» » Cara Memperbaiki Kamera Android yang Mengalami Error / Failed

Advertisement
Advertisement
Cara Memperbaiki Kamera Android yang Mengalami Error / Failed - Kamera pada perangkat ponsel android tentu menjadi salah satu fitur yang memiliki kegunaan untuk mengabadikan momen-momen penting bagi para penggunanya. Hal itu tentu tak bisa dipungkiri dari seberapa baik kualitas kamera pada perangkat ponsel tersebut. Sehingga beberapa pengguna sekarang lebih memilih atau membeli smartphone android dengan mementingkan kualitas kamera. Sehingga dengan kamera ponsel yang berkualiatas tinggi  akan menghasilkan kualitas foto yang bagus di setiap moment yang diambil. 


Namun apa jadinya jika suatu saat kamera ponsel yang ingin digunakan untuk mengabadikan moment, tiba-tiba error dan harus mendapati kenyataan kamera smartphone android anda tidak bisa digunakan dan justru muncul tulisan "Camera failed ErrorCallbakOnError", "Error Message Handler.handlerMessage (-1)", atau "Cannot connect to camera". Tentu itu hal yang sangat disayangkan dan semua orang tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Namun kamu sebagai pengguna seharusnya tahu cara mengatasi akan masalah-masalah yang mungkin akan terjadi atau muncul pada smartphone kasayangan kamu. Agar nantinya ketika kamu mengalami hal sama bisa memperbaiki dengan sendirinya.

Perlu kamu ketahui, bahwa penyebab kamera mengalami error atau tidak dapat digunakan bisa terjadi itu disebabkan karena dua kemungkinan yaitu aplikasi yang bermasalah atau perangkat kamera (hardware) nya yang rusak. Untuk memastikan kamera Smartphone anda rusak atau tidak, cobalah tips berikut ini.

Berikut tips sederhana mengecek kamera yang mengalami error / tidak dapat digunakan:

1. Untuk memperbaiki kesalahan "Cannot connect to camera" untuk ponsel android. Cek dulu dengan cara keluar dan tutup kamera yang sedang digunakan. Pergi ke pengaturan > baterai dan periksa bahwa jika "mm-qcamera-daemon" secara fungsional berjalan atau tidak. jika tidak masuk ke info aplikasi, lalu pilih "force stop", "Clear data dan Cache" Lalu keluar dan coba untuk meluncurkan aplikasi kamera lagi sehingga untuk memeriksa apakah aplikasi kamera sekarang berjalan tanpa kesalahan.
2. Untuk memperbaiki "Camera failed ErrorCallbakOnError" atau "Error Message Handler.handlerMessage (-1)", Lakukan Clear Data pada aplikasi kamera, dengan cara masuk ke Pengaturan > Apps > Running, Cari aplikasi kamera yang anda gunakan (jika menggunakan kamera bawaan cari aplikasi gallery), tekan pada aplikasi, lalu tekan pada tombol "Clear Data" dan "Clear Cache"
3.Jika masih tidak bisa juga mungkin karena crash, ini terjadi disebabkan tweak yang bentrok, Coba hentikan dan tutup semua aplikasi Aplikasi yang sedang berjalan di ponsel dengan cara tekan dan tahan tombol home, lalu pilih tutup semua aplikasi, lalu periksa apakah sebelumnya anda pernah memasang tweak tertentu, seperti tweak kamera, jika ya hapus semua tweak-tweak nya di folder init.d. lalu reboot.
4. Dan sekarang jalankan aplikasi kamera kamu kembali.
5. Jika ternyata masih tidak bisa setelah semua langkah diatas ditempuh, cobalah dengan mendownload aplikasi kamera lainnya, kamu bisa unduh di Play Store.

Jika masih tidak bisa juga, ini sudah pasti kemungkinan besar hardware kamera android anda yang bermasalah. Demikian tips sederhana tentang Cara Memperbaiki Kamera Android yang Mengalami Error/ Failed, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply