Cara Root dan Instal TWRP pada ASUS ZenFone Max Pro M2

cara-instal-twrp-dan-root-zenfone-max-pro-m2, zenfone-max-pro-m2

ASUS ZenFone Max Pro M2 merupakan salah satu ponsel terbaru dari perusahaan asal Taiwan. Beberapa waktu yang lalu, ponsel ini telah resmi meluncur di Indonesia. Buat kalian yang telah memiliki ponsel ASUS ZenFone Max Pro M2 dan ingin melakukan modifikasi sistem seperti mengganti custom ROM, menghapus aplikasi sistem Android, dan menjalankan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan akses ke sistem dapat memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting ponselnya dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

Tapi, sebelum masuk panduan Cara Root dan Instal TWRP pada ASUS ZenFone Max Pro M2, mari kita lihat spesifikasi yang dibawa ponsel ini.

Spesifikasi ASUS ZenFone Max Pro M2
Asus membekali ZenFone Max Pro M2 dengan layar berukuran 6,3 inci FHD+ yang memiliki poni yang lebih kecil dengan 83 persen screen to body ratio. Dengan rasio 1080 x 2280 piksel, ZenFone Max Pro M2 hadir dengan aspek rasio 19:9.

Perlindungan layar ZenFone Max Pro M2 semakin canggih. Asus menggunakan Gorilla Glass 6, versi terbaru Gorilla Glass yang dikembangkan oleh Corning. Teknologi ini digadang-gadang memiliki ketahanan yang lebih baik dari generasi sebelumnya dan banyak digunakan di berbagai smartphone untuk melindungi layar dari benturan.

Pada bagian layar ZenFone Max Pro M2 terdapat poni untuk menampung kamera selfie, sementara dibagian belakang terdapat dual kamera dan lampu flash. Dibagian belakang juga terdapat bulatan pemindai sidik jari dan logo khas ASUS persis di bawahnya. Dimensi ponsel ini 157,9 x 75,5 x 8,5 milimeter dengan berat 170 gram. Setiap sudutnya melengkung, sehingga membuat ponsel pintar itu pas untuk digenggam.

Dari sisi kamera, ZenFone Max Pro M2 memiliki konfigurasi kamera belakang ganda. Sensor kamera utama beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8 ditambah PDAF serta 5 MP dengan aperture f/2,4 yang berfungsi sebagai depth sensor untuk efek bokeh.

Sementara di bagian depan, Vendor asal Taiwan ini membenamkan kamera sebesar 13 MP. Tak ketinggalan pula ada fitur soft-LED flash di samping kamera depan perangkat ini.

Soal hardware, ZenFone Max Pro M2 tampil lebih powerful. Karena telah dipersenjatai SoC (System-on-chip) Snapdragon 660 CPU octa core (quad core 2,2 GHz + quad core 1,8 GHz). Chipset ini diklaim mampu menghadirkan performa hingga 20 persen lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. 

Asus memberikan beberapa pilihan RAM dan ROM, yaitu RAM 3 GB dengan ROM 32 GB dan RAM 4 GB / 6 GB dengan ROM 64 GB, yang dapat ditingkatkan dengan microSD hingga 2 TB + 100 GB Google Drive.

Dari segi grafis, Chipset ini ditunjang dengan GPU Adreno 512 yang didukung berbagai teknologi grafis terkini mampu menghasilkan performa grafis hingga 30 persen dari smartphone yang menggunakan GPU Adreno generasi sebelumnya.

Sementara di sisi software, sistem operasi (OS) yang diusung ZenFone Max Pro M2 adalah Android Oreo 8.1 yang dibalut dengan antarmuka stock Android.

Baterai Asus ZenFone Max Pro M2 memiliki kapasitas daya 5.000 mAh, yang menjadikan ZenFone Max Pro M2 smartphone pertama Asus di Indonesia dengan kapasitas 5.000 mAh.

Baca Juga:

Nah itu tadi merupakan spesifikasi lengkap yang ada pada ponsel ASUS ZenFone Max Pro M2. Selanjutnya langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk memasang custom recovery TWRP dan melakukan rooting ASUS ZenFone Max Pro M2. Dan berikut langkah-langkahnya:

>> Persiapan:
Sebelum proses instalasi TWRP pada ASUS ZenFone Max Pro M2, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diunduh terlebih dahulu, seperti :
Disclaimer: Melakukan rooting akan membatalkan garansi perusahaan perangkat Anda. Jadi, untuk setiap kerusakan yang terjadi selama atau setelah proses instalasi resiko ditanggung sendiri.

>> Cara Unlock Bootloader ASUS ZenFone Max Pro M2
Setelah semua persiapan dan file sudah diunduh, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Berikut langkah–langkahnya:
  • Aktifkan “Opsi Pengembang” dengan cara masuk ke menu "Pengaturan >> Tentang Ponsel", kemudian klik Build Number 5-6 kali.
  • Kemudian kembali, selanjutnya pilih Opsi Pengembang dan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Berikutnya buka Folder The Unlock Tool Zip yang sudah diekstrak sebelumnya, kemudian Install ADB exe file pada PC Anda. 
    adb-setup, cara-instal-twrp-dan-root-zenfone-max-pro-m2
     
  • Selanjutnya boot ponsel Anda ke Mode Fastboot dengan cara Tekan dan Tahan Volume Naik + Tombol Power secara bersama-sama.
  • Kemudian hubungkan Ponsel Anda ke PC 
  • Selanjutnya buka Unlock Folder, lalu klik dua kali Unlock untuk memulai membuka kunci. 
    unlock, cara-instal-twrp-dan-root-zenfone-max-pro-m2
  • Setelah proses unlock selesai, lalu restart dan Anda telah berhasil unlock bootloader Zenfone Max Pro M2  

>> Cara Install TWRP Recovery ASUS ZenFone Max Pro M2
  • Pertama-tama pastikan telah mengunduh TWRP Recovery Files dan Platform Tools
  • Selanjutnya boot ponsel Anda ke Mode Fastboot dengan cara Tekan dan Tahan Volume Turun + Tombol Power secara bersama-sama
  • Kemudian hubungkan Ponsel Anda ke PC
  • Buka Platform Tools Folder >> Ketik "cmd" di bilah alamat & tekan enter untuk membuka Command Prompt 
    cara-instal-twrp-dan-root-zenfone-max-pro-m2, zenfone-max-pro-m2
  • Selanjutnya masukan perintah "fastboot devices", lalu tekan enter dan ketik "fastboot oem unlock"
  • Kemudian tekan enter dan ketik "fastboot reboot bootloader"
  • Berikutnya salin File Recovery ke folder Platform Tools
  • Selanjutnya di Command Prompt ketikan "fastboot boot rec"
  • Setelah itu tekan tombol Tab, bahwa File Recovery dapat ditambahkan secara otomatis, lalu tekan Enter
  • Selanjutnya ponsel akan boot ke TWRP Recovery
  • In TWRP Recovery go to Reboot ubah slot menjadi "A" jika slot saat ini "B" atau ubah slot ke "B" jika slot saat ini adalah "A"
  • Setelah kembali ke layar utama, hubungkan kembali ponsel Anda ke PC
  • Selanjutnya pindahkan File Recovery Installer ke Ponsel Anda
  • Kembali ke Ponsel Anda, di TWRP Recovery ketuk Install dan cari File yang baru Anda pindahkan dari PC Anda, kemudian pilih Swipe To Confirm Flash
  • Selanjutnya ketuk Reboot, dan Anda telah berhasil instal TWRP Recovery pada Zenfone Max Pro M2 Anda
>> Cara Root ASUS ZenFone Max Pro M2Setelah Anda Install TWRP, sekarang siap untuk root Zenfone Max Pro M2 Anda. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama masuk ke mode Recovery dengan cara Tekan dan Tahan Tombol Volume Turun dan Power secara bersamaan hingga muncul Animasi Boot
  • Selanjutnya ketuk Instal, lalu cari File Magisk.zip dan pilih Swipe To Confirm Flash 
    cara-instal-twrp-dan-root-zenfone-max-pro-m2, zenfone-max-pro-m2
  • Setelah proses Flashing selesai, Pilih Reboot
  • Tunggu hingga ponsel anda kembali menyala. Dan Anda telah berhasil melakukan Root pada Zenfone Max Pro M2 Anda
Untuk memastikan apakah ponsel Anda telah berhasil di-root atau belum? Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker. Untuk langkah-langkahnya Anda dapat melihat Cara Mudah Mengecek Ponsel Sudah di-Root atau Belum dengan Root Checker.

Demikian tutorial Cara Root dan Install TWRP pada Zenfone Max Pro M2. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!

Baca Juga:

Share this

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments