Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Mi Remote Tidak Bisa Digunakan

cara-mengatasi-aplikasi-mi-remote-tidak-bisa-digunakan

Mi Remote merupakan aplikasi unggulan Xiaomi untuk mengontrol perangkat elektronik seperti TV, AC, Mi TV, Mi Box, Kipas Angin, DVD Player dan perangkat elektronik lainnya dengan menggunakan IR (infrared).

Aplikasi Mi Remote kompatibel dengan perangkat Xiaomi dan juga hampir semua merek perangkat elektronik lainnya, seperti Samsung, LG, Sony, Panasonic, Sharp, Haier, Videocon, Micromax, Onida, dan lain-lain dengan syarat perangkat Anda telah dilengkapi dengan IR blaster.

Meski perangkat telah dilengkapi dengan IR Blaster, namun terkadang ada juga perangkat yang terkendala untuk bisa menggunakan aplikasi Mi Remote. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut Beberapa Penyebab Aplikasi Mi Remote Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya
1. Pastikan perangkat Anda terdapat fitur Infrared
Sebelum mengunduh dan menginstall aplikasi Mi Remote, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat Anda memiliki fitur Infrared. Karena tanpa Infrared aplikasi Mi Remote tidak bisa dipakai.

2. Cek Sensor Infrared 
Untuk memastikan agar Anda dapat bisa menggunakan aplikasi Mi Remote Anda harus mengecek terlebih dahulu sensor Infrared perangkat Anda. Apakah sensor Infrared perangkat Anda masih normal atau sudah error?  Untuk memastikannya Anda dapat mencoba perangkat Anda untuk meremote beberapa alat elektronik seperti TV atau AC. Jika alat elektronik yang Anda coba remote merespon berarti sensor infrared perangkat Anda masih normal. Namun apabila tidak merespon kemungkinan sensor infrared perangkat Anda mengalami masalah. 

Untuk langkah pertama Anda dapat mencoba membersihkan infrared di perangkat Anda, karena bisa jadi sensor infrared perangkat Anda tertutup kotoran sehingga tidak bisa digunakan. Namun bila masih tidak bisa, kemungkinan besar sensor infrared perangkat Anda sudah rusak. Untuk memperbaikinya, Anda dapat langsung mengunjungi service center perangkat Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Mi Remote

3. Cek akses jaringan latar belakang aplikasi Mi Remote
Untuk menambahkan remote pada aplikasi Mi Remote ini dibutuhkan sambungan jaringan internet untuk mengunduh data remote, sehingga Anda perlu mengaktifkan Data latar belakang untuk aplikasi Mi Remote ini.

Anda dapat masuk ke menu "Pengaturan >> Penggunaan Data", lalu pilih "Mi Remote". Selanjutnya aktifkan "Data latar belakang" untuk akses jaringan latar belakang.
cara-mengatasi-aplikasi-mi-remote-tidak-bisa-digunakan-01

4. Bersihkan cache dan data aplikasi Mi Remote
Jika sensor infrared normal dan jaringan internet tersambung, namun aplikasi Mi Remote belum bisa digunakan maka Anda dapat mencoba untuk membersihkan cache aplikasi Mi Remote.

Anda dapat masuk ke menu "Pengaturan >> Aplikasi Terinstall", lalu pilih aplikasi "Mi Remote". Selanjutnya silahkan bersihkan cache dan data pada aplikasi Mi Remote.
cara-mengatasi-aplikasi-mi-remote-tidak-bisa-digunakan-02
5. Update aplikasi Mi Remote Anda ke versi terbaru
Anda dapat meng-update aplikasi Mi Remote ke versi yang terbaru. Silahkan Anda buka aplikasi Google Playstore, lalu cari aplikasi Mi Remote dan selanjutnya klik "Update".

6. Pastikan merk dan versi perangkat elektronik sudah sesuai
Langkah yang terakhir adalah memastikan bahwa saat menggunakan Mi Remote Anda memilih merk dan versi perangkat elektronik sudah benar. Karena jika tidak sama maka Mi Remote tidak akan berfungsi.

Nah itulah cara mengatasi aplikasi Mi Remote tidak bisa digunakan. Semoga dengan Anda mengikuti langkah-langkah diatas Anda dapat mengatasinya. Selamat Mencoba.

Baca Juga: Cara Mudah Melakukan Pengetesan Perangkat Keras di Semua HP Xiaomi

Share this

Artikel Menarik Lainnya

This Is The Newest Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments