Cara Root dan Instal TWRP pada Mi Mix 2S

install-twrp-dan-root-mi-mix-2s-01, mi-mix-2s

Saat ini Xiaomi menjadi salah satu perusahaan smartphone terkenal di dunia. Dan baru-baru ini mengumumkan kehadiran penerus Mi Mix 2, yakni Mi Mix 2S. Ponsel ini membawa banyak perubahan dari segi fitur maupun dalaman.

Dilihat dari depan, desain Mi Mix 2S tidak terlihat beda dengan pendahulunya Mi Mix 2. Mi Mix 2S memiliki layar beresolusi Full HD ( 1080 x 2160 piksel ) ukuran 5.99 inci dengan apek rasio 18:9 dan dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass serta bezel super tipis dibagian samping dan atas. Terselip di sudut kanan bawah dagu ponsel adalah kamera depan, yang tidak berubah dengan model sebelumnya.

Perangkat ini memiliki dimensi 150,9 x 74,9 x 8,1 mm dengan bobot 191 gram. Bodi Mi Mix 2S masih terbuat dari bahan alumunium dan keramik, untuk mendapatkan kesan yang lebih mewah dan elegan. Mi Mix 2S memiliki dua varian warna, yakni putih dan hitam. Khusus untuk varian hitam atau yang diberi nama Ceramic Black memiliki frame yang terbuat dari emas 18 karat.

Perubahan fisik yang ada pada Mi Mix 2S dapat ditemukan di bagian belakang ponsel. Sebelumnya, kamera Mi Mix 2 berada ditengah dan hanya mengusung single kamera. Kini Mi Mix 2S telah mengusung dual-kamera dengan konfigurasi vertikal dan berada di pojok kiri. Di bawah panel keramik ada kumparan pengisian daya nirkabel, yang mendukung spesifikasi Qi. Mi Mix 2S adalah ponsel Xiaomi pertama yang mendukung Qi wireless charging. Sayangnya, Mi Mix 2S tidak dibekali dengan ketahanan air, tidak seperti kebanyakan smartphone premium lainnya yang tersedia saat ini.

Mi Mix 2S hadir dengan dual-kamera pada kamera utama, yang terdiri dari lensa wide-angle dan telephoto masing-masing 12 Megapiksel dengan menggunakan sensor SONY IMX363 yang mampu membantu menghasilkan foto minim blur dalam kondisi redup. Kamera belakang perangkat ini dilengkapi fitur 2x optical zoom, dua piksel phase detection autofocus untuk kecepatan dan keakuratan fokus, serta bukaan lensa f/1.8.

Sementara untuk kamera depan, Mi Mix 2S dibekali kamera selfie beresolusi 5 Megapiksel bukaan f/2.0. Kamera depan ini mampu mengabadikan video hingga resolusi 1080p.

Selain perangkat keras baru, Xiaomi telah mensematkan AI ke perangkat kamera Mi Mix 2S, yang dapat meningkatkan fitur seperti mode potret, fungsi mempercantik dan membuat animasi GIF. AI pada kamera Mi Mix 2S ini juga bisa mendeteksi cuaca saat menjepret objek, sehingga saat keadaan mendung hasil gambar akan tetap lebih cerah.

Mi Mix 2S dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 octa-core terbaru dengan GPU Andreno 630 yang ditunjang RAM dengan pilihan 6 GB atau 8 GB, serta penyimpanan 64 GB, 128 GB atau 256 GB. Perangkat ini berjalan di Android Oreo 8.0 dengan antarmuka MIUI 9.5. Untuk kapasitas baterai masih tetap sama yakni 3.400 mAh yang telah didukung teknologi pengisian cepat Quick Charge 3.0.

Buat kalian yang telah memiliki ponsel Mi Mix 2S yang ingin melakukan modifikasi sistem seperti mengganti custom ROM, menghapus aplikasi sistem Android, dan menjalankan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses ke sistem dapat memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting ponselnya dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

* Persiapan: 

Disclaimer: Melakukan rooting akan membatalkan garansi perusahaan perangkat Anda. Jadi, untuk setiap kerusakan yang terjadi selama atau setelah proses instalasi resiko ditanggung sendiri.

* Cara Unlock Bootloader Mi Mix 2S
  •  Aktifkan “Opsi Pengembang” dengan cara masuk ke menu "Setelan >> Tentang Ponsel", kemudian klik 6-7 kali pada opsi "Versi MIUI" hingga muncul pesan dilayar "Sekarang anda adalah seorang pengembang!".
  • Aktifkan “USB Debugging dan OEM Unlock” dengan cara masuk ke menu "Setelan >> Setelan Tambahan, kemudian scrol ke bawah dan pilih Opsi Pengembang dan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Buka situs web ini http: //en.miui. com/unlock/ dan klik "Unlock Now" dan anda akan diminta untuk mengisi formulir dan masuk dengan Akun Mi anda, kemudian anda harus "Apply Now".
  • Setelah itu, anda akan mendapatkan izin unlock bootloader dalam waktu kurang lebih 2-3 hari.
Selain dengan cara diatas, anda juga dapat membuka kunci bootloader menggunakan Mi Flash Unlock Tool, silahkan baca artikel Cara Membuka Bootloader Ponsel Xiaomi dengan Mi Flash Unlock Tool.

* Cara Install TWRP Recovery Mi Mix 2S
  • Pastikan telah mengunduh TWRP Recovery (TWRP_polaris.zip)
  • Kemudian ganti namanya menjadi "twrp.img". Setelah itu copy ke folder C: \ adb di PC anda.
  • Berikutnya klik kanan pada ruang kosong di dalam folder ADB, lalu pilih Open PowerShell window here
  • Setelah itu masuk ke fastboot mode, dengan cara: matikan ponsel anda, kemudian tekan Tombol Volume Turun + Tombol Daya beberapa detik sampai muncul tulisan fastboot
  • Kemudian hubungkan ponsel anda ke PC dengan kabel data USB, lalu masuk ke folder ADB 
  • Kemudian jalankan perintah berikut dari command prompt (CMD) untuk memasang TWRP Recovery: fastboot flash recovery twrp.img
Setelah sproses instalasi selesai jangan me-reboot Mi Mix 2S anda, karena masih ada proses format partisi data untuk ke pemulihan default. Berikut cara fotmat partisi data:
  • Pertama-tama boot ke TWRP Recovery, dengan cara tekan dan tahan Volume Naik + Tombol Daya secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Setelah itu pilih '' Wipe >> Format Data ''.
  • Berikutnya ketik dan masukkan ''Ya'' di bidang wajib disediakan dan perangkat akan diformat sepenuhnya

* Cara Root Mi Mix 2S
Setelah anda Unlock Bootloader dan Install TWRP, sekarang siap untuk root Mi Mix 2S anda. Berikut langkah-langkahnya:
  • Masuk menu fastboot, dengan cara tekan dan tahan Tombol Volume Naik + Tombol Daya beberapa detik untuk masuk ke TWRP Recovery
  • Setelah berhasil masuk, lihat menu TWRP dan pilih "Install" dan pilih file Magisk 
  • Pilih file tersebut lalu swipe ke kanan untuk melakukan instalasi
    install-twrp-dan-root-mi-mix-2s-02, mi-mix-2s
  • Setelah proses instalasi selesai, maka anda akan diarahkan untuk reboot ponsel. Pilih untuk mereboot atau restart ponsel dan tunggu hingga ponsel anda kembali menyala.
Untuk memastikan apakah ponsel Anda telah berhasil di-root atau belum? Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker. Untuk langkah-langkahnya Anda dapat melihat Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum dengan Root Checker

Demikian tutorial Cara Root dan Install TWRP pada Mi Mix 2S. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Root dan Instal TWRP pada Mi Mix 2S"