Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1 Dual Kamera Belakang

Xiaomi resmi meluncurkan smartphone Android One Mi A1 dalam acara peluncuran di India. Smartphone ini merupakan varian dari Mi 5X (Versi Global) yang hadir dengan nama yang berbeda dan OS Android yang berbeda.

Xiaomi Mi A1 (Global Mi 5X)

Perbedaan Xiaomi Mi A1 dengan Mi 5X yang paling menonjol adalah Mi A1 menggunakan OS Android One (Android 7.1.w). Ini adalah ponsel pertama dengan kolaborasi Xiaomi dan Google. Mi A1 juga memiliki tagline:

 " Created By Xiaomi, Powered By Google "


Bagi Anda yang belum tahu, Android One ini adalah stok berbasis Android dengan aplikasi dan pengoptimalan default yang sudah ada sebelumnya, tidak seperti MIUI. Ditambah, Google juga merilis update Nougat segera untuk Android One. Namun, custom stock Android OS memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan:

Keunggulan Android One:

  • Tidak seperti MIUI, pengguna tidak perlu menunggu pembaruan, karena Google bertanggung jawab, update terbaru akan diberikan dalam waktu singkat
  • Pengalaman Android Murni dengan bug langka
  • Keunggulan unik dengan OS unik, terlepas dari semua smartphone Xiaomi lainnya yang berjalan di MIUI.
Kekurangan Android One:
  • Ini tidak lebih cepat dan lebih sederhana daripada MIUI 9
  • Bukan pengalaman sejati Xiaomi

Mi A1 hadir dengan bodi full metalik dan penampilan yang sangat mirip dengan Mi 5X. Perangkat ini akan tersedia dalam tiga warna seperti Black, Rose Gold dan Gold masing-masing. Semua varian warna memiliki fitur lapisan anti sidik jari.

Mi A1 menampilkan layar HD 5,5 inci yang menghasilkan resolusi 1.920 x 1080 piksel. Layarnya sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 3.0 sebagai pelindung yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pengaturan dual camera Mi A1 menggunakan lensa tele 12 megapiksel 50 mm dan lensa wide angle 12 megapiksel dengan lebar 26 mm yang akan menghadirkan DSLR seperti pengalaman menurut perusahaan.

Smartphone ini memiliki kamera depan 5 megapiksel dengan mode kecantikan real-time. Soal spesifikasi, Mi A1 menggunakan chipset Snapdragon 625 yang hemat daya dan juga RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB serta tersedia slot kartu microSD. Selain itu Mi A1 juga sudah dilengkapi port USB-C yang bisa digunakan untuk pengisian baterai 3.080mAh dengan cepat.

Perangkat ini akan menampilkan beberapa aplikasi Xiaomi yang mencakup aplikasi MIUI Camera, Mi Apps, Mi Store dan Mi Remote. Pengguna juga akan memiliki penyimpanan tak terbatas di Google Foto.

Sebagai Smartphone Android One, dikonfirmasi untuk menerima update Android O dan Android P.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1

Harga & Ketersediaan 


Xiaomi Mi A1 (4 + 64GB) di India dibanderol dengan harga Rs.14.999 INR atau setara $ 234. Ini merupakan rilis paling mahal oleh Xiaomi di India tahun ini. Tapi Anda tidak perlu heran jika harganya mahal karena smartphone ini memiliki fitur yang luar biasa termasuk ponsel kamera dual Xiaomi pertama dan juga Android One.

Selain India, ponsel ini akan tersedia secara global di 13 pasar di Asia, sepuluh di Eropa, sepuluh di Timur Tengah dan Afrika, dan empat di Amerika Tengah dan Selatan. Ini akan mulai dijual pada tanggal 12 September. Dan kabar baiknya Indonesia adalah termasuk salah satu negara yang kebagian Xiaomi Mi A1.

Xiaomi Mi A1 bakal resmi dirilis di Indonesia pada 20 September mendatang. Penjualan dilakukan pada beberapa toko online dan toko resmi Xiaomi Indonesia.Hal ini terlihat dari beberapa event Mi Indonesia yang mengatakan bahwa akan ada perilisan smartphone baru pada tanggal tersebut.

Untuk harga Xiaomi Mi A1 di Indonesia kemungkinan tidak akan beda dengan perilisan di India dalam versi Rupiah, yakni 3,1 jutaan.