OS Android N Resmi Diberi Nama Android Nougat

Android Nougat
Kemunculan Android N memang ditunggu banyak orang terlebih bagi pecinta smartphone maupun perangkat Android. Memang berbulan-bulan banyak spekulasi dan rumor nama resmi untuk Android N yang menjadi ekspos utama berbagai media. Tak hanya soal nama, dari versi beta nya sendiri terdapat banyak perubahan maupun penambahan fitur yang menarik untuk disimak.

Nama Android N pertama kali diperkenalkan pada bulan Maret 2016, di saat Google juga meluncurkan Android N Developer Preview versi 1. Hingga Juni 2016, Google telah meluncurkan Android N Developer Preview sebanyak empat versi. Versi kedua pada April 2016, versi ketiga pada Mei 2016, dan versi keempat pada Juni 2016. Tujuan utamanya adalah untuk melihat reaksi para pengembang software sekaligus memungkinkan mereka memberikan berbagai saran agar Google dapat menyempurnakan Android N versi akhir dengan lebih baik.

Google akhirnya resmi mengumumkan nama Android N yaitu Android Nougat, hal ini disampaikan melalui Akun Resmi twitter @android bahwa nama sistem operasi penerus Android Marshmallow adalah Android Nougat. Nama Nougat sendiri diambil dari nama makanan penutup yang berbentuk permen. Apa itu Nougat? Nougat adalah makanan ringan dengan rasa manis yang terbuat dari gula, madu, putih telur, kacang, dan buah-buahan kering. Makanan ini berasal dari kawasan Mediterania dan Timur Tengah.

Memang Google tidak menjelaskan mengapa memilih Nougat sebagai nama OS terbarunya. Sebelumnya, Google membuat survei kepada masyarakat luas untuk meminta saran nama yang paling difavoritkan untuk Android N. Beberapa nama yang sempat muncul adalah Nutella, New York Cheesecake, Neyyappam, dan lain sebagainya. Namun tak disangka-sangka ternyata nama resmi Android N adalah Nougat.

Patung Android Nougat
Seperti Android generasi sebelumnya, Google juga memperkenalkan patung Android Nougat di depan kantor pusatnya yang berlokasi di Mountain View, California (kalian dapat melihatnya pada gambar di atas.). Sayangnya, meskipun Google telah mengumumkan Android N sebagai Android Nougat, belum diketahui versi angka dari sistem operasi baru ini, kemungkinan besar adalah Android 7.0.

Versi 7.0 tentunya membuka lembaran baru dan mencatatkan sejarah sebagai OS terbaru masa kini. Soal waktu rilis secara final memang belum diketahui secara resmi. Memang beberapa waktu lalu versi Developer Preview sudah hadir sejak maret namun hanya sebagai bahan percobaan saja.

Kemungkinan besar Android Nougat akan siap rilis dalam beberapa bulan kedepan karena masih banyak bug maupun fitur yang harus disempurnakan. Sampai waktunya resmi rilis nampaknya pengguna hanya dapat menikmati versi Developer Preview. Jadi untuk lebih jelasnya kita tunggu saja perkembangan OS ini dan smartphone manakah yang pertama kali menggunakan Android Nougat.

Post a Comment for "OS Android N Resmi Diberi Nama Android Nougat"