Arti Tanda Centang pada Pesan WhatsApp

Arti Tanda Centang pada Pesan WhatsApp - Tidak seperti BBM yang menggunakan tanda centang untuk Sent (pesan telah dikirim ke server BBM), ikon D untuk Delivered (pesan telah dikirim ke pengguna), dan R untuk Read (pesan telah dibaca oleh pengguna), WhatsApp hanya menggunakan tanda centang sebagai penanda status pesan.

Penggunaan tanda centang pada pesan WhatsApp seringkali menimbulkan kesalahpahaman. Banyak yang beranggapan bahwa dua tanda centang mengindikasikan bahwa pesan telah dibaca oleh pengguna, padahal sebenarnya 2 tanda centang berwarna abu-abu tersebut menandakan bahwa pesan baru dikirim ke pengguna, jadi belum tentu sudah dibaca.

Cara untuk mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum adalah dengan melihat kapan penerima pesan tersebut terlihat online (last seen). Meski begitu, berkat adanya fitur privasi pada WhatsApp, last seen bisa disembunyikan, dan mengetahui bahwa pesan telah dibaca atau belum menjadi semakin sukar dilakukan.

Arti Tanda Centang pada Pesan WhatsApp

Mengatasi masalah tersebut, di versi terbarunya, WhatsApp menambahkan tanda centang baru dengan warna biru yang menandakan bahwa pesan telah dibaca. Lebih lengkap mengenai arti tanda centang pada pesan WhatsApp bisa dilihat pada penjelasan singkat berikut.

   - Satu tanda centang > pesan dikirim ke server WhatsApp
- Dua tanda centang abu-abu > pesan telah dikirim ke pengguna WhatsApp
- Dua tanda centang biru > pesan telah dibaca oleh pengguna WhatsApp


Bagaimana dengan grup WhatsApp? Apakah tanda centang tersebut memiliki arti yang sama? Bisa dikatakan hampir sama, namun juga berbeda, selengkapnya simak arti tanda centang pada grup WhatsApp berikut ini.

   - Satu tanda centang > pesan dikirm ke server WhatsApp/pesan sudah diterima oleh beberapa anggota grup.
- Dua tanda centang abu-abu > pesan telah dikirim ke semua anggota grup WhatsApp/pesan sudah dibaca oleh beberapa anggota grup.
- Dua tanda centang biru > pesan telah dibaca oleh semua anggota grup WhatsApp


Nah, dengan begitu, Anda tak perlu bingung lagi dalam mengartikan tanda centang pada pesan WhatsApp. Dengan adanya dua tanda centang warna biru, Anda bisa mengetahui bahwa pesan WhatsApp Anda telah dibaca.

Tanjda centang WhatsApp

Untuk detailnya, silakan tap dan tahan pesan yang Anda kirim, kemudian tap pada ikon i (Message Info) untuk mengetahui kapan pesan tersebut dikirim dan dibaca (di dalam grup, Anda bisa mengetahui siapa saja yang sudah menerima/membaca pesan Anda dengan cara yang sama).

Post a Comment for "Arti Tanda Centang pada Pesan WhatsApp "