Cara Mengurangi Getaran Video Saat Merekam dengan Action Cam

Jika kamu pengguna Action Cam, monopod atau yang populer dengan istilah 'tongsis' merupakan alat penunjang kamera yang wajib kamu miliki. Karena alat yang satu ini memang sudah terbukti dan teruji memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Pernahkah kalian saat mengambil video menggunakan monopod, tapi hasil videonya bergetar tidak karuan? Mungkin kamu salah satu orang yang pernah mengalaminya.hehe...

Nah, sekarang perhatikan gambar di atas. Cara ini adalah cara yang paling banyak digunakan orang-orang untuk memegang monopod, baik untuk berfoto maupun merekam video. Untuk berfoto, mungkin cara ini tidak berpengaruh banyak pada hasilnya, namun untuk video, cara ini akan menghasilkan video yang shaky/goyang. Kenapa?

Karena tumpuan beban hanya terletak pada 1 titik, yaitu bagian tangan yang menggenggam handle monopod. Selain monopod yang sudah memiliki beban, kamera juga akan memiliki beban tersendiri sehingga membuat tangan kita rentan goyang, apalagi ditambah tangan yang satunya sambil memegang HP, pastinya akan mempengaruhi video yang sedang direkam. Belum lagi faktor eksternal seperti kestabilan pijakan kaki, senggolan dengan objek/orang sekitar, dan sebagainya.

Nah, untuk mengurangi getaran Video yang direkam, solusi mudahnya adalah memegang monopod dengan kedua tangan di kedua ujung monopod dan posisi kamera yang dibalik. Kedua tangan yang memegang monopod ini akan memberikan tambahan kekuatan untuk menopang beban yang membuat kamera lebih stabil.

Lalu kenapa posisi kamera juga dibalik? Kita ingat-ingat lagi pelajaran SMP, dimana gaya gravitasi akan membuat benda menjadi jatuh ke tanah. Dengan posisi menggantung, kamera sudah dalam kondisi jatuh ke bawah dan membuatnya semakin stabil (tidak mungkin kan, kamera tiba-tiba jatuh ke atas?).

Jangan khawatir soal hasil video yang terbalik. Toh, video yang akan kamu bagikan/ publikasikan pasti melewati tahap editing kan? Setidaknya, diedit supaya gambarnya tidak terbalik.

Nah, kalau sudah tahu tips ini, pastinya setiap video yang kamu buat pasti akan jauh lebih bagus. Bahkan kalau mau tahu bedanya, kamu bisa dipraktekkan 2 cara di atas dan bandingkan hasilnya, mana yang lebih bagus hasilnya. Selamat mencoba.

Share this


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai