Resmi Diperkenalkan, LG V30 Tawarkan Kemampuan Sinematografi Kelas Premium


LG Electronics (LG) akhirnya membuka selubung smartphone andalannya, LG V30. Hadir dalam seri V yang dibuat sebagai jajaran premium dengan visi memberikan pengalaman baru dalam multimedia, smartphone ini dikatakan membawa berbagai inovasi besar dalam industri smartphone. “Akar pengembangan Seri V selalu menghadirkan teknologi praktis baru yang mampu mencipta konten berkualitas tinggi. Kami memastikan LG V30 tak kehilangan akarnya,” ujar Juno Cho, Presiden LG Electronics Mobile Communications Company.

Bahkan, ia menyatakan, kehadiran LG V30 membawa berbagai kebaruan yang sekaligus menjadi yang pertama diterapkan dalam sebuah smartphone. Termasuk di dalamnya yaitu sebagai smartphone pertama dengan lensa kamera ber-aperture F1.6, penggunaan kaca pada lensa bertajuk Crystal Clear Lens dan penggunaan layar OLED dengan FullVision pertama.

Mendampingi berbagai inovasi besar tadi, LG V30 juga dibuat dengan berbagai fitur pendukung dalam ambisi menetapkan standar baru dalam evolusi smartphone premium. Diantaranya kelengkapan mode Cine Video untuk membuat video berkualitas film, kualitas audio premium berkat hadirnya Hi-Fi Quad DAC, tata suara spesial yang melibatkan B&O Play dan mode pengenalan suara (Voice Recognition).


Tawarkan Video Kelas Pro dengan Aperture F1.6 Crystal Clear Lens dan Cine Video

Dalam hal videografi, LG V30 memiliki kemampuan mengkreasi video yang membuatnya layak menjadi pemimpin di era videografi via smartphone. Di bagian belakang tubuhnya tersemat kamera utama dengan bukaan F1.6 yang memungkinkan penangkapan cahaya lebih banyak untuk menghasilkan pencahayaan lebih terang dan dinamis. Berpasangan dengan kaca Crystal Clear Lens membuatnya dikatakan mampu memberikan warna lebih akurat dan gambar lebih jernih dibanding yang ditawarkan lensa dengan materi plastik.

Sementara kamera kedua di bagian depan LG V30 merupakan dual kamera 13MP dengan lensa berbidang tangkap lebar (wide angle). Menjadikannya lebih istimewa dibandingkan LG V20, lensa wide angle ini dibuat dengan pengurangan distorsi gambar yang biasa ditemui di pinggir bingkai hingga 2/3.

Mode Cine Video pada LG V30 pun dibuat dengan tujuan sama yang memungkinkan penggunanya dapat mencipta video berkualitas tinggi dengan warna sinematik dari berbagai genre film hanya melalui sebuah smartphone. Hal ini berkat adanya fitur Cine Effect dan Point Zoom. Bila kebanyakan kamera smartphone hanya memungkinkan seseorang memperbesar gambar (zoom in) hanya pada bagian tengah layar, tak demikian halnya dengan LG V30.

Keberadaan fitur Point Zoom memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembesaran gambar di bagian manapun dan memindahkannya ke bagian lain yang diinginkan dengan proses sangat halus berkat adanya zoom slider. Hal yang menjadi kemampuan lain yang pertama diterapkan dalam industri smartphone.

Sementara di sisi lain, fitur Cine Effect menyediakan 15 pengaturan untuk membuat hasil video memiliki tampilan unik layaknya sebuah film dari berbagai genre. Diantaranya dari komedi romantis, blockbuster, misteri, film thriller dan film klasik.

Disisi lain, LG V30 juga dilengkapi dengan dukungan LG-Cine Log yang membuat penggunanya lebih fleksibel dalam berkreativitas dengan videonya. Memiliki rentang dinamika pencahayaan dan spektrum warna yang lebar, berkas video dari LG-Cine Log dapat disimpan dalam detail gambar yang lebih akurat. Melengkapi manfaatnya, LG-Cine Log juga memungkinkan untuk perekaman dengan kurva gamma untuk fleksibilitas maksimum dalam menghasilkan tampilan yang diinginkan pengguna selama paska produksi.

LG V30 pun menjanjikan peningkatan kapabilitas dalam urusan pengambilan gambar foto dari Mode Manual melalui fitur Graphy. Fitur ini membantu penggunanya memastikan setiap tangkapan gambar akan menghasilkan kualitas foto yang baik cukup dengan memilih gambar terbaik sebelum menekan shutter. Dalam Manual Mode, pengguna juga dapat memilih karya foto profesional yang tersedia di website maupun aplikasi mobile Graphy dan kemudian menerapkan pengaturan yang sama untuk pengambilan gambar foto. Pengaturan ini termasuk seperti white balance, kecepatan shutter, pengaturan diafragma dan ISO.

Ramping, Ringan Dan Tampilan FullVision Oled pada Bodi Kompak

LG V30 dibangun berdasarkan kekuatan layar OLED FullVision dalam bodi sangat kompak, ramping dan ringan. Bahkan dengan layar berukuran 6 inchi dengan aspek rasio 18:9, LG V30 tampil lebih pendek 8mm dan lebih ramping dibanding pendahulunya yang memberikan kenyamanan lebih baik dalam genggaman. Dengan ketebalan 7.3mm dan berat 158g, kemunculan LG V30 menjadikannya smartphone paling ringan diantara smartphone dalam kategori layar 6 inchi ke atas. LG pun menerapkan penggunaan tempered glass yang membalut bagian depan, belakang bahkan hingga tepian LG V30 yang memberikannya tampilan lebih baik.

Kamera berjenis dual camera berkekuatan 16MP dengan bentang tangkap normal dan kamera 13MP dengan bidang tangkap lebar memiliki modul yang lebih kecil dari LG V20 sehingga menjadikan bodi belakang LG V30 tampil hampir rata. Untuk menghasilkan tangkapan gambar yang halus dan tajam, bentang tangkap normal pada kamera utamanya didukung Optical Image Stabilization (OIS), Electronic Image Stabilization (EIS) dan Hybrid Auto Focus yang mengkombinasikan kerja Laser Detection Auto Focus dan Phase Detection Auto Focus.

Layar QHD+ (2,880 x 1,440) pada panel OLED FullVision miliknya menawarkan kecepatan respon dengan distorsi afterimages minimal yang biasa ditemui dalam tayangan film laga atau games dengan pergerakan gambar cepat. LG pun mengambil keuntungan dari kecepatan respon dan kualitas grafis baik dari kekuatan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 835 untuk mendukung penggunaan Daydream yang merupakan platform Google untuk mobile VR. Layanan Daydream memberikan peluang bagi penggunanya untuk menikmati film dan memainkan games VR personal yang menempatkan penggunanya benar-benar ditengah aksi.

Audio Superior Dengan Personalisasi Dan Didukung Hi-Fi Quad DAC

Tak puas hanya melengkapinya dengan Hi-Fi Quad DAC, demi upaya untuk menawarkan kemantapan audio, LG berkolaborasi dengan B&O Play yang membuat para ahli tata audio dari merek audio ternama ini melakukan penataan khusus bagi audio LG V30. Kerjasama ini termasuk penyertaan satu set earphone B&O Play.

Masih terkait dengan kualitas audio, LG V30 merupakan smartphone global pertama yang mendukung teknologi Master Quality Authenticated (MQA) yang memungkinkan streaming audio dengan resolusi tinggi. MQA menangkap sumber rekaman berkualitas studio master dan mengubahnya dalam berkas lebih kecil untuk memudahkan berkas lagu dalam resolusi tinggi dapat dinikmati dalam opsi streaming. Kemampuan rekam LG V30 pun mengalami peningkatan dengan adanya perangkat penangkap (receiver) yang juga bertindak sebagai mikropon untuk menangkap spektrum suara lebih luas mulai dari denting lembut lonceng hingga suara drum yang menggelegar.

Lengkap Dengan Google Assistant dan Voice Recognition

Google Assistant pada LG V30 akan memberikan kemampuan unik yang khusus dibuat baginya. Dengan mengucapkan “OK Google, take a romantic Cine Video” misalnya, akan mengaktifkan pengaturan Cine Video pada mode Romantic. Sementara mengaktifkan kamera dengan pilihan bidang tangkap lebar (wide angle), cukup dilakukan dengan mengucapkan “OK Google, take a wide angle selfie”. Google Assistant pada LG V30 mendapatkan dukungan pada pengembangan pemrosesan sinyal yang dilakukan LG sehingga membuat penggunanya tetap dapat melakukan perintah suara dengan mengatakan “OK Google” bahkan di tengah hingarnya suara musik.

Sebagai tambahannya, menghubungkan LG V30 dengan perangkat elektronik rumah tangga LG yang kompatibel dengan Google Assistant akan membuat penggunanya dapat memberi perintah pada perangkat elektronik untuk melakukan suatu pekerjaan. Cukup dengan mengatakan “Ok Google, talk to LG to wash my clothes” akan membuat mesin cuci yang terhubung mulai melakukan pencucian.

Kenyamanan Second Screen yang diperkenalkan pada seri V sebelumnya telah berkembang menjadi fitur Always-on Display (AOD) dan Floating Bar. Saat layar dalam keadaan tak aktif, AOD menggantikannya dengan menyediakan jalan pintas ke Quick Tools dan pemutar musik tanpa harus menyalakan seluruh layarnya. Sementara Floating Bar yang muncul semi transparan dapat diatur untuk menampilkan hingga lima aplikasi untuk memberikan kemudahan akses pada aplikasi yang sering digunakan. Saat tak sedang digunakan, pengguna dapat menonaktifkan Floating Bar dengan cara menggesernya ke bagian samping layar.

Bicara mengenai keamanan, pengguna LG V30 memiliki empat opsi pengamanan smartphonenya. Face Recognition memberikan kemudahan pengguna untuk membuka LG V30 dengan pengenalan wajah bahkan saat layar benar-benar dalam keadaan terkunci dan standby. Pilihan kedua yaitu Voice Recognition yang memberikan kombinasi dari pengenalan suara pengguna dengan kata kunci yang ditentukan (maksimal tiga hingga lima suku kata). LG pun mempertahankan keberadaan sensor sidik jari di bagian belakangnya dan Knock Code yang membuat pengguna dapat membuka smartphone ini dengan menekankan jari membentuk pola yang sebelumnya telah diatur pada layar LG V30.

Sebuah Warisan Smartphone Premium, Dengan Tingkat Keselamatan dan Durabilitas Tinggi

LG V30 dibuat dengan ketahanan pemakaian yang kuat namun tetap hadir dalam desain ramping dan ringan. Salah satu aspek dalam desain LG V30 yang meningkatkan daya tahannya ada pada penggunaan struktur H-Beam. Struktur ini meruapakan sebuah teknik konstruksi yang ditemukan di bangunan modern yang mengintegrasikan bagian tepian dengan rangka logam di tengahnya. Smartphone ini juga dibuat dengan lapisan Gorilla Glass 5 yang saat ini menjadi pengembangan tempered glass paling baru pada bagian depan dan belakang bodinya. Melengkapi ketahanannya, LG V30 telah lolos dalam 14 uji untuk mendapat sertifikasi MIL-STD 810G Transit Drop Test sebagai salah satu standar yang digunakan militer Amerika Serikat.

LG pun menanamkan heat pipe dan cooling pad pada LG V30 untuk mencegah terjadinya suhu panas berlebih. Disisi lain, LG V30 pun mengantongi sertifikat IP68 yang menandakannya memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Sementara dengan fitur Quick Charge 3.0, LG V30 dapat melakukan pengisian ulang baterainya dari keadaan benar-benar kosong hingga mencapai 50 persen hanya dalam waktu 30 menit. LG V30 juga menawarkan fungsi pengisian ulang baterai secara nirkabel.

“Dengan seluruh kemampuannya ini, LG V30 didesain benar untuk membantu penggunanya membuat kreasi konten yang menyerupai milik seorang professional tanpa harus mengalami kerumitannya,” ujar Juno Cho lagi. Lebih lanjut ia mengundang para pengunjung perhelatan IFA 2017 untuk bertandang ke booth LG di Hall 18 – Messe Berlin untuk menyaksikan dan merasakan langsung keunggulan LG V30.

Share this


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai