Cara Root dan Instal TWRP pada Xiaomi Mi A2 Lite

cara-install-twrp-dan-root-mi-a2-lite-01, instal-twrp-mi-a2-lite, root-mi-a2-lite, mi-a2-lite, xiaomi

Selain meluncurkan Mi A2, Xiaomi beberapa waktu juga memperkenalkan secara bersamaan Xiaomi Mi A2 Lite ke Indonesia. Buat kalian yang telah memiliki ponsel Mi A2 Lite yang ingin melakukan modifikasi sistem seperti mengganti custom ROM, menghapus aplikasi sistem Android, dan menjalankan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses ke sistem dapat memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting ponselnya dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

Tapi, sebelum masuk panduan Cara Root dan Instal TWRP pada Xiaomi Mi A2 Lite, mari kita lihat spesifikasi yang dibawa ponsel ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi A2 Lite
Dari segi tampilan, Mi A2 Lite hadir dengan tampilan yang lebih kekinian dengan notch. Tapi ukurannya layarnya lebih kecil yakni berukuran 5,84 inch Full HD+ dengan aspek rasio 19:9 beresolusi 1080 x 2280 dengan kerapayan layar 432 ppi.

Untuk segi desain, Mi A2 Lite mempunyai 149,33 x 71,68 x 8.75 mm dengan berat 178 gram.

Dari sisi fotografi, Xiaomi Mi A2 Lite dibekali kamera belakang dual kamera dengan resolusi 12 MP dan 5 MP. Untuk kamera depannya, Mi A2 Lite hadir dengan resolusi 5 MP bukaan f/2.0 dengan sensor PDAF.

Dari segi dapur pacu, Xiaomi Mi A2 Lite disenjatai dengan prosesor Snapgragon 625 dengan GPU Andreno 525. Mi A2 Lite ditawarkan dalam dua varian RAM dan ROM, yaitu 3 GB / 32 GB serta 4 GB / 64 GB.

Untuk kapasitas baterai, Mi A2 Lite dibekali dengan kapasitas daya sebesar 4.000 mAh. Sedangkan sistem operasinya, Xiaomi Mi A2 Lite berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka stock Android One.

Xiaomi Mi A2 Lite telah dibekali Google Assistant dan Google Lens untuk dapat mempermudah penggunanya. Selain itu, ponsel ini juga telah dibekali sensor fingerprint yang terletak di punggung ponsel.

Nah itu tadi merupakan spesifikasi lengkap yang ada pada ponsel Xiaomi Mi A2. Selanjutnya langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting Xiaomi Mi A2 Lite. Dan berikut langkah-langkahnya:

* Persiapan:

Disclaimer: Melakukan rooting akan membatalkan garansi perusahaan perangkat Anda. Jadi, untuk setiap kerusakan yang terjadi selama atau setelah proses instalasi resiko ditanggung sendiri.

* Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 Lite
  • Aktifkan “Opsi Pengembang” dengan cara masuk ke menu "Setelan >> Tentang Ponsel", kemudian klik 6-7 kali pada opsi "Versi MIUI" hingga muncul pesan dilayar "Sekarang anda adalah seorang pengembang!".
  • Aktifkan “USB Debugging dan OEM Unlock” dengan cara masuk ke menu "Setelan >> Setelan Tambahan, kemudian scrol ke bawah dan pilih Opsi Pengembang dan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. 
    cara-install-twrp-dan-root-mi-a2-lite-02, debugging-usb-mi-a2-lite, oem-unlock-mi-a2-lite, mi-a2-lite, xiaomi
  • Buka situs web ini http: //en.miui. com/unlock/ dan klik "Unlock Now" dan anda akan diminta untuk mengisi formulir dan masuk dengan Akun Mi anda, kemudian anda harus "Apply Now".
  • Setelah itu, anda akan mendapatkan izin unlock bootloader dalam waktu kurang lebih 2-3 hari.
Selain dengan cara diatas, anda juga dapat membuka kunci bootloader menggunakan Mi Flash Unlock Tool, silahkan baca artikel Cara Membuka Bootloader Ponsel Xiaomi dengan Mi Flash Unlock Tool.

* Cara Install TWRP Recovery Xiaomi Mi A2 Lite
  • Pastikan telah mengunduh TWRP Xiaomi Mi A2 Lite
  • Kemudian ganti namanya menjadi "twrp.img". Setelah itu copy ke folder C: \ adb di PC anda.
  • Tekan tombol SHIFT pada keyboard kemudian klik kanan mouse pada bagian kosong, lalu pilih Open PowerShell window here 
  • Setelah itu masuk ke fastboot mode, dengan cara: matikan ponsel anda, kemudian tekan Tombol Volume Turun + Tombol Daya beberapa detik sampai muncul tulisan fastboot
  • Kemudian ketikan perintah fastboot boot recovery.img untuk memulai flashing TWRP Xiaomi Mi A2 Lite
Setelah proses instalasi selesai jangan me-reboot Mi A2 Lite anda, karena masih ada proses format partisi data untuk ke pemulihan default. Berikut cara fotmat partisi data:
  • Pertama-tama boot ke TWRP Recovery, dengan cara tekan dan tahan Volume Naik + Tombol Daya secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Setelah itu pilih '' Wipe >> Format Data ''.
  • Berikutnya ketik dan masukkan ''Ya'' di bidang wajib disediakan dan perangkat akan diformat sepenuhnya
  • Selanjutnya menonaktifkan paksa enkripsi melalui Flash Magisk DFE atau DisableForceEncryption.zip

* Cara Root Xiaomi Mi A2 Lite
Setelah anda Unlock Bootloader dan Install TWRP, sekarang siap untuk root Xiaomi Mi A2 Lite anda. Berikut langkah-langkahnya:
  • Masuk menu fastboot, dengan cara tekan dan tahan Tombol Volume Naik + Tombol Daya beberapa detik untuk masuk ke TWRP Recovery
  • Setelah berhasil masuk, lihat menu TWRP dan pilih "Install" dan pilih file Magisk
  • Pilih file tersebut lalu Swipe to confirm Flash untuk melakukan instalasi 
    cara-install-twrp-dan-root-mi-a2-lite-03, instal-twrp-mi-a2-lite, root-mi-a2-lite, mi-a2-lite, xiaomi
  • Setelah proses instalasi selesai, maka anda akan diarahkan untuk reboot ponsel. Pilih untuk mereboot atau restart ponsel dan tunggu hingga ponsel anda kembali menyala.
Untuk memastikan apakah ponsel Anda telah berhasil di-root atau belum? Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker. Untuk langkah-langkahnya Anda dapat melihat Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum dengan Root Checker

Demikian tutorial Cara Root dan Install TWRP pada Xiaomi Mi A2 Lite. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Root dan Instal TWRP pada Xiaomi Mi A2 Lite"