Fitur Baru Pada Android 8.0 Oreo


Resmi dirilis pada 21 Agustus 2017, operasi sistem terbaru Android 8.0 Oreo saat ini, sudah tersedia untuk pengembang dan belum sepenuhnya diluncurkan ke publik. Namun pembaruan over-the-air (OTA) akan segera diluncurkan ke perangkat Pixel dan Nexus. Tentunya, Android 8.0 Oreo ini menghadirkan sejumlah perubahan pada tampilan antarmuka-pengguna (user interface/UI) serta beberapa fitur baru dan fitur lama yang diperbarui untuk memberikan pengalaman yang berbeda. Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah fitur baru yang dimiliki oleh Android 8.0 Oreo:

1. Kinerja yang lebih baik

Dengan Android 8.0 Oreo, pengguna bisa mengharapkan kinerja yang lebih baik dari versi-versi sebelumnya. Google mengatakan iterasi baru secara signifikan mengurangi waktu booting. Mereka juga telah bekerja keras untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi yang berjalan di latar belakang . Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California ini mendorong para pengembang aplikasi untuk memastikan aplikasi yang menjalankan latar belakang tidak menghambat kinerja keseluruhan sistem operasi.

2. Baterai lebih hemat (Background Limits)

Background limits merupakan fitur baru yang hadir di Android Oreo. Menurut pihak Google, fitur tersebut dapat membuat baterai Android kamu lebih hemat. Google membatasi aplikasi yang berjalan di background pada tiga area yakni implicit broadcasts, background services, dan location updates.

3. Picture-in-Picture

Fitur picture-in-picture ini memungkinkan pengguna dapat menonton video di perangkat Android mereka sambil menggunakan aplikasi lain disaat yang bersamaan. Misalnya pengguna dapat saling berbalas pesan Whatsapp saat mereka sedang menonton film di aplikasi Netflix. Ini mirip dengan gelembung mengambang dari Facebook Messenger untuk Android. Fitur seperti ini sebenarnya telah dikembangkan oleh beberapa produsen ponsel dan pengembang sebagai aplikasi pihak ketiga yang berjalan di sistem operasi Android, jadi dengan dengan hadirnya fitur ini sebagai fitur bawaan Android maka akan semakin menguntungkan bagi produsen/pengembang yang sebelumnya telah membuat fitur sejenis karena akan semakin compatible.

4. Notifikasi yang semakin baik

Notifikasi di ponsel datang dari berbabagai aplikasi yang terinstall: Twitter, Facebook, Whatsapp, Path , Email dll. Tidak jarang notifikasi datang bertubi-tubi dengan jumlah yang tidak sedikit, entah itu dari yang penting hingga yang tidak penting sama sekali.

Notifikasi yang bertubi-tubi (dan banyak) ini seringkali membuat notifikasi yang penting (untuk kita ketahui atau kita harapkan) seringkali tenggelam diantara notifikasi-notifikasi lain yang tidak penting. Membuat kita sering melewatkan notifikasi-notifikasi penting tersebut. Untuk memperbaiki hal tersebut Android O mebuat “Kanal Notifikasi”. Kanal ini memungkinkan pengembang membuat ‘sistem terpadu’ agar pengguna ponsel dapat mengelola notifikasi yang mereka lihat. Misalnya, pengguna bisa membuat kanal notifikasi terpisah untuk setiap grup percakapan.

Selain itu Google juga memperkenalkan Notifications Dots yang merupakan sebuah titik kecil yang tersemat pada ikon sebuah aplikasi apabila ada notifikasi yang belum terbaca dari aplikasi tersebut.

5. Autofill

Sebuah fitur yang otomatis melakukan pengisian form seperti username dan password pada sebuah halaman login serta form-form lainnya. Ini sama seperti yang telah diterapkan oleh beberapa peramban termasuk Chrome salah satunya, yaitu pengisian formulir secara otomatis menggunakan data yang telah tersimpan sebelumnya. Pada Android O autofill tidak hanya diterapkan pada aplikasi peramban tapi disemua aplikasi.

6. Peningkatan kualitas dan konektivitas audio

Android O memperkenalkan codec audio Bluetooth baru yang memungkinkan koneksi dan streaming ke perangkat audio nirkabel dengan kualitas lebih baik.

Untuk memperbaiki konektivitas Bluetooth, Android mendapat bantuan dari Sony dengan lebih dari 30 fitur tambahan.

Versi Android terbaru ini juga menambahkan Wi-Fi Aware, untuk memungkinkan perangkat keras dengan perangkat lunak terhubung ke perangkat lain tanpa memerlukan konektivitas Wi-Fi.

7. Bluetooth 5

Salah satu fitur unggulan di Android O adalah dukungan untuk Bluetooth 5.0. Meskipun Bluetooth generasi terbaru ini belum secara luas, namun diharapkan kelak lebih banyak ponsel hadir dengan Bluetooth 5.0 yang memiliki performa lebih cepat. Pengguna bisa mengharapkan kecepatan transfer data yang meningkat empat kali lipat dibanding generasi Bluetooth sebelumnya.

8. Mouse Pointer Capture

Fitur baru di Android 8.0, membuka perangkat yang didukung Android seperti Chromebook dan lainnya untuk input mouse (dukungan keyboard fisik, termasuk untuk navigasi, juga telah ditambahkan).

9. Android Instant Apps

Di Android 8.0 pengguna dapat menjalan aplikasi langsung dari peramban/browser tanpa perlu melakukan proses instalasi. Fitur ini sangat membantu untuk ponsel-ponsel dengan keterbatasan memori dan ruang penyimpanan.

10. Emojis menjadi lebih baik

Emojis di Android sekarang akan terlihat sangat mirip dengan apa yang ditampilkan di Apple’s iOS. Android 8.0telah sepenuhnya memiliki kompatibilitas penuh dengan Emoji 5.0.

Share this


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai