Tanggal Rilis Android P dan Beberapa Fitur Menarik di Dalamnya


Beberapa waktu yang lalu Google telah secara resmi mengumumkan versi terbaru dari sistem operasi Android, yakni Android P. Android P merupakan penerus dari sistem operasi Android O ( Android Oreo ). Saat ini Android P masih dalam tahap pengembangan, sehingga sistem operasi ini masih dalam versi beta. Sistem operasi ini akan dirilis resmi pada agenda konferensi I/O 2018 pada bulan Mei mendatang.

Rumor fitur-fitur yang akan hadir dalam Android P terus merebak. Dan berikut fitur-fitur yang kemungkinan  akan hadir di Android P:

1. Multi-Kamera
Perangkat yang sudah menjalankan Android P, sekarang dapat mengakses streaming secara bersamaan dari dua atau lebih kamera.

2. Keamanan Untuk Aplikasi
Di Android P UI yang lebih konsisten untuk otentikasi sidik jari di seluruh aplikasi dan perangkat. Android P sekarang menyediakan dialog sistem standar untuk meminta pengguna menyentuh sensor sidik jari, mengatur teks dan penempatan yang sesuai untuk perangkat. Aplikasi dapat memicu dialog sidik jari sistem menggunakan Fingerprint Dialog API baru. Sebagai bagian dari upaya yang lebih besar utnuk memindahkan semua lalu lintas jaringan dari cleartext (HTTP yang tidak dienkripsi) ke TLS, Google juga mengubah deafult untuk Network Security Configuration untuk memblokir semua lalu lintas cleartext. Jika kita menggunakan Network Security Configuration, kita sekarang harus membuat koneksi melalui TLS, kecuali kita secara eksplisit memilih untuk menghapus teks untuk domain tertentu.

3. Privasi Untuk Pengguna
Android P membatasi akses ke mikrofon, kamera dan semua SensorManager dari aplikasi yang tidak bekerja, sehingga untuk lebih memastikan privasi.

4. Indoor Positioning Dengan Wi-Fi RTT
Android P menambahkan dukungan platform untuk protokol Wi-Fi IEEE 802.11mc atau yang dikenal sebagai Wi-Fi Round Trip Time (RTT) agar kita dapat memanfaatkan posisi dalam ruangan di aplikasi kita.

Di perangkat Android P dengan dukungan perangkat keras, izin lokasi dan lokasi diaktifkan, aplikasi kita dapat menggunakan API RTT untuk mengukur jarak ke Titik Akses WiFi terdekat (AP). Perangkat tidak perlu terhubung ke AP untuk menggunakan RTT dan untuk menjaga privasi hanya ponsel yang bisa menentukan jarak, bukan AP.

5. Pemberitahuan Perpesanan Yang Ditingkatkan
Gaya Notifikasi MessagingStyle yang baru ini dapat menyoroti pesan siapa dan bagaimana kita bisa membalasnya. Kita dapat menunjukkan percakapan, melampirkan foto dan stiker.

6. Dukungan Display Cutout (Memotong Layar)
Kini aplikasi dapat memanfaatkan sepenuhnya layar perangkat terbaru dengan konten layar penuh. Google telah menambahkan Display Cutout ke dalam platform bersama dengan AP yang dapat kita gunakan untuk mengelola konten kita ditampilkan..

7. ImageDecoder untuk Bitmaps dan Drawables
Android P memberikan kemudahan untuk memecahkan kode gambar menjadi bitmaps atau drawables. Android P menawarkan keunggulandibanding BitmapFactory, termasuk dukungan untuk penskalaan yang tepat dan dukungan untuk pemrosesan pos dalam decode dan decoding gambar animasi.

8. Sensitivitas Biaya Data di JobScheduler
Di Android P, JobScheduler menangani pekerjaan yang berhubungan dengan jaringan yang lebih baik bagi pengguna, berkoordinassi dengan sinyal status jaringan yang disediakan secara terpisah oleh operator.

9. Neural Networks API 1.1
Google memperkenalkan Neural Networks API 1.1 di Android 8.1 untuk mepercepat pembelajaran mesin di perangkat android. Sementera di Android P, telah diperluas dan diperbaiki API ini, dengan menambahkan dukungan untuk sembilan ops baru ( Pad, BatchToSpacedND, SpaceToBatchND, Transpos, Strided Slice, Mean, Div, Sub dan Squeeze ).

10. HDR VP9 Video, Kompresi Gambar HEIF dan API Media
Android P menambahkan dukungan built-in untuk HDR VP9 Profile 2, sehingga dapat menghadirkan film berkemampuan HDR kepada pengguna dari YouTube, Play Movies dan sumber lainnya pada perangkat berkemampuan HDR.

11. Open Mobile API untuk pembayaran NFC dan Transaksi Aman
Android P telah menambahkan implementasi API Global Platform Open Mobile ke Android. Pada perangkat yang didukung, aplikasi dapat menggunakan API OMAPI untuk mengakses
secure elements (SE) untuk mengaktifkan pembayaran smart-card dan layanan aman lainnya.

12. Efisiensi Daya 
Android P telah menyempurnakan Doze, App Standby dan Background Limits untuk lebih meningkatkan masa pakai baterai.

Untuk memastikan fitur-fitur yang akan dihadirkan dalam Android P, mari kita tunggu Google meluncurkan secara resmi. Tunggu update terbaru tentang Android P dari Bilik Android dan jangan lupa share pada teman-teman lewat media sosial seperti facebook dan twitter.

Share this

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments