Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum

cara-mengecek-ponsel-sudah-di-root-atau-belum-01

Setiap sistem operasi pada ponsel pasti memiliki batasan yang menghalangi pengguna untuk mengubah sistem yang telah dibuat oleh produsen resminya. Namun bagi sistem operasi yang bersifat open source seperti Android, batasan tersebut bisa dihilangkan agar pengguna bisa mengambil alih dan mengakses semua file tanpa batas. Proses penghilangan batasan ini dinamakan root atau sistem rooting. Fungsi dari root adalah untuk memudahkan pengguna melakukan kustomisasi dan modifikasi ponsel agar terlihat lebih menarik dan berkualitas.

Buat kalian pecinta gadget yang suka membeli ponsel second atau bekas sebagai pilihan utama. Maka wajib untuk paham cara mengetahui ponsel yang sudah di root atau belum. Karena root merupakan tanda bahwa ponsel sudah tidak tersegel, atau tidak menurut program dan sistem bawaan produsen resminya.

Langsung saja buat kalian yang ingin tahu cara mengecek ponselnya apakah sudah di-root atau belum? dapat mengeceknya melalui aplikasi bernama Root Checker.

Cara Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum
  • Pertama-tama Unduh dan instal aplikasi Root Checker dari Google Play store atau Download Root Checker APK.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Root Checker. Kemudian ketuk tombol "Agree".
  • Selanjutnya ketuk "Verifi Root" untuk mulai menjalankan. 
    cara-mengecek-ponsel-sudah-di-root-atau-belum-02
  • Aplikasi Root Checker akan langsung mengonfirmasi bahwa ponsel Anda telah di-root atau belum. Jika perangkat Anda berhasil di-root, maka akan muncul tulisan “Congratulations! Your device has root access”  
    cara-mengecek-ponsel-sudah-di-root-atau-belum-03
  • Sedangkan jika belum diroot, maka aka ada kotak dialog berwarna orange, yang bertuliskan “Sorry! Root access is not properly installed on this device” 
    cara-mengecek-ponsel-sudah-di-root-atau-belum-04

Demikian informasi cara mengecek ponsel yang sudah di-root atau belum. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum"