Harga iPhone 8 dan iPhone 8 Plus Lengkap Dengan Spesifikasinya


Apple merilis beberapa smartphone terbarunya iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Peluncuran ketiga iPhone terbaru tersebut dilaksanakan bertepatan dengan perayaan 10 tahun iPhone di acara Ajang Apple Special Event di Steve Jobs Theater, Amerika Serikat. Kesempatan kali ini akan kami bahas mengenai iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus dimana kedua smartphone ini menawarkan sejumlah update seperti chip A11 Bionic, peningkatan sektor kamera hingga panel kaca belakang yang mendukung wireless charging. Keduanya terlahir sebagai penerus dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Jika dilihat dari desainnya, duo iPhone 8 ini tidak memiliki banyak perubahan dibandingkan generasi pendahulunya, kecuali bagian depan dan belakang handset terbaru tersebut dibaluti kaca. Tapi tetap saja Apple memberikan peningkatan yang cukup berarti untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, terutama di bagian prosesor, fitur kamera, dan peningkatan sektor kamera. Keduanya hadir dalam warna Silver, Gold, dan Space Gray.


iPhone 8


iPhone 8 hadir memiliki layar 4.7 inci dengan resolusi 1334 x 750 piksel dan kerapatan layar 326 ppi. Layarnya menggunakan teknologi Retina HD, wide color gamut, 3D Touch, dan mendukung True Tone yang membantu mengatur white balance dengan cahaya di sekitar saat pengambilan gambar. Berbeda dari iPhone model tahun lalu, iPhone 8 memiliki desain berlapis kaca di bagian depan dan belakang. Uniknya, panel kaca belakang iPhone 8 mendukung teknologi wireless charging dengan Qi wireless charger, yang dapat dijumpai di hotel, kafe, bandara udara, atau mobil, iPhone 8 mendukung fitur fast charging.

Seperti biasanya Apple menghadirkan peningkatan prosesor untuk perangkat barunya. iPhone 8 dibekali dengan dukungan chipset A11 Bionic terbaru dari Apple. Berbekal 6-core A11 Bionic yang menggenjot performa smartphone ini, dengan konfigurasi prosesor dual-core-nya menjadikan 25% lebih cepat dibandingkan chipset A10 Fusion dan prosesor quad-core untuk efisiensi daya yang lebih cepat 70% dibanding A10 Fusion. GPU yang dimiliki juga telah berkapasitas 3-core yang 30% lebih cepat dari generasi sebelumnya. Apple menyatakan iPhone 8 sebagai smartphone Apple pertama yang mendukung Augmented Reality yang memungkinkan penggunanya menikmati pengalaman aplikasi dan game AR secara lebih sempurna.

Sektor kameranya, iPhone 8 berbekal kamera utama 12MP dengan aperture f/1.8 dan 5x digital zoom. Sedangkan kamera depannya berkekuatan 7MP lengkap dengan dukungan Retina Flash, aperture f/2.2, wide color, OIS, dan auto HDR untuk hasil foto selfie yang lebih baik. Smartphone ini dibekali dengan dukungan fitur tahan air, tombol Touch ID dan sensor sidik jari di bagian depan handset. iPhone 8 tersedia dalam RAM 2GB berpadu dengan dukungan penyimpanan internal 64GB dan 256GB.


iPhone 8 Plus


iPhone 8 Plus berbekal layar IPS LCD 5.5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan kerapatan 401 ppi yang mendukung teknologi layar Retina HD. Seperti halnya iPhone 8, bagian depan dan belakang iPhone 8 Plus juga berbalut kaca yang lebih kuat, dengan dukungan teknologi Qi untuk wireless charging. Prosesor yang dimiliki iPhone 8 Plus juga sama dengan prosesor yang dimiliki iPhone 8, yani A11 Bionic yang sangat mumpuni dan mendukung Augmented Reality.

Sektor kamera iPhone 8 Plus lebih mumpuni, dengan berbekal dual kamera utama 12MP, masing-masing lensa wide-angle 12MP dengan aperture f/1.8 dan lensa telephoto 12MP dengan aperture f/2.8 dan 10x digital zoom dan optical zoom untuk foto serta 6x untuk pengambilan video. Fitur-fitur fotografi juga cukup lengkap mulai OIS, quad-LED True Tone flash, hybrid IR filter, auto HDR, dan masih banyak lagi. Dual kamera ini dibekali dengan dukungan Portrait mode untuk hasil foto dengan efek bokeh yang menawan dan Portrait Lighting yang mampu mengidentifikasi wajah dan pengaturan tone warna yang lebih baik seperti layaknya efek pencahayaan di studio. Sedangkan untuk kamera depan, perangkat ini dibekali kamera beresolusi 7MP dengan aperture f/2.2. iPhone 8 Plus hadir dengan RAM 3GB dan memori penyimpanan internal 64GB atau 256GB.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk memiliki iPhone terbaru ini, berikut informasi harga masing-masing perangkat dan ketersediannya di berbagai negara, beserta spesifikasinya.

Harga iPhone 8 dan iPhone 8 Plus - Ketersediannya


Harga iPhone 8, dan iPhone 8 Plus kemungkinan berbeda di berbagai negara. Seperti di Amerika Serikat dengan harga yang belum mencakup pajak, sedangkan di Eropa telah termasuk pajak penjualan. Seperti diketahui iPhone terbaru tersedia dengan varian memori internal 64GB dan 256GB. iPhone 8 dipasarkan dengan banderol harga mulai USD 699 atau Rp 9,2 juta, disusul iPhone 8 Plus dengan harga mulai USD 799 atau setara dengan Rp10,6 juta. Sedangkan model penyimpanan internal 256GB dibanderol dengan harga lebih mahal. iPhone 8 dijual seharga USD 849 atau Rp 11,2 juta, disusul iPhone 8 Plus dijual seharga USD 949 atau Rp 12,53 juta. Harga iPhone yang ditawarkan kemungkinan juga bervariasi sesuai dengan masing-masing operator seluler di berbagai negara.

Apple sudah membuka pre-order iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mulai hari ini, 15 September 2017. Duo iPhone 8 akan dirilis di pasaran mulai tanggal 22 September di berbagai negara, seperti Australia, Austria, Belgia, Kanada, Cina, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Italia, Jepang, Luxemburg, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Puerto Rico, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, dan Kepulauan Virgin AS. Ketersediaannya di lebih banyak negara akan semakin luas pada tanggal 29 September mendatang. Sayangnya, nama Indonesia tidak terlihat di daftar negara yang disambangi iPhone series terbaru ini. Semoga saja cepat hadir di tanah air.

Spesifikasi Apple iPhone 8 & iPhone 8 Plus


iPhone 8iPhone 8 Plus
LayarRetina HD 4.7 inci
1334 x 750 piksel
Retina HD 5.5 inci
1920 x 1080 piksel
CPUA11 BionicA11 Bionic
OSiOS 11iOS 11
RAM2GB3GB
ROM64GB
256GB
64GB
256GB
Kamera Belakang12MP
f/1.8
Digital zoom hingga 5x
Dual 12MP+12MP
Wide-angle f/1.8
Telephoto f/2.8
Optical zoom, digital zoom hingga 10x
Kamera Depan7MP
f/2.2
7MP
f/2.2
Dimensi138.4 x 67.3 x 7.3 mm158.4 x 78.1 x 7.5 mm
Berat148 gram188 gram
WarnaSilver
Gold
Space Gray
Silver
Gold
Space Gray