» » » Riview, Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S7 Edge - Anti Air dan Debu

Advertisement
Advertisement
Ponsel penerus Galaxy S6 Edge telah resmi diperkenalkan pada ajang MWC 2016 yang berlangsung di Barcelona tanggal 21 Februari 2016. Pada acara tersebut, Samsung memperlihatkan berbagai inovasi terbaru yang dibawa smartphone flagship bernama “Samsung Galaxy S7 Edge“. Smartphone ini hadir dengan segudang fitur canggih yang membuatnya menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun ini. Dan yang paling mencolok dari smartphone ini adalah hadirnya layar melengkung berteknologi Curved edge screen yang menghiasi sisi kanan dan kiri Galaxy S7 Edge.

Selain memiliki teknologi layar lengkung, Galaxy S7 Edge juga dilengkapi sertifikasi IP68 yang membuatnya memiliki kemampuan terhadap air dan debu. Sayangnya smartphone ini belum membawa fitur 3D Touch yang sebelumnya dirumorkan akan menjadi bagian dari kehebatan Galaxy S7 Edge untuk bersaing melawan iPhone 6s yang memiliki fitur serupa. Sepertinya Samsung lebih memilih kemampuan anti air dan debu sebagai salah satu kelebihan Galaxy S7 Edge untuk bersaing melawan smartphone flagship sekelasnya, seperti LG G5, HTC One M10, Xiaomi Mi5,maupun  Sony Xperia Z6.


Smartphone ini bisa diibaratkan sebagai penggabungan antara Samsung Galaxy S6 Edge+ dan Galaxy Note 5. Pasalnya Samsung mendesainnya dengan ukuran layar lebih besar, dan memiliki casing belakang dengan sisi melengkung layaknya Note 5. Namun untuk performanya tentu jauh lebih cepat, karena sudah ada chipset Exynos dan Snapdragon generasi terbaru yang siap menghadirkan performa powerfull ketika Galaxy S7 Edge mengeksekusi aplikasi ataupun game yang anda instal kedalamnya.

Jadi jangan heran, jika harga Samsung Galaxy S7 Edge dibanderol dengan harga sangat mahal. Pasalnya smartphone ini membawa berbagai fitur canggih yang jarang dimiliki smartphone di kelas premium. Faktor lainnya ialah hadirnya kemampuan kamera lebih canggih dan didukung performa hardware powerfull, sehingga wajar jika harga Samsung Galaxy S7 Edge sangat mahal.

Riview  Samsung Galaxy S7

Desain Premium - Anti Air dan Debu 

Tak ingin kalah dengan smartphone premium buatan Sony, kali ini Samsung membekali smartphone terbarunya dengan sertifikat IP68 yang membuat Samsung Galaxy S7 Edge bisa direndam di dalam air selama 30 menit pada kedalamam maksimal 1.5 meter. Dengan berbekal fitur inilah Galaxy S7 Edge menjadi perangkat sempurna yang bisa anda andalkan untuk beraktivitas di luar ruangan, karena selain tahan air smartphone ini juga tahan terhadap debu. Sementara untuk desainnya sendiri tidak berbeda jauh dari desain Galaxy S6 Edge.


Perubahan desain Galaxy S7 Edge yang paling menonjol adalah memiliki layar berukuran lebih besar, dimana bentang layarnya mencapai 5.5 inci. Namun smartphone ini memiliki bodi lebih tebal, dimana untuk dimensi total dari bodi metal Galaxy S7 Edge memiliki ukuran panjang 150.9 mm, lebar 72.6 mm, dan ketebalan 7.7 mm. Menariknya, bagian depan dan belakang Smartphone ini telah dilapisi kaca antigores bertipe Corning Gorilla Glass 5, dan di sisi depan telah tersedia tombol home yang terintegrasi pada fingerprint sensor. 

Layar Lengkung Lebih Besar

Harga Samsung Galaxy S7 Edge yang dibanderol melebihi 10 Juta Rupiah, mewajibkan smartphone ini memiliki layar beresolusi tinggi dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam. Oleh karena itulah Samsung mempercayakan teknologi Super Amoled Display dengan resolusi 1440 x 2560 pixels agar menghasilkan kepadatan layar mencapai 534 ppi, sehingga menghasilkan gambar lebih detail dan memiliki warna lebih natural. Lebih menariknya lagi, layar Galaxy S7 Edge mengadopsi teknologi Curved edge screen.

Sama seperti pendahulunya, Galaxy S7 Edge menawarkan layar melengkung yang terlihat memukau dan terkesan lebih premium dibandingkan smartphone sekelasnya. Layar lengkung dua sisi tersebut memiliki rasio mencapai 76.1% dari layar ke bodi, sehingga memberikan tampilan lebih luas ketika anda menikmati konten multimedia. Anda tak perlu khawatir mengenai ketahanan layar lengkung Galaxy S7 Edge, karena sudah dilindugi lapisan kaca antigores Corning Gorilla Glass 5 yang menjaganya dari goresan benda tajam. 

Dapur Pacu PowerFull - RAM 4GB 

Setiap sisi Galaxy S7 Edge dibuat sempurna untuk menghasilkan desain premium yang tetap nyaman saat dioperasikan. Dibalik keindahan desain tersebut, rupanya tersimpan dapur pacu hardware tercepat saat ini, karena didalamnya telah tertanam memori Ram LDDR4 berkapasitas 4GB dan dilengkapi memori internal berukuran 32GB atau 64GB yang tentunya nanti akan berpengaruh terhadap harga Samsung Galaxy S7 Edge. Menariknya lagi, Samsung memberikan slot microSD dengan daya tampung 200GB yang sebelumnya sempat absen pada Galaxy S6 Edge.



Walaupun harga Samsung Galaxy S7 Edge 64GB akan dibanderol lebih mahal dibandingkan S7 Edge 32GB, akan tetapi kedua varian tersebut sama-sama berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow 6.0 yang dipercantik dengan tampilan antarmuka TouchWiz UI dan memiliki fitur “Edge Screen” terbaru yang lebih inovatif dan memiliki fungsionalitas lebih baik dibandingkan milik Galaxy S6 Edge. Owh yah, Samsung juga menambahkan fitur Always-on display untuk menampilkan beragam informasi saat kondisi layar standby.

Untuk dapur pacunya sendiri, Samsung menyediakan dua varian Galaxy S7 Edge yang masing-masingnya ditenagai oleh Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820, dan chipset Exynos 8890 Octa. Apabila anda beruntung mendapatkan varian Snapdragon, maka anda bisa merasakan kinerja grafis tiga dimensi yang digawangi oleh GPU Adreno 530, serta performa super cepat yang berasal dari processor Octa Core 64-Bit dengan konfigurasi 2 inti processor Kryo (Dual-core 2.15 GHz & dual-core 1.6 GHz).

Harga Samsung Galaxy S7 Edge versi Snapdragon dibanderol sama persis dengan versi Exynos. Nah bagi anda yang membeli Galaxy S7 Edge Exynos akan mendapatkan GPU Mali-T880 MP12 sebagai pengolahan grafis ketika smartphone ini menjalankan game-game HD dan memutar video beresolusi 4K. Sedangkan untuk processornya, memiliki 8 inti processor yang dibagi menjadi dua bagian agar lebih irit daya baterai, dimana untuk setiap intinya memiliki clock speed (Quad-core 2.3 GHz + quad-core 1.6 GHz). 

Skor Benchmark Fantastis - Smartphone Tercepat 

Pengujian antutu benchmark yang dilakukan gsmarena.com untuk Galaxy S7 Edge varian Exynos berhasil meraih skor mencapai 114.250 point, dan mengantarkannya menjadi salah satu smartphone tercepat saat ini. Skor benchmark berbeda mungkin akan didapatkan untuk varian Snapdragon 820, namun yang pasti untuk varian Exynos berhasil mengalahkan Huawei Mate 8 yang dibekali chipset Kirin 950, dan Huawei Nexus 6P yang mengusung Snapdragon 810. Menariknya, seperti yang anda lihat diatas, Galaxy S7 Edge berhasil mempercundangi pendahulunya, yakni Galaxy S6 Edge+. 

Kamera Low Light dengan Kemampuan Terbaik 

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy S7 Edge, Samsung meningkatkan kemampuan kamera smartphone ini, dengan memberikan aperture f/1.7 dan sensor berukuran 1.4 micronpixel yang membuatnya mampu mengabadikan foto dikondisi low light dengan kualita gambar lebih detail, dan pastinya tetap terlihat tajam. Menariknya, kamera utama Galaxy S7 Edge mengusung lensa 12 Megapixel dengan teknologi Dual Pixel yang membuatnya memiliki tingkat akurasi autofocus lebih baik, dan lebih cepat ketika membidik sebuah objek foto.



Fitur phase detection dengan dual pixel juga melengkapi kehebatan kamera utama smartphone ini. Lalu ada pula teknologi Smart OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu meningkatkan kestabilan rekaman video beresolusi UltraHD 4K agar terlihat lebih stabil. Tidak ketinggalan LED Flash dan beragam fitur pendukung seperti, motion panorama, motion photo, HDR, dan berbagai fitur tambahan lainnya akan memanjakan anda dalam mengambil foto diberbagai kondisi pencahayaan, baik itu siang hari maupun dimalam hari. 

Baca Juga: Riview, Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S7 

Beralih ke kamera bagian depan, sudah ada kamera beresolusi 5 Megapixel yang dilengkapi aperture f/1.7 agar tetap optimal ketika berfoto selfie di kondisi low light. Menariknya, Samsung menyediakan fitur selfie flash yang akan memacarkan cahaya dari layar Super Amoled Display sebagai pengganti LED Flash. Lalu tersedia pula fitur Wide Selfie dengan kemampuan untuk mengadikan foto hingga sudut tembak 120 derajat, jadi anda bisa berfoto selfie bersama lebih banyak orang didalamnya. Tak ketinggalan, fitur Dual Video Call, dan Auto HDR juga menghiasi sisi depan ponsel ini.

Kapasitas Baterai Lebih Besar 

Salah satu penyebab mengapa desain Samsung Galaxy S7 Edge lebih tebal dibandingkan Galaxy S6 Edge adalah hadirnya baterai berkapasitas 3.600 mah yang berada dibalik casing belakang berlapis kaca Corning Gorilla Glass. Jika kita adu dengan baterai 2.600 mah milik Galaxy S6 Edge tentunya smartphone ini akan jauh lebih irit, namun sayangnya keduanya sama-sama mengadopsi baterai Non-removable Li-Ion sehingga baterainya tidak bisa kita lepas.

Konektivitas dan Sensor Lengkap dengan Fitur pendukung lainnya 

Salah satu fitur andalan smartphone flagship Samsung adalah fitur S-Heath yang akan memanfaatkan sensor pemindai detang jantung (heart rate), dan sensor SpO2. Selain itu, tersedia pula berbagai sensor pendukung untuk meningkatkan kinerja Galaxy S7 Edge, seperti sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer. Yah sensor yang dibawanya memang cukup lengkap, dan nantinya bisa anda manfaatkan saat memakai Samsung Gear VR yang kemungkinan akan dijual bersamaan dengan Galaxy S7 Edge.

Dibalik mahalnya harga Samsung Galaxy S7 Edge, anda akan mendapatkan dukungan konektivitas sangat lengkap. Mulai dari konektivitas 4G LTE berkecepatan 450 mbps, sampai dengan fitur NFC yang nantinya dipakai sebagai media pembayaran Samsung Pay. Selain itu, tersedia pula konektivitas Wi-Fi berteknologi Dual Band, Infrared, Bluetooth versi 4.2, dan port microUSB 2.0. Sangat disayangkan smartphone ini belum memakai USB Type-C padahal harga Samsung Galaxy S7 Edge dibanderol sangat mahal.


Spesifikasi Samsung Galaxy S7
 
Bodi
  • Dimensi : 150.9 x 72.6 x 7.7 mm
  • Berat : 157 g
  • Warna : Black, White, Gold, Silver
  • Material : Metal + Kaca
Tipe Layar
  • Tipe : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi : 5.5 inches, 1440 x 2560 pixels (~534 ppi pixel density)
  • Pelindung : Corning Gorilla Glass 5
  • Fitur :  Corning Gorilla Glass 5 back panel, Curved edge screen
Memori
  • Internal : 32 GB / 64 GB
  • Eksternal : microSD, up to 200 GB (uses SIM 2 slot)
  • Ram : 4 GB
Dapur Pacu
  • OS : Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset : Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 (Dual-core 2.15 GHz + dual-core 1.6 GHz) /GPU Adreno 530
  • Chipset :  Exynos 8890 Octa (Quad-core 2.3 GHz + quad-core 1.6 GHz) / GPU  Mali-T880 MP12
Konektivitas
  • Sim Card : Nano Sim
  • Internet : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat9 450/50 Mbps
  • GPS : A-GPS, GLONASS, BDS
  • Bluetooth :  v4.2, LE
  • Wifi : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • USB : microUSB v2.0, USB Host
Kamera Belakang
  • Resolusi : 12 Megapixel
  • Fitur : Aperture  f/1.7, phase detection autofocus, OIS, LED flash
  • Video : 2160p@30fps, 1080p@60fps
Kamera Depan
  • Resolusi : 5 Megapixel
  • Fitur : Aperture  f/1.7, dual video call, Auto HDR
  • Video : 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas : Non-removable Li-Ion 3600 mAh
  • Fitur : Fast battery charging: 83% in 30 min (Quick Charge 3.0), Wireless charging
Fitur
  • Sensor : Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
  • Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
  • IP68 certified – dust proof and water resistant over 1.5 meter and 30 minutes
  • Fingerprint Sensor
  • Always-on display

Harga Samsung Galaxy S7 Edge

Untuk harga Samsung Galaxy S7 Edge 32GB di Eropa, sesuai yang kami lansir dari website resmi Samsung ialah mencapai 639 Euro atau apabila kita rupiahkan sekitar Rp. 12.3 Jutaan. Namun kemungkinan harga di negara akan berbeda-beda, termasuk harga Samsung Galaxy S7 Edge di Indonesia, pasalnya Samsung akan memasarkan smartphone ini dalam varian memori internal 32GB dan 64G, serta membawa 2 jenus chipset berbeda. Apabila kita berkaca dari harga perdana Galaxy S6 Edge yang mencapai 12.5 Juta Rupiah saat pertama kali dipasarkan di Indonesia, kemungkinan harga Samsung Galaxy S7 Edge tidak akan jauh berbeda. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membelinya ?
Advertisement
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply