Cara Instal TWRP dan Root Pada Redmi 6A dan Redmi 6

cara-install-twrp-dan-root-redmi-6a-dan-redmi-6-xiaomi-01, root-redmi-6a-dan-redmi-6, instal-twrp-redmi-6a-dan-redmi-6


Beberapa waktu yang lalu Xiaomi meluncurkan dua ponsel terbarunya di Indonesia, yakni Redmi 6A dan Redmi 6. Kedua ponsel ini hadir dengan menawarkan sedikit peningkatan, meskipun secara spesifikasi tidak terlalu istimewa jika dibandingkan dengan versi pendahulunya

Redmi 6A dan Redmi 6 ini terlihat sama kalo dilihat dari sisi desain. Meski begitu, keduanya memiliki beberapa perbedaan mencolok di sektor komponen dan spesifikasinya.

Xiaomi membekali kedua ponsel ini dengan layar yang sama, yakni 5,45 inci dengan resolusi 1440×720 piksel HD Plus. Mendukung kesan kekinian smartphone ini hadir dengan layar dengan aspek rasio 18:9 dan 80,5 % screen body to ratio.

Dari sisi kamera, Redmi 6A dibekali kamera tunggal 13 MP di sektor kamera belakang. Sedangkan untuk Redmi 6, Xiaomi membekali dengan dual kamera pada sisi belakang dengan kombinasi 12 MP + 5 MP.

Untuk sektor kamera depannya, Redmi 6A maupun Redmi 6 sama-sama dibekali dengan kamera tunggal 5 MP dengan fitur AI Portrait Mode.

Dari sisi jeroan, Chipset yang disematkan pada Redmi 6A dan Redmi 6 sama-sama besutan MediaTek, hanya saja serinya yang berbeda. Xiaomi telah membekali Redmi 6A dengan chipset jenis MediaTek Helio A22 yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 2 GB serta ROM 16 GB.

Sedangkan untuk Redmi 6 telah menggunakan chipset jenis MediaTek Helio P22 yang dipadukan dengan dua pilihan kapasitas RAM 3GB / ROM 32 GB dan RAM 4GB / ROM 64 GB. Namun keduanya masih bisa diperluas dengan slot microSD hingga kapasitas 256 GB.

Baca Juga: Cara Root dan Instal TWRP pada Pocophone F1

Dari sisi kapasitas baterai, kedua ponsel ini sama-sama dibekali dengan kapasitas 3.000 mAh, lebih kecil dari seri pendahulunya. Sedangkaan untuk sistem operasinya, Redmi 6A dan Redmi 6 sama-sama berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.0.

Buat kalian yang telah memiliki Redmi 6A ataupun Redmi 6 yang ingin melakukan modifikasi sistem seperti mengganti custom ROM, menghapus aplikasi sistem Android, dan menjalankan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses ke sistem dapat memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting ponselnya dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

* Persiapan: 
  • Buat cadangan semua data penting di smartphone anda
  • Pastikan smartphone anda memiliki daya baterai setidaknya 70%
  • Unduh ADB, lalu ekstrak ke PC anda
  • Unduh File Magisk, lalu simpan di ponsel anda
Unduh salah satu file TWRP dibawah ini sesuai dengan tipe ponsel anda, setelah itu ganti namanya menjadi "twrp.img". Kemudian copy ke folder yang sama tempat anda mengekstrak ADB Kit pada PC anda.

Disclaimer: Melakukan rooting akan membatalkan garansi perusahaan perangkat Anda. Jadi, untuk setiap kerusakan yang terjadi selama atau setelah proses instalasi resiko ditanggung sendiri.

* Cara Unlock Bootloader Redmi 6A dan Redmi 6
  •  Aktifkan “Opsi Pengembang” dengan cara masuk ke menu "Setelan >> Tentang Ponsel", kemudian klik 6-7 kali pada opsi "Versi MIUI" hingga muncul pesan dilayar "Sekarang anda adalah seorang pengembang!".
  •  Aktifkan “USB Debugging dan OEM Unlock” dengan cara masuk ke menu "Setelan >> Setelan Tambahan, kemudian scrol ke bawah dan pilih Opsi Pengembang dan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
cara-install-twrp-dan-root-redmi-6a-dan-redmi-6-xiaomi-02, root-redmi-6a-dan-redmi-6, instal-twrp-redmi-6a-dan-redmi-6
  • Buka situs web ini http://en.miui. com/unlock/ dan klik "Unlock Now" dan anda akan diminta untuk mengisi formulir dan masuk dengan Akun Mi anda, kemudian anda harus "Apply Now".
  • Setelah itu, anda akan mendapatkan izin unlock bootloader dalam waktu kurang lebih 2-3 hari.
Selain dengan cara diatas, anda juga dapat membuka kunci bootloader menggunakan Mi Flash Unlock Tool, silahkan baca artikel Cara Membuka Bootloader Ponsel Xiaomi dengan Mi Flash Unlock Tool.

* Cara Install TWRP Recovery Redmi 6A dan Redmi 6
  • Pertama-tama masuk ke fastboot mode, dengan cara: dalam keadaan ponsel mati, tekan Tombol Volume Turun + Tombol Daya beberapa detik sampai muncul tulisan fastboot
  • Kemudian hubungkan ponsel anda ke PC dengan kabel data USB, lalu masuk ke folder ADB Kit
  • Tekan Tombol Shift + Klik Kanan, lalu pilih Open command window here
cara-install-twrp-dan-root-redmi-6a-dan-redmi-6-xiaomi-03, root-redmi-6a-dan-redmi-6, instal-twrp-redmi-6a-dan-redmi-6
  • Kemudian jalankan perintah berikut dari command prompt (CMD) untuk memasang TWRP Recovery: fastboot flash recovery twrp.img
  • Jika tidak ada pesan failed atau error apapun yang muncul, maka bisa dipastikan kamu sudah berhasil memasang TWRP Recovery. 

* Cara Root Redmi 6A dan Redmi 6
Setelah anda Unlock Bootloader dan Install TWRP, sekarang siap untuk root Redmi 6A ataupun Redmi 6 anda. Berikut langkah-langkahnya:
  • Masih dari menu fastboot, tekan dan tahan Tombol Volume Naik + Tombol Daya beberapa detik untuk masuk ke TWRP Recovery
  • Setelah berhasil masuk, biasanya TWRP Recovery akan meminta password. Tekan tombol cancel untuk langsung masuk ke menu utama
  • Anda harus melihat menu TWRP, pilih "Install" dan pilih file Magisk sebagai opsi browse
cara-install-twrp-dan-root-redmi-6a-dan-redmi-6-xiaomi-04, root-redmi-6a-dan-redmi-6, instal-twrp-redmi-6a-dan-redmi-6
  • Pilih file tersebut lalu swipe ke kanan untuk melakukan instalasi
cara-install-twrp-dan-root-redmi-6a-dan-redmi-6-xiaomi-06, root-redmi-6a-dan-redmi-6, instal-twrp-redmi-6a-dan-redmi-6
  • Setelah proses instalasi selesai, maka anda akan diarahkan untuk reboot ponsel. Pilih untuk mereboot atau restart ponsel dan tunggu hingga ponsel anda kembali menyala.
cara-install-twrp-dan-root-redmi-6a-dan-redmi-6-xiaomi-07, root-redmi-6a-dan-redmi-6, instal-twrp-redmi-6a-dan-redmi-6

Untuk memastikan apakah ponsel Anda telah berhasil di-root atau belum? Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker. Untuk langkah-langkahnya Anda dapat melihat Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum dengan Root Checker

Demikian tutorial Cara Install TWRP dan Root pada Redmi 6A dan Redmi 6. Mudah bukan?
Selamat mencoba!

Share this

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments