Cara Meningkatkan Kinerja Ponsel Pada Android Oreo


Dengan Android Oreo yang telah terinstal  atau menerima pembaruan Android Oreo akan mempengaruhi pada kinerja ponsel yang lebih baik. Namun tidak semua ponsel yang menjalankan Android Oreo menampilkan kinerja yang terbaik dan bahkan mengalami macet dengan aplikasi data.

Nah kemungkinannya, anda harus melakukan sedikit pembersihan di beberapa titik di ponsel anda. Dengan sedikit mengutak-atik beberapa pengaturan pada ponsel anda, dapat membuat ponsel lebih cepat dan lancar.

Berikut cara menggunakan tweak untuk mendapatkan kinerja terbaik pada Android 8.0 Oreo:

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan menyedot daya baterai, sehingga dapat merusak kinerja dan ketahanan ponsel dalam mengisi daya. Jika anda menggunakan ponsel buatan Google, anda mungkin tidak menemukan banyak bloatware atau konten yang sudah terpasang di ponsel anda yang harus dihapus. Namun untuk ponsel dari produsen lain sering kali dipasangkan banyak aplikasi yang mungkin sedikit membantu anda. Untuk itu anda perlu menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan.

Caranya: Tekan dan tahan aplikasi di layar beranda atau laci aplikasi dan mulai menyeretnya ke atas. Saat anda menyeret, akan melihat ikon Hapus pemasangan di bagian atas ponsel. Seret ikon ke sana dan lepaskan. Anda juga dapat masuk ke halaman info untuk aplikasi tertentu dengan menekan lama pada ikon dan menghapusnya dari sana.

2. Aktifkan Penghemat Data di Google Chrome
Penghemat data menggunakan server Google untuk mengkompres halaman web dari jauh sebelum mengirimkannya ke anda, akan menghemat perangkat dan juga menghemat waktu untuk memuatnya dan juga mengurangi konsumsi data anda. Namun untuk situs pribadi yang menggunakan HTTPS tidak dapat dioptimalkan menggunakan penghemat data, sehingga mereka akan terus datang secara normal.

Caranya: Buka Google Chrome dan ketuk menu di sudut atas yang diwakili oleh tiga titik vertikal, kemudian ketuk "Setelan". Gulir ke bawah dan ketuk "Penghemat Data".

3. Aktifkan Penghemat Data di Android
Penghemat data Android  awal diperkenalkan di Android Nougat, untuk membatasi aktivitas latar belakang untuk sebagian besar aplikasi. Perlu diketahui, ini akan mempengaruhi tindakan dalam aplikasi sebagai contoh: untuk melihat gambar pada resolusi penuh mengharuskan anda untuk menekan gambar terlebih dahulu.

Caranya: Buka "Setelan" dan ketuk "Penggunaan Data". Lalu ketuk "Penghemat Data" untuk mengakses layar ke tempat fitur dapat dinyalakan atau dimatikan.

4. Percepat Animasi Dengan Opsi Pengembang
Pengaturan animasi memungkinkan anda mengatur kecepatan animasi menjadi dua kali lebih cepat atau menonaktifkannya sepenuhnya untuk menghemat lebih banyak waktu antara membuka aplikasi, kembali ke layar beranda dan masih banyak lagi.

Caranya: Pertama, Aktifkan Opsi Pengembang dengan cara buka "Pengaturan >> Sistem >> Telepon". Mulai berulang kali mengetuk Nomor Bangun hingga petunjuk di layar memberitahu anda bahwa anda telah mengaktifkan Opsi Pengembang. Kembali ke menu "Sistem" dan ketuk "Opsi Pengembang", yang sekarang seharusnya muncul dalam daftar setelah diaktifkan dengan langkah sebelumnya. Gulir ke bawah ke "Matikan Gambar" dan identifikasi skala animasi window, skala animasi transisi dan skala durasi animator. Nilai default untuk semua ini adalah 1x, tetapi kami ingin merubahnya menjadi 0,5x atau menonaktifkan sepenuhnya.


5. Batasi Data Layar Untuk Aplikasi Tertentu
Aplikasi tertentu yang menghabiskan persentase yang luar biasa dari memori maupun masa pakai baterai anda. Dengan Android Oreo membuat mudah anda mematikan aktivitas latar belakang pada basis per aplikasi.

Caranya: Akses layar Info Aplikasi untuk aplikasi yang ingin anda batasi, baik dengan menekan lama ikon dan mengetuk Info Aplikasi, atau dengan masuk "Setelan" lalu Halaman Aplikasi & Notifikasi, atau menyeret ikon aplikasi ke Info Aplikasi pada layar utama. Setelah itu ketuk "Penggunaan Data", kemudian alihkan "Tombol Pusat Data Latar Belakang" ke nonaktif.


6. Bersihkan Cache
Membersihkan cache mungkin diperlukan setiap waktu untuk membuang file-file sementara yang menumpuk dari aplikasi. Meskipun file ini disimpan untuk mempercepat pemuatan dan pembukaan, terkadang mereka memperlambat semuanya, terutama jika anda telah menggunakan aplikasi ini untuk jangka waktu yang sangat lama.

7. Restart Ponsel
Menggunakan ponsel terus sampai begitu jarang me-restart atau mematikan ponsel dapat memperburuk kondisi ponsel. Banyak yang tidak menyadari me-restar dapat memecahkan masalah kinerja ponsel. Nah, sekarang restart ponsel anda untuk menjaga performa dan kondisi perangkat anda.

Share this

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments