Cara Root dan Instal TWRP pada Samsung Galaxy A8 Star

cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a8-star-01, root-galaxy-a8-star, install-twrp-galaxy-a8-star, galaxy-a8-star

Samsung Galaxy A8 Star merupakan salah satu ponsel terbaru dari jajaran Galaxy A Series yang dipasarkan di Indonesia. Ponsel segmen menengah ini telah dibenamkan fitur yang lagi tren saat ini, yaitu Dual Camera dengan Tetra Cell Technology. Selain itu, Samsung untuk pertama kalinya pada Galaxy Seri A menyematkan fitur premium Bixby Voice, serta fitur lainnya yang lebih dari sekedar kebutuhan swafoto.

Buat kalian yang telah memiliki ponsel Samsung Galaxy A8 Star dan ingin melakukan modifikasi sistem seperti mengganti custom ROM, menghapus aplikasi sistem Android, dan menjalankan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses ke sistem dapat memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting ponselnya dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

Tapi, sebelum masuk panduan Cara Root dan Instal TWRP pada Samsung Galaxi A8 Star, mari kita lihat spesifikasi yang dibawa ponsel ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Star
Galaxy A8 Star mengusung layar Super AMOLED dengan tampilan 6,3 inci Infinity Display (Full View Display) serta resolusi yang tak main-main, yakni mencapai 2160 x 1080 piksel atau Full HD+ dengan aspek rasio 18,5:9. Sementara fitmen screen-to-body fitmennya dikatakan mencapai 80,6 persen. Ponsel ini pun terlihat mewah dengan ditambahkannya pelindung kaca Gorilla Glass 5 yang membuatnya aman dari goresan ataupun benturan.

Ponsel terbaru ini memiliki desain yang mirip Galaxy Note 8 dengan estetika bentuk kotak yang bersih, bezel yang hampir tak ada, pemindai sidik jari di belakang, dan bagian atas bawah layar yang juga tipis. Meski memiliki ukuran layar yang terhitung jumbo, tapi masih memungkinkan penggunanya menggenggam ponsel ini dengan nyaman berkat desain round corner. Galaxy A8 Star dibalut dengan glass design dan bahan polikarbonat dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan putih.

Dari sisi fotografi, ponsel ini telah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang memiliki kombinasi 16 MP aperture f/1.7 + 24 MP aperture f/1.7 dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus, serta efek bokeh (background blur) dengan cepat. Selain itu, kamera belakangnya juga memiliki kemampuan untuk merekam video hingga resolusi 4K (3840 x 2160 piksel) dengan kecepatan 30fps.

Kedua buah lensa kamera 16 dan 24 MP pada Galaxy A8 Star telah dibekali dengan Intelligent Switching, yang mampu secara otomatis dapat berganti sesuai dengan kondisi pencahayaan. Pada kondisi terang, kamera 16 MP akan menghasilkan gambar yang jelas dan lebih vivid, sedangkan pada kondisi minim cahaya, kamera 24 MP akan mengambil alih untuk menangkap lebih banyak cahaya dan mengurangi noise.

Untuk kamera depannya, Galaxy A8 Star memiliki resolusi 24 MP dengan aperture f/1.7 yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus. Kamera depan ponsel ini juga diklaim mampu menghasilkan kualitas video UHD 4K (3840x2160) dengan frame-rate 30fps.

Pada kamera depan maupun belakang Galaxy A8 Star tetap dibekali dengan Teknologi Tetra Cell, yang bekerja dengan menggabungkan keempat piksel gambar untuk meningkatkan sensitivitas cahaya, kecerahan, dan detail gambar. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Live Focus pada kedua lensanya, yang dapat menghasilkan efek bokeh yang artistik.

Untuk performanya, Galaxy A8 Star telah ditanam chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dengan teknologi proses 14nm sehingga membuat performa yang dimilikinya sangat bertenaga. Chipset yang disematkan juga sudah terpasang pengolah grafis (GPU) Adreno 512. Apalagi didukung dengan RAM ukuran 4 GB serta memori internal sebesar 64 GB yang masih dimungkinkan penambahan kapasitas penyimpanan lewat kartu MicroSD hingga 512 GB.

Galaxy A8 Star didukung baterai berkapasitas 3700 mAh dan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan tampilan Samsung Experience 9.0 UX di dalamnya.

Nah itu tadi merupakan spesifikasi lengkap yang ada pada ponsel Samsung Galaxy A8 Star. Selanjutnya langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting Samsung Galaxy A8 Star. Dan berikut langkah-langkahnya:

>> Persiapan:
Sebelum proses instalasi TWRP pada Samsung Galaxy A8 Star, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diunduh terlebih dahulu, seperti :

Disclaimer: Melakukan rooting akan membatalkan garansi perusahaan perangkat Anda. Jadi, untuk setiap kerusakan yang terjadi selama atau setelah proses instalasi resiko ditanggung sendiri.

Setelah semua persiapan dan file sudah diunduh, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Berikut langkah–langkahnya:
  • Pertama-tama aktifkan Mode Developer Options dengan cara buka menu Settings > About Phone, lalu tekan sebanyak tujuh kali Build Number hingga ada notifikasi kecil yang berisi bahwa developer option sudah aktif.
  • Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging dengan cara kembali lagi ke menu utama Settings, kemudian buka Developers options dan aktifkan OEM Unlocking serta USB Debugging.

>> Cara Install TWRP Recovery Samsung Galaxy A8 Star
  • Langkah pertama, pastikan Anda telah mengunduh file TWRP Recovery di PC Anda.
  • Selanjutnya masuk ke Download Mode dengan cara matikan terlebih dahulu ponsel Samsung Galaxy A8 Star anda, kemudian Tekan dan Tahan Tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul mode Download. Setelah itu tekan volume atas untuk mulai masuk ke Download Mode.
  • Berikutnya klik kanan pada ikon Odin yang tersedia di homescreen PC Anda dan ketuk Run as administrator. 
  • Setelah itu hubungkan ponsel Samsung Galaxy A8 Star anda ke PC dengan menggunakan kabel USB hingga Odin berhasil mendeteksi ponsel anda, akan ada tanda “Added” jika ponsel sudah terdeteksi. 
  • Jika ponsel sudah terdeteksi, klik AP pada Odin dan cari file TWRP yang sudah didownload dan ekstrak tadi. 
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a8-star-02, root-galaxy-a8-star, install-twrp-galaxy-a8-star, galaxy-a8-star
  • Pastikan bagian Re-partition dan Auto Reboot TIDAK tercentang di Odin.
  • Selanjutnya klik "Start" untuk memulai proses flash file TWRP ke dalam Samsung Galaxy J6 Plus anda. 
  • Tunggu hingga Odin menampilkan notifikasi PASS! yang menandakan bahwa proses pemasangan file TWRP sudah selesai.
* Catatan: Jika Odin berhenti di titik “setup connection”, anda harus melakukan proses ini dari awal lagi dan apabila Odin menampilkan “FAIL”, maka kemungkinan file TWRP anda rusak, maka coba download sekali lagi kemudian flash ulang lagi.

>> Cara Root Samsung Galaxy A8 Star
Setelah anda Install TWRP, sekarang siap untuk root Samsung Galaxy A8 Star anda. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama masuk ke mode Recovery dari mode Download saat ini dengan cara Tekan dan Tahan Tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan hingga layar ponsel mati, kemudian dengan cepat lepas Volume bawah dan ganti Volume Atas dengan tetap menahan tombol Power dan tunggu hingga TWRP muncul.
  • Saat pertama kali masuk ke TWRP, anda mungkin akan diharuskan memasukkan password, tapi apabila sebelumnya tidak pernah memberi password pada ponsel anda, maka cukup tekan "Cancel" saja.
  • Selanjutnya pada halaman awal TWRP, pilih tombol “Keep Read Only”
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a8-star-03, root-galaxy-a8-star, install-twrp-galaxy-a8-star, galaxy-a8-star
  • Berikutnya format storage Samsung Galaxy A8 Star anda, dengan cara pada menu awal TWRP pilih menu "Wipe" dan kemudian pilih "Format Data"
  • Selanjutnya Ketik "Yes" untuk memulai proses format storage anda, untuk mencegah RMM Lock pada Galaxy A8 Star anda. 
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a8-star-04, root-galaxy-a8-star, install-twrp-galaxy-a8-star, galaxy-a8-star
  • Setelah proses formating selesai, reboot ponsel kembali ke TWRP dengan cara pilih menu "Reboot" kemudian pilih "Recovery".
  • Berikutnya hubungkan ponsel Samsung Galaxy A8 Star anda ke PC, kemudian pada menu TWRP pilih Mount > Enable MTP.
  • Kembali ke menu TWRP, pilih "Install" kemudian pilih file Noverity dan pilih "Swipe to confirm Flash".  
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a8-star-05, root-galaxy-a8-star, install-twrp-galaxy-a8-star, galaxy-a8-star
  • Lakukan hal yang sama pada file Magisk dan RMM Bypass. Pastikan bahwa file RMM Bypass diflash pada tahap paling akhir.
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a8-star-06, root-galaxy-a8-star, install-twrp-galaxy-a8-star, galaxy-a8-star
  • Selanjutnya jika semua proses flashing sudah selesai dilakukan, berikutnya pilih "Reboot" pada menu TWRP dan kemudian pilih "System". Tunggu hingga ponsel anda kembali menyala.
Untuk memastikan apakah ponsel Anda telah berhasil di-root atau belum? Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker. Untuk langkah-langkahnya Anda dapat melihat Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum dengan Root Checker

Demikian tutorial Cara Root dan Install TWRP pada Samsung Galaxy A8 Star. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Root dan Instal TWRP pada Samsung Galaxy A8 Star"