Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Mi Max 3

unlock-bootloader-xiaomi-mi-max-3, xiaomi-mi-max-3

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Mi Max 3 - Xiaomi belum lama ini meluncurkan penerus baru seri Mi Max dengan Mi Max 3. Buat kalian yang telah memiliki ponsel Mi Max 3 yang ingin mem-flash atau me-root dan bahkan menginstal custom ROM, Anda perlu terlebih dahulu membuka kunci bootloader pada perangkat Anda.

Tapi, sebelum masuk panduan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi Max 3, mari kita lihat spesifikasi yang dibawa ponsel ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi Max 3
Dari segi spesifikasi Mi Max 3 memiliki beberapa kesamaan dengan Redmi Note 5. Sedangkan dari segi desain tampilan luar mirip dengan Mi 6X dengan desain antena band yang sama.

Untuk desain, Mi Max 3 tak tersemat satu tombol pun di panel depan, karena perangkat ini telah mengadopsi on screen button. Bodi depan Mi Max 3 berbahan kaca dan belakang terbuat dari aluminium dengan dimensi 176,15 x 87.4 x 7,99 mm dengan berat 211 gram.

Smartphone ini mengusung layar yang cukup besar IPS LCD dengan aspek rasio 18:9 berukuran 6,9 inci dengan resolusi Full HD Plus 2160 x 1080 piksel yang menawarkan pengalaman FullView Display. Mi Max 3 hadir dengan tampilan gaya bezeless yang membuatnya makin berkelas.

Mi Max 3 ini telah dibekali kamera belakang ganda beresolusi 12 MP dengan sensor 1,4 micron piksel serta aperture f/1.9 dan 5 MP dengan sensor 1,12 micron piksel dan aperture f/2.0. Sedangkan untuk kamera depannya, Xiaomi membekali Mix 3 lensa 8 MP.

Pada dapur pacu, Mi Max 3 mengadopsi prosesor Qualcomm, yakni chipset Snapdragon 636 octa-core dengan kecepatan 1,8 GHz dengan dibekali mikroarsitektur Kyro 260. Sementara untuk menunjang kinerjanya, prosesor ini dipadukan dengan GPU Adreno 509 yang ditunjang dengan 2 pilihan RAM dan ROM, yakni 4 GB / 64 GB dan 6 GB / 128 GB yang dapat ditambah dengan menggunakan slot microSD hingga 256 GB.

Mi Max 3 menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.5. Tapi dalam waktu dekat kemungkinan besar smartphone ini akan mendapatkan pembaruan ke versi terbaru, yakni MIUI 10.

Untuk baterainya, Mi Max 3 dibekali oleh baterai jumbo dengan kapasitas daya 5.500 mAh. Fast charging telah disematkan pada smartphone ini, sehingga pengisiian baterai jumbo ini akan lebih cepat.

Smartphone ini telah dibekali dengan fitur berbasis kecerdasan buatan, termasuk face unlock dan scene recognition.

Nah itu tadi merupakan spesifikasi lengkap yang ada pada ponsel Xiaomi Mi Max 3. Selanjutnya langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk unlock bootloader Mi Max 3. Namun untuk melakukan proses ini dibutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.
Berikut Persyaratan Sebelum  Melakukan Unlock Bootloader:

  • Buat cadangan semua data penting di smartphone Anda terlebih dahulu sebelum melakukan proses unlock bootloader
  • Pastikan smartphone Anda memiliki daya baterai setidaknya 70 % atau lebih, untuk menghindari ponsel kehabisan daya saat proses berjalan
  • Siapkan PC atau Laptop serta kabel USB untuk menghubungkan smartphone Anda ke PC
  • Download ADB & Fastboot Tools ke PC Anda dan mengekstraknya
  • Download MiFlash Unlock Tool dan ekstrak file zip
  • Download Xiaomi USB Drivers


Disclaimer: Melakukan unlock bootloader resmi Xiaomi Mi Max 3 akan membatalkan garansi perusahaan perangkat Anda. Jadi, untuk setiap kerusakan yang terjadi selama atau setelah proses unlock bootloader resiko ditanggung sendiri.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi Max 3:

  • Pertama-tama aktifkan “Opsi Pengembang” dengan cara masuk ke menu "Setelan >> Tentang Ponsel", kemudian klik 6-7 kali pada opsi "Versi MIUI" hingga muncul pesan dilayar "Sekarang anda adalah seorang pengembang!".
  • Aktifkan “USB Debugging dan OEM Unlock” dengan cara masuk ke menu "Setelan >> Setelan Tambahan, kemudian scrol ke bawah dan pilih Opsi Pengembang dan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock
  • Pastikan Anda telah mengunduh MiFlash Unlock Tool dan mengekstraknya
  • Selanjutnya buka MiFlash Unlock dari folder telah Anda ekstrak, kemudian pilih "Agree" 
    unlock-bootloader-xiaomi-mi-max-3, xiaomi-mi-max-3, miflash-unlock-tool
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk masuk dengan menggunakan Akun Mi Anda
  • Setelah masuk, proses validasi akan dimulai dan Anda akan mendapatkan pesan bahwa "Your device is not Supported". Tapi jangan khawatir! Berikutnya Anda tinggal Klik tombol "Go" untuk membawa Anda ke halaman resmi unlock update miui 
    unlock-bootloader-xiaomi-mi-max-3, xiaomi-mi-max-3, miflash-unlock-tool
  • Selanjutnya akan muncul layar biru pada halaman dengan teks "Unlock Your Mi Device", dan tinggal Anda klik "Unlock Now
    unlock-bootloader-xiaomi-mi-max-3, xiaomi-mi-max-3, miflash-unlock-tool
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk masuk kembali dengan Mi Account. Jadi login dan Isi data Anda dengan Nomor Ponsel Anda
  • Selanjutnya Anda akan menerima OTP untuk verifikasi di ponsel Anda dan kemudian masukkan nomor OTP tadi di browser untuk menyelesaikan proses (tunggu sampai aplikasi Anda diterima)
  • Selanjutnya setelah Aplikasi Anda disetujui, Anda akan kembali menerima OTP di nomor telepon terdaftar Anda. Dan kemudian konfirmasikan nomor OTP pada layar Unlocking
  • Buka MiFlash Unlock Tool dari folder yang diekstrak dan sekarang Anda telah memiliki izin untuk membuka kunci ponsel.
  • Setelah ponsel Anda terhubung, tombol Buka kunci akan menjadi aktif.
  • Cukup Klik pada Unlock dan bootloader dan ponsel Anda telah berhasil dibuka.
Nah itulah cara mudah unlock bootloader Xiaomi Mi Max 3. Mudah Bukan! Selanjutnnya Anda dapat menginstal TWRP Recovery dan Root Mi Max 3 Anda.

              Share this

              Artikel Menarik Lainnya

              Next Article
              Next Post
              Previous Article
              Previous Post
              Komentar

              No comments