Cara Root dan Instal TWRP pada Samsung Galaxy A9

cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a9-01, root-galaxy-a9, install-twrp-galaxy-a9, galaxy-a9

Samsung Galaxy A9 merupakan salah satu ponsel terbaru dari jajaran Galaxy A Series. Buat kalian yang telah memiliki ponsel Samsung Galaxy A9 dan ingin melakukan modifikasi sistem seperti mengganti custom ROM, menghapus aplikasi sistem Android, dan menjalankan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses ke sistem dapat memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting ponselnya dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

Tapi, sebelum masuk panduan Cara Root dan Instal TWRP pada Samsung Galaxi A9, mari kita lihat spesifikasi yang dibawa ponsel ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A9
Dari segi ukuran bodi, Samsung Galaxy A9 berdimensi 162.5 x 75 x 7.8 mm dengan bobot mencapai 183 gram. Ponsel ini tersedia dalam tiga varian, yakni balutan warna Lemonade Blue, Bubblegum Pink, dan Caviar Black.

Beralih ke layar, Samsung Galaxy A9 dibekali layar dengan bentang layar 6,3 inci beresolusi 2160 × 1080 pixel. Seperti ponsel Samsung lainnya, perangkat ini masih mengusung teknologi Super AMOLED untuk memanjakan mata penggunanya.

Dari segi kamera, Samsung Galaxy A9 memiliki pengaturan kamera belakang empat kamera, meliputi kamera utama lensa 24 MP dengan bukaan f/1.7, ultra wide dengan resolusi 8 MP, bukaan f/2.4 dalam sudut 120 derajat, lalu lensa telephoto beresolusi 10 MP, bukaan f/2.4 dengan Optical Zoom 2x dan lensa Depth Camera dengan resolusi 5 MP, bukaan f/2.2 dengan Live Focus. Dalam kondisi cahaya rendah, kamera utama menggunakan pixel binning untuk menggabungkan 4 piksel menjadi satu.

Sementara bagian depan, Samsung Galaxy A9 menggunakan kamera depan 24 MP dengan bukaan f / 2.0 dengan fitur pencahayaan yang membuat hasil selfie seperti dipotret oleh profesional.
Untuk performanya, Samsung Galaxy A9 diotaki prosesor Snapdragon 660 serta GPU Adreno 512 di sektor grafis. Prosesor ini dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB yang dapat ditingkatkan dengan microSD hingga 512 GB.

Ponsel ini telah diperkuat baterai dengan kapsitas daya 3.800 mAh dengan USB type C, yang dilengkapi teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 2.0. Samsung Galaxy A9 berjalan dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo.

Nah itu tadi merupakan spesifikasi lengkap yang ada pada ponsel Samsung Galaxy A9. Selanjutnya langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting Samsung Galaxy A9. Dan berikut langkah-langkahnya:

>> Persiapan:
Sebelum proses instalasi TWRP pada Samsung Galaxy A9, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diunduh terlebih dahulu, seperti :

Disclaimer: Melakukan rooting akan membatalkan garansi perusahaan perangkat Anda. Jadi, untuk setiap kerusakan yang terjadi selama atau setelah proses instalasi resiko ditanggung sendiri.

>> Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy A9
Setelah semua persiapan dan file sudah diunduh, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Berikut langkah–langkahnya:
  • Pertama-tama aktifkan Mode Developer Options dengan cara buka menu Settings > About Phone, lalu tekan sebanyak tujuh kali Build Number hingga ada notifikasi kecil yang berisi bahwa developer option sudah aktif.
  • Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging dengan cara kembali lagi ke menu utama Settings, kemudian buka Developers options dan aktifkan OEM Unlocking serta USB Debugging.

>> Cara Install TWRP Recovery Samsung Galaxy A9
  • Langkah pertama, pastikan Anda telah mengunduh file TWRP Recovery di PC Anda.
  • Selanjutnya masuk ke Download Mode dengan cara matikan terlebih dahulu ponsel Samsung Galaxy A9 anda, kemudian Tekan dan Tahan Tombol Power + Tombol Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul mode Download. Setelah itu tekan volume atas untuk mulai masuk ke Download Mode.
  • Berikutnya klik kanan pada ikon Odin yang tersedia di homescreen PC Anda dan ketuk Run as administrator. 
  • Setelah itu hubungkan ponsel Samsung Galaxy A9 anda ke PC dengan menggunakan kabel USB hingga Odin berhasil mendeteksi ponsel anda, akan ada tanda “Added” jika ponsel sudah terdeteksi. 
  • Jika ponsel sudah terdeteksi, klik AP pada Odin dan cari file TWRP yang sudah didownload dan ekstrak tadi. 
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a9-02, root-galaxy-a9, install-twrp-galaxy-a9, galaxy-a9
  • Pastikan bagian Re-partition dan Auto Reboot TIDAK tercentang di Odin.
  • Selanjutnya klik "Start" untuk memulai proses flash file TWRP ke dalam Samsung Galaxy J6 Plus anda. 
  • Tunggu hingga Odin menampilkan notifikasi PASS! yang menandakan bahwa proses pemasangan file TWRP sudah selesai.

* Catatan: Jika Odin berhenti di titik “setup connection”, anda harus melakukan proses ini dari awal lagi dan apabila Odin menampilkan “FAIL”, maka kemungkinan file TWRP anda rusak, maka coba download sekali lagi kemudian flash ulang lagi.

>> Cara Root Samsung Galaxy A9
Setelah anda Install TWRP, sekarang siap untuk root Samsung Galaxy A9 anda. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama masuk ke mode Recovery dari mode Download saat ini dengan cara Tekan dan Tahan Tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan hingga layar ponsel mati, kemudian dengan cepat lepas Volume bawah dan ganti Volume Atas dengan tetap menahan tombol Power dan tunggu hingga TWRP muncul.
  • Saat pertama kali masuk ke TWRP, anda mungkin akan diharuskan memasukkan password, tapi apabila sebelumnya tidak pernah memberi password pada ponsel anda, maka cukup tekan "Cancel" saja.
  • Selanjutnya pada halaman awal TWRP, pilih tombol “Keep Read Only”
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a9-03, root-galaxy-a9, install-twrp-galaxy-a9, galaxy-a9
  • Berikutnya format storage Samsung Galaxy A9 anda, dengan cara pada menu awal TWRP pilih menu "Wipe" dan kemudian pilih "Format Data"
  • Selanjutnya Ketik "Yes" untuk memulai proses format storage anda, untuk mencegah RMM Lock pada Galaxy A9 anda. 
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a9-04, root-galaxy-a9, install-twrp-galaxy-a9, galaxy-a9
  • Setelah proses formating selesai, reboot ponsel kembali ke TWRP dengan cara pilih menu "Reboot" kemudian pilih "Recovery".
  • Berikutnya hubungkan ponsel Samsung Galaxy A9 anda ke PC, kemudian pada menu TWRP pilih Mount > Enable MTP.
  • Kembali ke menu TWRP, pilih "Install" kemudian pilih file Noverity dan pilih "Swipe to confirm Flash". 
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a9-05, root-galaxy-a9, install-twrp-galaxy-a9, galaxy-a9
  • Lakukan hal yang sama pada file Magisk dan RMM Bypass. Pastikan bahwa file RMM Bypass diflash pada tahap paling akhir. 
    cara-root-dan-install-twrp-galaxy-a9-06, root-galaxy-a9, install-twrp-galaxy-a9, galaxy-a9
  • Selanjutnya jika semua proses flashing sudah selesai dilakukan, berikutnya pilih "Reboot" pada menu TWRP dan kemudian pilih "System". Tunggu hingga ponsel anda kembali menyala.
Untuk memastikan apakah ponsel Anda telah berhasil di-root atau belum? Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker. Untuk langkah-langkahnya Anda dapat melihat Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum dengan Root Checker

Demikian tutorial Cara Root dan Install TWRP pada Samsung Galaxy A9. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!

Share this

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments