Cara Mudah Mengatasi USB Android Yang Tidak Terbaca Di Laptop/PC

cara-mengatasi-usb-android-yang-tidak-terbaca-di-laptop

Teknologi android saat ini semakin canggih, karena perangkat ini dapat di sinkronisasi dengan berbagai sistem operasi baik sistem operasi linux maupun windows. Bahkan saat ini hampir semua sistem operasi window sudah bisa secara otomatis menerima koneksi dari ponsel android tanpa harus menginstal driver khusus ponsel android tersebut, ini dikarenakan sistem operasi window secara default sudah memiliki paket driver untuk semua versi dan merk ponsel dengan sistem operasi android. Sehingga Anda akan lebih mudah memindahkan atau melakukan transfer data dari android ke komputer ataupun sebaliknya dari komputer ke perangkat android Anda.

Meskipun didukung teknologi yang canggih, namun tak jarang ponsel android tidak dapat connect ke Laptop/PC. Ada banyak faktor penyebab yang menjadikan usb dari perangkat android tidak terbaca di Laptop/PC. Untuk mengetahui penyebab dan juga cara mengatasinya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

#1 Cabut USB dan Coba Kembali
Karena terkadang pada saat Anda colokan USB, posisi lapisan tembaga pada konektor male dan konektor female tidak terhubung langsung, karena port USB yang sudah mulai agak longgar. Sehingga Anda bisa mencoba cabut dan coba colok kembali.

#2 Periksa Kondisi Port USB 
Apabila port USB pada Laptop/PC berbedu atau kotor dapat dibersihkan, cukup dikuas kecil atau kain lap biasa. Sedangkan untuk kabel USB setelah diperiksa mungkin ada yang putus.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Icon Gembok di Recent App pada Ponsel Xiaomi

#3 Ganti Kabel USB yang Berbeda
Terkadang kabel USB yang sudah terlalu lama digunakan telah rusak, sehingga tidak dapat menghubungkan perangkat Android Anda ke Laptop/PC. Untuk memastikannya, coba gunakan kabel USB yang berbeda, atau mencoba menghubungkan perangkat Android Anda ke Laptop/PC yang berbeda menggunakan kabel USB yang sama.

#4 Restart Laptop/PC Anda
Jangan lepaskan perangkat USB Anda saat proses restart dilakukan. Agar ketika laptop atau PC Anda selesai booting up, Windows secara otomatis mendeteksi perangkat-perangkat yang terhubung, termasuk perangkat USB Anda

#5 Periksa Pengaturan koneksi USB di Laptop/PC anda
Untuk mentransfer file, Anda harus menghubungkan ponsel Android Anda sebagai perangkat media (MTP). Berikut langkah-langkahnya:
  • Pada perangkat Android Anda masuk ke menu Settings dan pergi ke Storage.
  • Pilih more ikon di sudut kanan atas dan pilih USB computer connection / koneksi USB komputer, selanjutnya pilih Media device (MTP).
  • Lalu hubungkan perangkat Android Anda ke komputer. 
Untuk beberapa kasus tertentu, Anda mungkin harus menghubungkan ponsel Android ke Laptop/PC Anda, dan beralih pilihan koneksi yang berbeda beberapa kali sebelum komputer mengenali perangkat Android Anda sebagai perangkat media.

#6 Instal Driver MTP USB Device
Perangkat Android tidak bisa connect terkadang terjadi karena masalah driver, sehingga Anda harus memperbarui driver Anda. Berikut langkah-langkahnya:
  • Tekan Windows Key + X dan pilih Device Manager 
  • Cari device perangkat Android Anda, klik kanan dan pilih Update Driver Software 
  • Klik Browse my computer for driver software, lalu klik Let me pick from a list of device drivers on my computer 
    cara-mengatasi-usb-android-yang-tidak-terbaca-di-laptop

    cara-mengatasi-usb-android-yang-tidak-terbaca-di-laptop
  • Berikutnya pilih MTP USB Device dan klik Next 
    cara-mengatasi-usb-android-yang-tidak-terbaca-di-laptop
  • Setelah driver telah terinstal, perangkat Android Anda otomatis akan terdeteksi.

#7 Uninstall Driver Android
Terkadang masalah terjadi karena driver USB ada yang corrupt pada Laptop/PC Anda, sehingga Anda perlu untuk uninstall dan install kembali driver USB. Berikut langkah-langkahnya:
  • Hubungkan perangkat Android Anda ke Laptop/PC Anda dan buka Device Manager
  • Dalam Device Manager cari perangkat Android Anda. Biasanya terletak di Other Devices atau di bagian portabel device, karena setiap Laptop/PC bisa berbeda letaknya
  • Setelah ketemu, lalu Klik kanan perangkat dan pilih Uninstall
  • Setelah driver telah dihapus, lepaskan perangkat Android Anda dari Laptop/PC Anda.
  • Kemudian hubungkan kembali dan otomatis driver akan install sendiri, tunggu sampai driver selesai terinstall lagi.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi USB Android yang tidak bisa terbaca di Laptop/PC. Semoga cara diatas dapat menyelesaikan permasalahan Anda tersebut. Selamat Mencoba!

Baca Juga: Cara Paling Mudah Buka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi Tambahan

Share this

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Komentar

No comments