Cara Mudah Melakukan Pengetesan Perangkat Keras di Semua HP Xiaomi

cara-melakukan-pengetesan-perangkat-keras-di-semua-hp-xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu vendor smartphone yang sedang merajai pasar smartphone di Indonesia. Dengan menghadirkan smartphone berspesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang bisa dibilang terjangkau inilah yang menjadikan smartphone Xiaomi banyak diminati. Namun perlu diketahui, bahwa smartphone Xiaomi yang masuk ke Indonesia tidak semuanya melalui distributor resmi. Sehingga kita sebagai konsumen harus berhati-hati dalam membeli smartphone Xiaomi. Apabila kita membeli smartphone Xiaomi yang resmi maka akan aman-aman saja karena akan mendapatkan garansi resmi, sedangkan kalau kita membeli yang bukan resmi maka akan kesulitan untuk mendapatkan garansi apabila terdapat cacat produk.

Untuk itu kita sebagai konsumen harus lebih teliti dalam melakukan pengecekan unit smartphone saat pembelian agar terhindar dari smartphone yang cacat produk. Mungkin kita biasanya hanya melakukan pengecekan fisik dan mencoba beberapa fitur saja sebelum membeli smartphone. Tapi alangkah baiknya kalo kita mengecek hardware atau perangkat kerasnya juga. Karena dengan melakukan pengecekan pada hardware kita dapat memastikan semua komponen perangkat keras bekerja dengan baik pada smartphone Xiaomi.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Lupa Pola, Sandi atau Password Tanpa Hapus Data

Sebenarnya Xiaomi telah menyediakan menu pada ROM MIUI untuk dapat kita gunakan untuk melakukan testing pada semua komponen perangkat keras, sehingga kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan menu ini kita dapat menguji seluruh sensor, perangkat input output, komponen layar (LCD dan Touchscreen), kamera, bluetooth dan yang lainnya.

Cara Melakukan Pengetesan Perangkat Keras di Semua HP Xiaomi 

# Cara Pertama
Masuk ke dialler, tekan *#*#64663#*#* lalu tekan tombol telepon. Selanjutnya akan muncul tampilan menu tes hardware Xiaomi seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
cara-melakukan-pengetesan-perangkat-keras-di-semua-hp-xiaomi-via-dial

Informasi daftar menu yang ditampilkan bisa saja berbeda antara perangkat xiaomi satu dengan yang lain tergantung dukungan hardware perangkat tersebut.

Jika cara ini tidak berhasil, Anda dapat menggunakan cara yang kedua.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di Semua HP Xiaomi

# Cara Kedua
1. Buka aplikasi "Settings atau Setelan"
2. Selanjutnya buka menu "Tentang ponsel"
3. Setelah itu klik sebanyak 4 kali pada menu Versi Kernel hingga muncul "CIT".
4. Selanjutnya silahkan Anda uji semua komponen yang ada dan pastikan semua bekerja dengan baik. (Disarankan untuk melakukan single test (bukan automatic test) karena Anda akan lebih mudah untuk melakukan testing tiap komponen hardware)
cara-melakukan-pengetesan-perangkat-keras-di-semua-hp-xiaomi-via-pengaturan

5. Jika ada yang bermasalah, Anda bisa lebih cepat klaim garansi ke toko.

Demikianlah artikel cara melakukan pengetesan perangkat keras di semua hp xiaomi. Semoga dengan cara diatas Anda bisa mendapatkan smartphone Xiaomi yang tidak cacat produk dan berjalan dengan normal. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Share this

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments