Cara Root dan Install TWRP pada Samsung Galaxy J6 Plus

cara-install-twrp-dan-root-galaxy-j6-plus-01, twrp-dan-root-galaxy-j6-plus, galaxy-j6-plus

Samsung Galaxy J6 Plus merupakan salah satu dari jajaran Galaxy J Series yang dipasarkan di Indonesia. Ponsel ini hadir untuk menyasar konsumen kelas menengah kebawah. Buat kalian yang telah memiliki ponsel Samsung Galaxy J6 Plus yang ingin melakukan modifikasi sistem seperti mengganti custom ROM, menghapus aplikasi sistem Android, dan menjalankan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses ke sistem dapat memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting ponselnya dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

Tapi, sebelum masuk panduan Cara Root dan Instal TWRP pada Samsung Galaxi J6 Plus, mari kita lihat spesifikasi yang dibawa ponsel ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J6 Plus
Dari segi desain dan ukuran bodi, Samsung Galaxy J6 Plus berdimensi 161.4 x 76.9 x 7.9 mm dengan bobot mencapai 178 gram. Ponsel ini memiliki cover belakang yang terbuat dari plastik polikarbonat, namun tampak seperti kaca. Dan dengan desain lekuk ergonomis yang memberikan tampilan dan rasa premium serta kesan ramping, sehingga tetap nyaman di genggaman tangan.

Samsung Galaxy J6 Plus hadir dengan tiga varian yang tersedia dalam balutan warna Merah, Hitam dan Abu-abu.

Sedangkan untuk layarnya, Generasi terbaru Galaxy J series ini datang dengan layar berukuran 6 inci resolusi Full HD+ menggunakan panel IPS LCD. Dengan mengusung bingkai yang tipis (Infinity Display) dengan rasio 18.5:9, menjadikan bagian depan Samsung Galaxy J6 Plus terlihat penuh dengan layar.

Sektor kamera merupakan andalan yang dimiliki Samsung Galaxy J6 Plus. Pasalnya Samsung telah menyematkan kamera ganda di bagian belakangnya masing-masing beresolusi 13 MP AF dengan aperture f/1.9 dan lensa kedua 5 MP dengan depth sensor. Dual-camera yang disematkan telah didukung Live Focus. Sedangkan bagian depan, Samsung Galaxy J6 Plus memuat kamera 8 MP dengan aperture f/1.9.

Untuk performanya, Samsung Galaxy J6 Plus mengandalkan prosesor Quad-core 1.4 GHz dari Snapdragon 425. Prosesor ini dikolaborasikan dengan RAM 3 GB / 4 GB dan memori internal 32 GB / 64 GB yang dapat ditingkatkan dengan microSD hingga 512 GB.

Sebagai penyuplai tenaga, Samsung J6 Plus dibekali dengan baterai berdaya 3.300 mAh dan berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Nah itu tadi merupakan spesifikasi lengkap yang ada pada ponsel Samsung Galaxy J6 Plus. Selanjutnya langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting Samsung Galaxy J6 Plus. Dan berikut langkah-langkahnya:

>> Persiapan:
Sebelum proses instalasi TWRP pada Samsung Galaxy J6 Plus, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diunduh terlebih dahulu, seperti :

Disclaimer: Melakukan rooting akan membatalkan garansi perusahaan perangkat Anda. Jadi, untuk setiap kerusakan yang terjadi selama atau setelah proses instalasi resiko ditanggung sendiri.

Setelah semua persiapan dan file sudah diunduh, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Berikut langkah–langkahnya:
  • Pertama-tama aktifkan Mode Developer Options dengan cara buka menu Settings > About Phone, lalu tekan sebanyak tujuh kali Build Number hingga ada notifikasi kecil yang berisi bahwa developer option sudah aktif.
  • Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging dengan cara kembali lagi ke menu utama Settings, kemudian buka Developers options dan aktifkan OEM Unlocking serta USB Debugging.

>> Cara Install TWRP Recovery Samsung Galaxy J6 Plus
  • Langkah pertama, pastikan Anda telah mengunduh file TWRP Recovery di PC Anda.
  • Selanjutnya masuk ke Download Mode dengan cara matikan terlebih dahulu ponsel Samsung Galaxy J6 Plus anda, kemudian Tekan dan Tahan Tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul mode Download. Setelah itu tekan volume atas untuk mulai masuk ke Download Mode.
  • Berikutnya klik kanan pada ikon Odin yang tersedia di homescreen PC Anda dan ketuk Run as administrator
  • Setelah itu hubungkan ponsel Samsung Galaxy J6 Plus anda ke PC dengan menggunakan kabel USB hingga Odin berhasil mendeteksi ponsel anda, akan ada tanda “Added” jika ponsel sudah terdeteksi. 
  • Jika ponsel sudah terdeteksi, klik AP pada Odin dan cari file TWRP yang sudah didownload dan ekstrak tadi.cara-install-twrp-dan-root-galaxy-j6-plus-06, twrp-dan-root-galaxy-j6-plus, galaxy-j6-plus
  • Pastikan bagian Re-partition dan Auto Reboot TIDAK tercentang di Odin.
  • Selanjutnya klik "Start" untuk memulai proses flash file TWRP ke dalam Samsung Galaxy J6 Plus anda. 
  • Tunggu hingga Odin menampilkan notifikasi PASS! yang menandakan bahwa proses pemasangan file TWRP sudah selesai.
* Catatan: Jika Odin berhenti di titik “setup connection”, anda harus melakukan proses ini dari awal lagi dan apabila Odin menampilkan “FAIL”, maka kemungkinan file TWRP anda rusak, maka coba download sekali lagi kemudian flash ulang lagi.

>> Cara Root Samsung Galaxy J6 Plus
Setelah anda Install TWRP, sekarang siap untuk root Samsung Galaxy J6 Plus anda. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama masuk ke mode Recovery dari mode Download saat ini dengan cara Tekan dan Tahan Tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan hingga layar ponsel mati, kemudian dengan cepat lepas Volume bawah dan ganti Volume Atas dengan tetap menahan tombol Power dan tunggu hingga TWRP muncul.
  • Saat pertama kali masuk ke TWRP, anda mungkin akan diharuskan memasukkan password, tapi apabila sebelumnya tidak pernah memberi password pada ponsel anda, maka cukup tekan "Cancel" saja.
  • Selanjutnya pada halaman awal TWRP, pilih tombol “Keep Read Only”
    cara-install-twrp-dan-root-galaxy-j6-plus-03, twrp-dan-root-galaxy-j6-plus, galaxy-j6-plus
  • Berikutnya format storage Samsung Galaxy J6 Plus anda, dengan cara pada menu awal TWRP pilih menu "Wipe" dan kemudian pilih "Format Data"
  • Selanjutnya Ketik "Yes" untuk memulai proses format storage anda, untuk mencegah RMM Lock pada Galaxy J6 Plus anda. 
    cara-install-twrp-dan-root-galaxy-j6-plus-04, twrp-dan-root-galaxy-j6-plus, galaxy-j6-plus
  • Setelah proses formating selesai, reboot ponsel kembali ke TWRP dengan cara pilih menu "Reboot" kemudian pilih "Recovery".
  • Berikutnya hubungkan ponsel Samsung Galaxy J6 Plus anda ke PC, kemudian pada menu TWRP pilih Mount > Enable MTP.
  • Kembali ke menu TWRP, pilih "Install" kemudian pilih file Noverity dan pilih "Swipe to confirm Flash"
    cara-install-twrp-dan-root-galaxy-j6-plus-04, twrp-dan-root-galaxy-j6-plus, galaxy-j6-plus

  • Lakukan hal yang sama pada file Magisk dan RMM Bypass. Pastikan bahwa file RMM Bypass diflash pada tahap paling akhir.
    cara-install-twrp-dan-root-galaxy-j6-plus-05, twrp-dan-root-galaxy-j6-plus, galaxy-j6-plus
  • Selanjutnya jika semua proses flashing sudah selesai dilakukan, berikutnya pilih "Reboot" pada menu TWRP dan kemudian pilih "System". Tunggu hingga ponsel anda kembali menyala.
Untuk memastikan apakah ponsel Anda telah berhasil di-root atau belum? Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker. Untuk langkah-langkahnya Anda dapat melihat Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum dengan Root Checker

Demikian tutorial Cara Root dan Install TWRP pada Samsung Galaxy J6 Plus. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Root dan Install TWRP pada Samsung Galaxy J6 Plus"