Cara Membuat Video Time-Lapse dan Stop-Motion dengan HP Android

Cara Membuat Video Time-Lapse dan Stop-Motion dengan HP Android - Pasti smartphone atau handphone kamu tentunya sudah memiliki kamera, dan fungsinya tidak cuma buat motret saja, buat ngerekam video juga sangat keren. Nah, cuma pasti pada nggak kebayang kan kalau ternyata dengan menngunakan HP Android bisa menghasilkan Video Time-Lapse dan Stop-Motion. Hasil video dari kamera HP Android tersebut bisa sampai ditampilkan ke layar sebesar layar bioskop? Nggak percaya kan, beberapa waktu lalu ada video hasil salah-satu kamera smartphone android tampil di layar bioskop Blitz Megaplex Pacific Place. Dan ternyata kualitas hasil video nya pun 720px dengan 1080px alias full HD, sungguh keren bukan.

Kedua teknik membuat Video tersebut termasuk bagian dari fotografi, karena menggunakan kumpulan dari ratusan bahkan ribuan foto, dan semuanya diambil dan dikerjakan menggunakan kamera Smartphone Android. Untuk contoh pembuatan Video Time-Lapse dan Stop-Motion ini memakai Smartphone Oppo N1 yang memang memiliki kamera unik. Sensor kamera 3 Megapixel, dan dapat diputar 270 derajat. Jadi Penasaran kan bagaimana cara membuatnya. Kalo begitu mari kita simak ulasan berikut ini.

Sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa itu Time Lipse ?

Time-lapse adalah teknik video fotografi dimana frekuensi frame film yang ditangkap (frame rate) jauh lebih rendah daripada yang digunakan untuk merekam video yang biasa, sehingga tampaknya waktu bergerak lebih cepat. Time-lapse fotografi dapat dianggap sebagai kebalikan dari fotografi high-speed atau slow motion.

Proses yang biasanya akan muncul halus untuk mata manusia, misalnya gerakan matahari dan bintang.

Nah sekarang, bagaimana cara membuat Video Time-Lapse dengan HP Android?

Cara membuat Video Time-Lapse dengan HP Android

Untuk membuat video Time Lapse dengan HP Android kita membutuhkan sebuah aplikasi. Dan aplikasi yang dapat digunakan adalah LapseIt Pro. Aplikasi ini tersedia untuk iPhone dan Android. Aplikasi ini sangat powerful dan mudah digunakan, namun sebaiknya kosongkan storage HPmu sebelum melakukan pengambilan video, khususnya video-video yg panjang ya.

Berikutnya yang harus kita pahami adalah interval shoot. Interval paling rapat adalah 1 detik. Artinya kamera akan memotret setiap jedah 1 detik. Nah untuk scene yg dinamis dan cepat, sebaiknya atur di interval 1 detik. Namun untuk scene yg lambat seperti sunset, awan yg bergerak, jangan gunakan interval yg terlalu rapat karena akan buang-buang frame. kamu atur saja di interval 5 detik.

Nah berikut penampakan videonya !

Video Time Lapse dengan Kamera Smartphone Android



Baca Juga: Tips Mengambil Gambar dengan Action Cam Pada Siang Hari Agar Mendapatkan Hasil yang Memuaskan

Selanjutnya Mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu Stop-Motion ?

Stop Motion adalah teknik animasi untuk membuat objek secara fisik dimanipulasi muncul untuk bergerak sendiri. Tujuannya adalah bergerak sedikit demi sedikit antara frame difoto secara individual, menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan. Boneka dengan sendi bergerak atau tokoh tanah liat sering digunakan dalam stop motion untuk kemudahan reposisi. Tidak semua stop motion membutuhkan tokoh atau model, banyak film stop motion dapat melibatkan menggunakan manusia, peralatan rumah tangga dan hal-hal lain untuk efek komedi. Menghentikan gerakan menggunakan benda kadang-kadang disebut sebagai objek animasi.

Nah, Lalu bagaimana cara membuat Video Stop-Motion dengan HP Android ?

Cara membuat Video Stop-Motion dengan HP Android

Untuk membuat Video stop motion sebenarnya juga bisa menggunakan aplikasi LapseIt pro, dan sebagian menggunakannya. Namun ada beberapa scene yg memang harus diambil dengan menggunakan mode camera native. Jadi sebagian render ada yang dikerjakan pada komputer.

Tantangannya dalam stop motion adalah mengetahui fps (frame per second) dan plot. Untuk kebutuhan video standar atau di youtube video bisa diatur pada 20 hingga 24 fps (standar). Namun untuk keperluan, misal TVC, maka fps ada pada 30.

Mengatur plot di sini adalah waktu masing-masing scene yg tampil. Ini perlu diperhitungkan dengan cermat agar per scene tidak seperti dikejar-kejar atau terlihat terlalu menunggu. Contoh lebih bagusnya kamu bisa dicari di youtube, sebagai contoh lihat video berikut ini.

Video Stop Motion dengan kamera Smarphone Android



Nah itulah Cara Membuat Video Time-Lapse dan Stop-Motion dengan HP Android, gimana sangat keren bukan. Demikian ulasan yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba Video Time-Lapse dan Stop-Motion dengan HP kesayangan kamu.

1 comment for "Cara Membuat Video Time-Lapse dan Stop-Motion dengan HP Android"