Cara Mengatasi HP Android Tidak Terdeteksi Saat dihubungkan dengan PC/Laptop

Cara Mengatasi HP Android Tidak Terdeteksi Saat dihubungkan dengan PC/Laptop menggunakan Kabel USB - Suatu ketika Anda ingin memindahkan data dari Android ke Komputer atau laptop, nah ternyata saat mencolokkan kabel usb dari HP Android ke PC /Komputer Anda tiba-tiba device tidak dapat terhubung. Beberapa pengguna mungkin sudah ada yang pernah mengalami masalah seperti ini dan tentu ini akan mengganggu Anda saat ingin mentransfer file dari perangkat android ke Komputer tidak bisa terhubung. Anda tak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Nah kali ini kami akan berikan cara mengatasi apabila HP Android Anda tidak terdeteksi di Komputer/Laptop yang mungkin bisa langsung Anda praktekkan.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Terdeteksi Saat dihubungkan dengan PC/Laptop

1. Pastikan Kabel USB yang Anda Gunakan Tidak Rusak
Jika android anda tidak terhubung ke komputer/laptop bisa jadi karena kabel USB yang Anda gunakan untuk menghubungkan perangkat Android ke PC mengalami kerusakan dan satu-satunya metode yang tepat adalah mencoba menghubungkan ke PC menggunakan kabel USB lain.

2. Instal Update Android USB Device Drivers
OS windows pada komputer/laptop berbeda dengan android jadi tidak memiliki driver khusus android, sehingga Anda harus menginstal drivers android secara manual yang telah disediakan khusus oleh produsen smartphone anda seperti samsung, LG, Sony, HTC, dan lain-lain. Download daftar lengkap drivers android disini

3. Instal Ulang Drivers USB Android
Jika sebelumnya anda telah menginstal Drivers USB Android namun tetap saja smartphone anda tidak terdeteksi cobalah untuk mengisntal ulang. dan untuk uninstalnya anda pergi ke Device Manager pada windows kemudian cari telepon anda setelah itu klik kanan dan uninstal.
Setelah anda menerapkan cara di atas silahkan cabut sambungan USB dan restart ulang PC anda.

4. Pastikan Android anda menggunakan Mode MTP
Masalah ini sering kali terlupakan oleh pengguna android yang mana perangkat anda terhubung sebagai PTP bukan MTP. untuk mengubahnya cukup mudah, silahkan masuk ke Settings => pilih Storage/Penyimpanan.

Selanjutnya tap atau pilih ikon titik 3/ atau biasanya ada yang ikon usb yang ada di pojok kanan atas dan pilih USB Computer Connection.  Lalu akan muncul opsi connect as Media device (MTP) dan Camera (PTP). Silahkan pilih/centang Media device (MTP). Lihat gambar di atas.

5. Aktifkan USB Debugging
Pastikan anda sudah mengaktifkan USB Debugging agar bisa terhubung ke PC. Untuk cara mengaktifkanya cukup mudah, silahkan masuk ke pengaturan telepon/Setting >> pilih Developer Options >> Centang USB Debugging.

6. USB Port anda telah Rusak
Jika anda telah mencoba cara di atas dan perangkat android Anda tetap tidak terdeteksi kemungkinan Hardware USB Port Anda telah rusak dan satu-satunya cara adalah membawa ke tempat service smartphone resmi terdekat di kota Anda.

Demikian beberapa Tipps Cara Mengatasi HP Android Tidak Terdeteksi Saat dihubungkan dengan PC/Laptop,semoga bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Mengatasi HP Android Tidak Terdeteksi Saat dihubungkan dengan PC/Laptop"