Berikut 7 Penyebab Koneksi Internet Android Lambat

Kenapa koneksi internet Android terkadang lambat? Ini kadang yang menjadi pertanyaan sering muncul bagi seorang pengguna ponsel Android. Koneksi internet yang lambat memang sangat menyebalkan apalagi ponsel Android tidak akan berfungsi dan tidak bisa browsing jika tanpa terhubung dengan internet. Selain itu banyak juga aplikasi Android yang harus memerlukan koneksi setiap waktu agar dapat aplikasi berjalan dan berfungsi dengan baik. Dan ketika koneksi internet Anda lambat, pastinya Anda akan kehilangan notifikasi atau pemberitahuan dari media sosial yang anda gunakan. Lalu, apa saja yang menyebabkan koneksi internet tersebut menjadi sangat lambat ? Silahkan simak ulasan mengenai 7 Penyebab Koneksi Internet Android Lambat di bawah.


Berikut ini 7 Penyebab Koneksi Internet Android Lambat.

1. Meletakkan ponsel di sembarang tempat

Ponsel Android yang Anda miliki tidak mempunyai antena eksternal sehingga sinyal yang diterima bergantung dari penempatan ponsel tersebut. Maka, jika menaruh dan memegang ponsel dengan cara yang salah dapat membuat ponsel kesulitan mencari sinyal. Hal ini biasa terjadi ketika menaruh di saku atau menggenggamnya dengan cara yang salah.

Anda harus tahu dimana lokasi antena internal smartphone Anda. Biasanya lokasi antena tersebut tidak sama untuk setiap produk, namun kebanyakan lokasi antena tersebut berada di bagian belakang.
Jika Anda menaruh ponsel Android, usahakan untuk memastikan posisi antena internal tersebut berada di atas dan tidak terhalang dengan benda-benda lainnya. Jauhkan dari benda-benda logam dan magnet serta peralatan yang mengandung listrik agar ponsel dapat menangkap sinyal dengan redudansi yang minim.

Ketika memegang ponsel, pastikan telapak tangan tidak menutupi bagian antena internet. Permasalahannya seperti sebelumnya, yaitu keadaan perangkat yang tertutupi oleh telapak tangan akan menghalangi sinyal sehingga mempersulit penerimaan koneksi jaringan. Hal ini dikarenakan telapak tangan manusia bersifat konduktor yang dapat menghantarkan dan mempengaruhi gelombang elektromagnetik.

2. Background proses terlalu banyak

Permasalahan selanjutnya yang dapat membuat koneksi internet melambat adalah banyaknya aplikasi dibelakang layar yang juga memerlukan koneksi yang cukup besar. Hampir semua aplikasi yang berjalan di background proses memerlukan koneksi data yang terus menerus. Aplikasi tersebut biasanya mensinkronisasi diri pada kondisi tertentu.

Misalnya saja satu aplikasi memerlukan sambungan data 10kb permenit. Bayangkan jika disaat bersamaan ada 20 aplikasi lain yang juga melakukan hal yang sama. Maka dalam satu menit akan ada penggunaan data sebesar 200 kb. Memang 200 kb bukanlah hal yang besar mengingat kita dapat mendownload file lebih cepat dari itu. Namun disini akan ada pembagian koneksi sehingga setiap aplikasi yang berjalan akan dibatasi baik background proses maupun aplikasi yang terlihat.

Agar internet anda lancar sentosa, matikan terlebih dahulu aplikasi seperti media sosial di latar belakang sebelum menggunakan aktifitas internet lainnya. Agar manajemen internet lebih baik, matikan juga update otomatis dari beberapa aplikasi sehingga penggunaan data tidak terbuang dan terkuras habis oleh aplikasi tersebut.

3. Jaringan yang sering berubah

Hal ini biasa terjadi di daerah perdesaan yang jauh dari BTS. Biasanya ketika jaringan 3G mulai menipis, perangat Android akan segera memutuskan koneksi dan berpindah ke jaringan GPRS. Berpindah-pindah jaringan dari 3G ke GPRS akan membuat koneksi internet menjadi lebih lambat.

Saat perpindahan jaringan terjadi, perangkat Android akan segera memutuskan koneksi tersebut dan beberapa saat kemudian akan mencoba menghubungkan dengan jaringan lainnya (GPRS). Ada sedikit jeda diantar perpindahan tersebut. Meskipun hanya beberapa mikrodetik, namun jika terjadi secara terus-menerus juga bukan menjadi hal yang baik.

Jika koneksi tidak stabil seperti itu, anda harus bisa memutuskan untuk memilih jaringan 3G Only atau GPRS Only. Jika anda memilih 3G Only, pastikan koneksinya stabil, maka internet akan berjalan dengan lancar jaya. Namun jika anda memilih GPRS Only, mau tidak mau pasti koneksinya tidak akan secepat internet di jaringan 3G. Tapi mau bagaimana lagi jika saat itu jaringan 3G sedang tidak ada atau bermasalah. 

 Baca Lainnya:  Cara Screenshoot di Semua Phonsel Android Tanpa Aplikasi

4. Salah setting jaringan

Kesalahan dalam mengatur proxy, vpn, username, password dan sebagainya akan menyebabkan internet tidak maksimal. Jika Anda tidak pernah mengotak-atik bagian pengaturan tersebut, maka kemungkinan besar bukan ini penyebabnya. Mengubah-ubah pengaturan proxy dan vpn lebih sering dilakukan oleh pengguna yang menginginkan koneksi internetnya semakin cepat tapi justru malah akan memperlambat.

Jika kita menggunakan layanan proxy dan VPN, secara langsung koneksi akan melalui server berbeda sebelum diteruskan ke internet. Melalui VPN tersebut ponsel akan dihubungkan ke website tujuan dengan izin dari penyedia layanan. Ketika server down (karena banyaknya pengguna) maka tidak salah jika koneksi juga ikut melambat.

5. Terkena Malware atau Virus

Hal ini sangat jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan jika perangkat Android yang sudah di root akan mudah terserang viurs. Biasanya virus tersebut ditularkan ketika menginstall aplikasi dari penyedia yang tidak dipercaya. Virus bisa saja memblokir koneksi pada aplikasi tertentu seperti operamini sehingga membuat internet lambat bahkan tidak terhubung sama-sekali.

6. Konflik jaringan pada aplikasi

Apakah anda pernah menginstall aplikasi server (localhost) di smatphone anda? Apakah anda pernah menginstall aplikasi pemblokir iklan dan sejenisnya? Jika anda pernah melakukan hal-hal tersebut, ada kemungkinan dapat berpengaruh pada koneksi internet yang sesungguhnya.

Secara normal, menginstall server localhost di Android memang tidak akan berpengaruh apapun pada kecepatan internet ponsel. Yang menjadi permasalahan adalah ketika konfigurasi server di localhost menutupi koneksi internet menuju situs luar. Ini bisa terjadi ketika mengubah file host yang mengatur dns dan Ip Address suatu situs.

Kemudian ada juga aplikasi pemblokir iklan dengan cara memblok koneksi ke jaringan iklan tersebut. Dengan terblokirnya koneksi ke salah satu server tujuan, maka iklan tidak akan tampil sambungan sebelumnya telah diblock. Yang bisa menjadi masalah yaitu jika memblokir koneksi aplikasi lain secara tidak sengaja.

7. Kemampuan perangkat lemah

Pengaruh dari radiasi luar, gelombang elektromagnetik, sering terjatuh dan lain-lain dapat menyebabkan penurunan kemampuan perangkat dalam berkoneksi internet. Ini adalah masalah pada hardware yang tidak dapat ditangani sendiri. Perlu teknisi khusus atau membawanya ke service center agar dapat diperbaiki. Semoga saja ini tidak terjadi di perangkat Android Anda.

Apakah hanya itu saja penyebab intenet lambat? Tentu saja tidak, masih banyak penyebab lain yang tidak ditulis disini. Internet melambat memang sangat menyebalkan. Cukup itu saja yang bisa admin bagikan pada kali ini mengenai 7 Penyebab Koneksi Internet Android Lambat. Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ponsel Android yang Mati secara Tiba-Tiba

Post a Comment for "Berikut 7 Penyebab Koneksi Internet Android Lambat"