Tips dan Trik iPhone X Bagi Pengguna Baru


iPhone X merupakan ponsel high-class yang hadir dengan tampilan layar tanpa bingkai dengan ukuran layar 5.88 inci berteknologi OLED. Ponsel ini dibekali hardware yang super canggih, yakni dibekali dengan chipset Apple A11 Bionic yang didukung CPU super cepat Hexa-core, serta ditunjang grafis GPU Apple Three Core Graphic dan RAM 3GB yang menjadikan performa ponsel ini semakin kencang.

iPhone X hadir dengan membawa fitur dan teknologi terbaru, seperti fitur FaceID yang merupakan teknologi pembukaan kunci layar dengan menggunakan deteksi wajah yang sangat akurat.

Karena iPhone X merupakan ponsel penerus dari generasi iPhone sebelumnya, maka ada banyak trik baru untuk dipelajari. Maka bagi pengguna baru iPhone X jangan khawatir kami berikan tips dan triknya.

Berikut tips dan trik pada iPhone X :
1. Paksa Mulai Ulang iPhone X
Kurangnya tombol beranda berarti banyak fungsi iPhone yang lalu telah dipetakan ulang ke perangkat keras atau perangkat lunak lain di iPhone X. Untuk memaksa me-restart iPhone X perlu dengan menekan dan dengan cepat melepaskan tombol Volume Up, tekan dan dengan cepat lepaskan tombol Volume Down, lalu tekan dan tahan tombol Side.

2. Kontrol Apa Yang Tidak Diaktifkan Oleh Face ID
Face ID merupakan pengganti cara anda membuka kunci iPhone anda, yang sebelumnya anda harus meletakkan jari anda pada tombol Home yang sekarang sudah hilang dan sekarang hanya tinggal melihat aja untuk membukanya.

Tetapi Face ID juga dapat digunakan untuk melakukan pembelian di App Store dan di aplikasi mengautentikasi pembayaran Apple-Pay dan mengisi formulir secara otomatis di Safari. Namun anda tidak perlu mengizinkan Face ID untuk melakukan semua hal ini jika anda tidak menginginkannya. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan setiap fitur Face ID dengan membuka "Setting >> Face ID and Passcode".




3. Trigger SOS
SOS adalah mode pada iPhone yang memungkinkan anda menghubungi layanan darurat dengan cepat. Untuk menampilkan atau mengeluarkan SOS dengan cara tekan tombol Side dan tombol Volume selama enam detik, alternatif lainnya anda dapat menekan tombol Side lima kali berturut-turut.

4. Selalu Tampilkan Notification Previews
Salah satu fitur keren dari iPhone X adalah notifikasi yang disembunyikan secara otomatis dan hanya akan menampilkan konten mereka jika anda melihat perangkat. Dengan kemampuan ini, berarti orang lain yang memiliki akses ke ponsel anda tidak tidak dapat melihat detail pemberitahuan yang anda terima di layar kunci.

Tetapi anda dapat menonaktifkan ini jika menginginkannya, dengan cara masuk ke "Settings >> Notifications >> Show Previews and Choose Always, When Unlocked, or Never".

5. Menyesuaikan Control Center
Pada iPhone X ini, control center mengalami perombakan besar di iOS 11. Tindakan sekarang jauh lebih mudah diterapkan dan memiliki tata letak yang lebih baik. Tetapi anda juga dapat menyesuaikan Control center lebih lanjut di iPhone anda jika menginginkannya. Untuk melakukannya dengan cara masuk ke "Setting >> Control center >> Customize Controls". Sebagai contoh, jika anda tidak sering menggunakan Senter dan ingin menghapus tombolnya dari Control Center dan menggantikannya dengan aplikasi yang sering anda gunakan.

6. Gunakan One-handed Keyboard
iPhone memiliki layar yang sangat besar dan terkadang membuat penggunaan satu tangan agak sulit jika tangan anda berada pada ukuran yang lebih kecil. Untuk mengatasi hal ini, Apple telah memiliki  perangkat lunak keyboard satu tangan.
Untuk mengaksesnya cukup ketuk ikon keyboard emoji di aplikasi apapun yang menggunakan keyboard dan kemudian pilih ikon keyboard kiri atau kanan untuk menggeser semua tombol keyboard ke satu sisi.


7. Hentikan Cepat / Paksa Aplikasi
Tanpa adanya tombol Home, sepertinya anda tidak dapat memaksa keluar dari aplikasi. Tetapi semua itu ternyata bisa, yakni melakukannya dengan cara memunculkan pengalih aplikasi. Lakukan ini dengan mengusap / menggesek pada Home Bar dari bagian bawah layar manapun. Setelah aplikasi muncul, gesre ke salah satu yang ingin anda paksa berhenti dan ketuk serta tahan di atasnya. Setelah tanda minus di titik merah muncul, ketuk titik atau geser ke atas pada aplikassi untuk memaksa berhenti.

8. Membawa Kembali Tombol Home
Cara ini tidak dapat benar-benar mengembalikan fisik tombol Home, tetapi ada cara anda dapat menggantikannya dengan menggunakan perangkat lunak di iOS. Untuk melukakannya, yakni dengan cara buka "General >> Accessibility >> Assictive Toucch" dan aktifkan. Sekarang anda dapat melihat tombol Home virtual di layar anda yang dapat disesuaikan untuk mengaktifkan pintasan.

Nah demikian tips dan trik iPhone X bagi pengguna baru, semoga bermanfaat.

Share this

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments