Google Pixel dan Pixel XL Resmi Dirilis, Inilah Perbedaan Keduanya

Dua varian Smartphone buatan Google siap meramaikan pasaran, yaitu Google Pixel dan Pixel XL.  Kedua produk dengan brand Google Pixel ini merupakan Produk orisinal buatan Google, bukan berasal dari seri Nexus. Google Pixel dan Pixel XL sudah resmi diperkenalkan dalam sebuah acara di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa 4 Oktober 2016. Google Pixel dan Pixel XL memiliki desain dan spesifikasi yang sama. Namun ada perbedaan dari sisi dimensi layar serta resolusinya. Google Pixel membawa layar AMOLED 5 inci Full HD 1080 x 1920 pixels dan kerapatan layar mencapai 441 ppi, sementara Google Pixel XL berlayar AMOLED 5,5 inci Quad HD 1440 x 2560 pixels yang nantinya menghasilkan layar lebih tajam dengan kerapatan pixel sebesar 534 ppi. Untuk layarnya sendiri sudah dilindungi lapisan kaca Corning Gorilla Glass 4.

Sebagai smartphone jagoan dari Google, Pixel dan Pixel XL dibekali hardware yang tidak perlu diragukan lagi. Smartphone ini ditunjang prosesor tertinggi dari Qualcomm, yakni Snapdragon 821 yang dipadukan dengan processor Quad Core 64-Bit ditambah dengan RAM berkapasitas 4 GB, serta untuk pilihan storage 32 atau 128 GB.

Sisi kamera disebut jadi salah satu andalan dan daya jualnya. Kedua smartphone Google Pixel memiliki kamera 12 MP dengan sensor Sony IMX378 dan aperture F/2.0 yang dibekali fitur Phase Detection Autofocus serta Dual Tone LED Flash. Kamera ini diklaim memiliki kualitas terbaik di kelasnya karena sudah dimodifikasi dengan penambahan fitur HDR+. Kamera tersebut memiliki sensor berukuran 1.55 Micron pixel, sehingga semakin bisa diandalkan ketika mengabadikan momen pada kondisi low light. Kameranya juga bisa merekam video beresolusi 4K yang akan dioptimalkan kestabilan seta kejernihanya oleh fitur Electronic Image Stabilization.

Selain hardware, Google Pixel juga unggul dari sisi software. Sebagai smartphone milik Google, keduanya dipastikan hadir dengan OS Android 7.0 Nougat dan bakal selalu mendapat prioritas pembaruan nantinya.  Keduanya sama-sama dilengkapi fitur unlimited Google Photos yang nantinya bisa dipakai menyimpan foto beresolusi tinggi secara online.  Tak hanya itu, ada pula fitur Google Assistant (mirip Google Now) yang bisa mempermudah penggunaan.

Smartphone yang punya paduan bodi aluminium dan kaca ini akan hadir dalam pilihan warna black, silver, dan blue. Google juga melengkapinya dengan sensor sidik jari di bagian belakang. Sedangkan untuk kapasitas baterai Google Pixel tersedia 2.770 mAh, dan 3.450 mAh untuk Pixel XL dan sudah dilengkapi fitur fast charging. Dengan mengisi baterainya selama lima menit, Anda bisa menggunakannya selama tujuh jam. Menariknya lagi, kedua smartphone ini juga dibekali sertifikat IP53 yang membuatnya bisa bertahan terhadap cipratan air.

Sementara soal harga, sayangnya harga Google Pixel dan Pixel XL dibanderol sangat mahal. Kabarnya Google Pixel akan dipasarkan mulai dari USD$649 atau sekitar Rp. 7.4 Jutaan, dan untuk Google Pixel XL dibanderol USD$749 setara Rp. 9.7 Jutaan.


Perbedaan spesifikasi antara Google Pixel dan Pixel XL


Google Pixel Google Pixel XL
Operating System Android Nougat 7.1 Android Nougat 7.1
Processor Qualcomm Snapdragon 821 Qualcomm Snapdragon 821>
RAM 4 GB 4 GB
Layar Full HD 5-inch AMOLED 1920 x 1080 pixels Quad HD 5.5-inch AMOLED 2560 x 1440 pixels
Kamera Belakang 12MP f/2.0, 1.55-micron pixels, PDAF, Dual Tone LED Flash 12MP f/2.0, 1.55-micron pixels, PDAF, Dual Tone LED Flash
Kamera Depan 8MP 8MP
Baterai Non-removable 2,770mAh (Fast charging) Non-removable 3,450mAh  (Fast charging)
Konektivitas 4G LTE, Wi-Fi Dual Band, GPS (A-GPS, Glonass), USB Type-C, Bluetooth 4.2 4G LTE, Wi-Fi Dual Band, GPS (A-GPS, Glonass), USB Type-C, Bluetooth 4.2
Memori 32GB/128GB
Fitur Fingerprint Sensor, Sertifikat IP53, Google Assistant, Unlimited Google Photos Fingerprint Sensor, Sertifikat IP53, Google Assistant, Unlimited Google Photos
Warna Quite Black, Very Silver, Really Blue Quite Black, Very Silver, Really Blue
Harga USD$649 (Rp. 7.4 Jutaan) USD$749 (Rp. 9.7 Jutaan)

Post a Comment for "Google Pixel dan Pixel XL Resmi Dirilis, Inilah Perbedaan Keduanya"