera dengan menggunakan balon. Disarankan gunakan balon yang berukuran besar. Jika balonnya kurang besar, kalian bisa tiup terlebih dahulu agar karet balonnya melar. Sehingga nantinya akan lebih mudah dimasukkan untuk menutupi housing action kamera.
Dome Action Cam Siap Digunakan untuk Mengambil Gambar Half Underwater
Kekurangan dari dome ini, yaitu kalian tidak bisa melihat lcd action kamera. Jadi, kalian harus memperkirakan bahwa pengambilan gambar benar-benar half underwater.  Memang agak merepotkan namun hasilnya tidak akan mengecewakan. Kalian hanya tinggal banyak berlatih saja untuk memotret half underwater dengan menggunakan dome rakitan sendiri dengan harga yang sangat murah sekali dan tentunya hasilnya bakalan tidak kalah dengan dome yang lebih mahal harganya. 

Baca Juga: Tips Mengambil Gambar dengan Action Cam Pada Malam Hari 

Demikianlah Cara Membuat Dome Action Cam untuk Mengambil Gambar Half Underwater, Do it Yourself. Selamat mencoba !

Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply